PERILAKU KONSUMEN AGROWISATA KAMPUNG BUDAYA PADI PANDANWANGI KEC. WARUNGKONDANG, KABUPATEN CIANJUR JAWA BARAT
Abstract
Agrowisata Kampung Budaya Padi Pandanwangi merupakan tempat wisata yang masih baru yang sedang giat di promosikan untuk menarik konsumen berkujung ke wisata tersebut. Nantinya, akan dimanfaatkan oleh para konsumen sebagai tempat rekreasi yang sehat, menyenangkan, bermanfaat dan mengedukasi bagi para pengunjungnya. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 30 orang dengan menggunakan metode purposive sampling. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui karakteristik konsumen agrowisata Kampung Budaya Padi Pandanwangi, mengetahui perilaku konsumen agrowisata Kampung Budaya Padi Pandanwangi. Hasil penelitian mendapatkan bahwa sebagian besar konsumen yang berkunjung ke agrowisata Kampung Budaya Padi Pandanwangi adalah perempuan dengan tujuan berkunjung yang utama adalah untuk mencari hiburan sambil mengapresiasi adanya agrowisata. Adapun perilaku konsumen agrowisata adalah konsumen berkunjung untuk mencari hiburan serta berkunjung di siang hari dengan menggunakan alat transportasi yaitu motor dimana konsumen berkunjung sebulan sekali atau dua kali bersama teman atau keluarga, informasi tempat wisata yang didapatkan berasal dari teman dan internet, jenis kegiatan yang dilakukan yaitu rekreasi atau liburan. Wahana yang paling menarik ada dua yaitu museum tani dan pendopo mini serta konsumen menyatakan puas dan ingin kembali lagi berkunjung ke sana.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aprilia, E. R, Sunarti & Pangestuti, E. 2017. Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Fasilitas Layanan
Terhadap Kepuasan Wisatawan di Pantai Balekambang kab. Malang. Jurnal
Administrasi Bisnis, 51(2), (6-21).
Badan Pusat Statistik (BPS), tahun 2008. Tentang pendapatan penduduk.
Budiasa dalam Raras, 2020. Analisis Kepuasan Pengunjung dan Strategi Pengembangan Agro
Purwosari di kec. Mijen kota Serang, 2020. Raras Sekar Kinansih (Ejurnal
epirints.undip.ac.id)
Hasan, Ali. 2009. Marketing Yogyakarta: Media Pressindo.
Kottler dan Amstrong, 2008. Prinsip – prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Edisi 12. Erlangga.
Jakarta.
Lupiyadi, Hamdani. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Salemba Empat. Jakarta.
Nasrullah, 2015. Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya ditinjau dari perseptif
Psikologi Sosial Terapan, Buletin Psikologi, 2017 vol.25 No. 1, 36 – 44.
http://jurnal.ugm.ac.id/buletinpsikologi.
Notoatmodjo, Soekidjo, 2003. Pendidikan & Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
Nurisjah dalam Budiarti, 2013. Pengembangan Agrowisata Berbasis Masyarakat pada Usaha
Tani Terpadu Guna Meningkatkan Kesejahteraan Petani Dan Keberlanjutan Sistem
Pertanian. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia. Vol 18, No 3. Jurnal Ipb.ac.id, di akses
tanggal 14 mei 2016.
Nurhasikin, 2013. Penduduk Usia Produktif. Tersedia dalam
http://kepri.go.id/Lists/Artikel/DispForm.aspx?ID=144 di akses pada tanggal 16
desember 2013.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta : Rineka Cipta,
, h. 129.
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Supriyono dan Iskandar. D. 2015. Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Individu, dan Psikolog
Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Di Indomaret. Kelola, 2(3), 43 – 60. ISSN
: 2337 – 5965.
Situngkir, dkk. 2007. Peran Ibu RT Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga (Studi Kasus :
Pedangang Sayur di Kota Madya Jambi). Jurnal Manajemen dan Pembangunan.
Yamin dalam Nia Selawati, 2014. Pemberdayaan Perempuan di Kelompok Wanita Tani (KWT).
Kharisma Boga des. Cibereum, kec. Cugenang, kab. Cianjur.
DOI: https://doi.org/10.35194/jubis.v2i1.2402
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
JUBIS (JURNAL ADMINISTRASI BISNIS) INDEXED BY :
Gedung Rektorat Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. 0263-270106, Fax. 0263-261383, Email: jubis@unsur.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.