PENGARUH PENERAPAN STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) DAN KEBIJAKAN PERTANIAN TERHADAP EFEKTIVITAS LAYANAN SUB TERPMINAL AGRIBISNIS (Studi Kasus di UPTD Sub Terminal Agribisnis dan Agropolitan Cigombong, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur)

Adang Suryana, Endah Lisarini, Arisha Konita Larasati

Abstract


Sub Terminal Agribisnis (STA) merupakan suatu tempat/sarana pemasaran yang dibangun secara spesifik untuk melayani dan melaksanakan kegiatan distribusi dan pemasaran hasil petanian petani/pelaku usaha pertanian dari sumber produksi ke lokasi tujuan pemasaran. Dalam melakukan distribusi tidak terlepas dari keberadaan Standard Operating Procedure (SOP) untuk mengurangi kesalahan dalam setiap pelaksanaannya. STA di Kabupaten Cianjur berjalan berdasarkan Peraturan Bupati Cianjur Nomor 02 tahun 2018 tentang pembentukan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) di lingkungan pemerintah Kabupaten Cianjur. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengkaji  pengaruh SOP terhadap efektivitas layanan STA; (2) Untuk mengkaji pengaruh kebijakan pertanian terhadap efektivitas layanan STA; dan (3) Untuk mengkaji pengaruh simultan SOP dengan kebijakan pertanian terhadap efektivitas layanan STA. Data dikumpulkan dari  66 orang petani pemasok sayuran ke pelaku usaha di STA untuk didistribusikan kembali ke pasar tradisional. Analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dengan hasil yang didapat pada penelitian ini adalah SOP berpengaruh signifikan terhadap efektivitas layanan STA, kebijakan pertanian berpengaruh signifikan terhadap efektivitas layanan STA, dan SOP dengan kebijakan pertanian berpengaruh signifikan secara simultan terhadap efektivitas layanan STA  

Keywords


Standard Operating Procedure (SOP), kebijakan pertanian, efektivitas layanan, Sub Terminal Agribisnis

References


Direktorat Jenderal Hortikultura. (2019). Petunjuk Teknis Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura Tahun 2019. Jakarta : Kementerian Pertanian.

Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian. (2015). Pedoman Umum Kegiatan Pembangunan Pengolahan Dan Pemasaran Hasil Pertanian Tahun Anggaran 2015. Jakarta : Kementerian Pertanian.

Dwiyanto, Agus. (2017). Manajemen Pelayanan Publik : Peduli, Inklusif, Dan Kolaboratif. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Hanafie, Rita. (2014). Pengantar Ekonomi Pertanian. Yoyakarta : Penerbit ANDI.

Hardiyansyah. (2017). Manajemen Pelayanan dan Pengembangan Organisasi Publik Dalam Perspektif Riset Ilmu Administrasi Publik Kontemporer. Yogyakarta : Gava Media.

Heryanto, Imam. dan Triwibowo, Totok. (2018). Path Analysis Menggunakan SPSS dan Excel Panduan Pengolahan Data Penelitian Untuk Skripsi/Tesis. Bandung : Informatika.

Kowaas, Agrio Scivo. (2017). Efektivitas Pelaksanaan Tomohon International Festival Di Kota Tomohon. Ejournal Universitas Sam Ratulangi.

Nirwana, Nita. (2017). Deskripsi Sosial Ekonomi Keluarga Petani Gurem di Desa Sidosari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2017. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Lampung. Dipublikasikan.

Nugroho, Riant. (2008). Public Policy. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Peraturan Bupati Cianjur Nomor 02 Tahun 2018 Tentang Pembentukan Unit Pelaksana Teknis Daerah Di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Cianjur.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 35 Tahun 2012 Tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintah.

Peraturan Menteri Pertanian Nomor 19 Tahun 2019 Tentang Pengembangan Ekspor Komoditas Pertanian.

Sani dan Mashuri. (2010). Metodologi Riset Manajemen Sumber Daya Manusia, Malang : UIN Malang Press.

Shidqqieqy, Megawati. dan Widiani, Wiwin. (2012). Kontribusi Penanganan Pasca Panen Worter Terhadap Pendapatan Petani Sayuran Binaan Sub Terminal Agribisnis (STA) Cigombong Desa Ciherang Kabupaten Cianjur. Journal Of Agroscience

Tobing, Bortiandy. (2015). Rantai Pasok Pangan (Food Supply Chain). Jurnal Supply Chain Indonesia.

Undang-Undang Nomor 19 tahun 2013 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Petani.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

Winata, Sheila Vania. (2016). Perancangan Standard Operating Procedure (SOP) Pada Chocolab. Performa Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis.




DOI: https://doi.org/10.35194/agsci.v11i1.1573

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGROSCIENCE INDEXED BY : 

             

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. (0263) 283579, Email: agroscience@unsur.ac.id 

Agroscience is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.