Meta Analisis Pengaruh Cooperative Learning terhadap Prestasi Belajar Matematika

Muhammad Khusni Amin, Isnani Isnani, Paridjo Paridjo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan besar pengaruh cooperative learning terhadap prestasi belajar matematika secara keseluruhan, berdasarkan tipe yang digunakan, berdasarkan jenjang pendidikan, berdasarkan media pembelajaran, dan berdasarkan materi yang diajarkan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah skripsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Pancasakti Tegal rentang tahun 2016 sampai tahun 2019. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dan didapatkan 44 skripsi yang sesuai kriteria. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis besaran pengaruh Cohen’s d effect size. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara keseluruhan cooperative learning mampu meningkatkan prestasi belajar matematika dengan nilai effect size sebesar 0,73 pada kategori efek sedang. Dari delapan belas tipe cooperative learning yang digunakan dalam penelitian mahasiswa program studi Pendidikan Matematika Universitas Pancasakti Tegal, yang paling besar pengaruhnya adalah tipe Talking Stick dengan nilai effect size sebesar 1,06 pada kategori efek besar. Penerapan cooperative learning pada jenjang SLTP lebih tinggi besar pengaruhnya dari jenjang SLTA dengan nilai effect size sebesar 0,76 pada kategori efek sedang. Berdasarkan media pembelajaran yang digunakan dalam cooperative learning, aplikasi komputer atau website menunjukkan hasil yang positif dengan nilai effect size sebesar 0,79 pada kategori efek sedang. Materi pelajaran yang memberikan pengaruh paling tinggi dalam cooperative learning adalah lingkaran dengan nilai effect size sebesar 1,07 pada kategori efek besar.

Keywords


cooperative learning; prestasi belajar matematika

Full Text:

PDF

References


Anadiroh, M. (2019). Studi Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta.

Aslikhah, N. (2015). Meta Analisis Dengan Effect Size Odds Ratio Pada Kasus Pengaruh Terapi Î’-Blocker Untuk Pasien Gagal Jantung. Skripsi Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Budiman, H., & Esvigi, I. (2017). Implementasi Strategi Mathematical Habits of Mind (MHM) Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. PRISMA, 6(1). https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.26

Capar, G., & Tarim, K. (2015). Efficacy of the Cooperative Learning Method on Mathematics Achievement and Attitude: A Meta-Analysis Research. Educational Sciences: Theory and Practice, 15(2), 553–559.

Chandra, E. (2011). Efektivitas Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Biologi (Meta Analisis Terhadap Penelitian Eksperimen dalam Pembelajaran Biologi). Holistik, 12(1).

Eliyah, S., Isnani, I., & Utami, W. B. (2018). Keefektifan model pembelajaran course review horay berbantuan power point terhadap kepercayaan diri dan prestasi belajar. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 4(2), 131–140.

Glass, G. V, & Smith, M. L. (2012). Meta-analysis of research on class size and achievement. Educational Evaluation and Policy Analysis, 1(1), 2–16.

Hijrihani, C. P., & Wutsqa, D. U. (2015). Keefektifan Cooperative Learning Tipe Jigsaw dan STAD Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Kepercayaan Diri Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 1–14.

Isnani, M. S., & Ambarwati, R. (2011). Keefektifan Metode Think, Pair and Share Dalam Pembelajaran Matematika Berbantuan Cd Interaktif Materi Bangun Ruang Kelas V. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 6(2).

Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Stanne, M. B. (2000). Cooperative learning methods: A meta-analysis. Minneapolis.

Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The effectiveness of problem based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375

Mukhti, G. B. M. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Matematika. Universitas Pancasakti Tegal.

Nurjanah, S. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Course Review Horay dengan Kerangka Bangun Ruang Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Universitas Pancasakti Tegal.

Prasetiyo, A. Y., Yusmin, E., & Hartoyo, A. (2014). Meta-analisis pengaruh cooperative learning terhadap peningkatan hasil belajar matematika siswa. Jurnal Untan, 1(1), 1–11.

Rusman. (2016). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Rajawali Pers/PT Raja Grafindo Persada.

Septian, A., Darhim, & Prabawanto, S. (2020). Geogebra in integral areas to improve mathematical representation ability. Journal of Physics: Conference Series, 1613(1), 12035. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012035

Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh minat dan kebiasaan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).

Situmeang, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif pada Pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 SDN 154503 Hutabalang 3. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 6(2), 55–59.

Stoner, D. A. (2004). The Effects of Cooperative Learning Strategies on Mathematics Achievement Among Middle-grades Students: A Meta-analysis. University of Georgia.

Subekti, I., Kartana, T. J., & Utami, W. B. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Sikap Dan Prestasi Belajar Matematika Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 43–49.

Sugiyono, D. R. (2015). Statistika untuk Penelitian [Statistic for Research]. In Alfabeta, Bandung (2012.)(in Bahasa Indonesia).

Suwarman, R. F. (2018). Analisis Tingkat Kemampuan Pemahaman Konsep. Jurnal Prisma, VII(2), 227–237.

Tumangkeng, Y. W., Yusmin, E., & Hartoyo, A. (2018). Meta-Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(6).




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.1072

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.