ANALISIS SALURAN DAN MARGIN PEMASARAN MANGGIS STUDI KASUS DI KELOMPOK TANI MANGGISTA DESA CIBOKOR KECAMATAN CIBEBER KABUPATEN CIANJUR
Abstract
Salah satu Kecamatan yang menjadi sentra produksi Buah Manggis adalah Kecamatan Cibeber Kabupaten Cianjur. Penelitian dilakukan di Kelompok tani Manggista Desa Cibokor, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur. Dimulai pada Bulan April sampai dengan Juli 2019 dengan tujuan untuk : 1) Untuk mengetahui pola saluran pemasaran Buah Manggis Kelompok Tani Manggista Desa Cibokor, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur. 2) Untuk mengetahui besar margin pemasaran Buah Manggis untuk masing-masing saluran pemasaran. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling  dalam penentuan tempat dan responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Pola saluran pemasaran buah manggis di Kelompok Tani Manggista, yakni : 1). Kelompok tani Manggista → pengepul → konsumen, 2). Kelompok tani Manggista → pengepul → pengecer → konsumen (Bogor). 2. Besar margin pada saluran pemasaran I sebesar Rp.2.000-, besar margin pada saluran pemsaran II sebesar Rp.7.400-,. Diketahui untuk pemasaran buah Mangis memiliki R/C sebesar 1,81,didapatkan dari Harga jual sebesar Rp.12,400 dibagi dengan jumlah biaya pemasaran yaitu Rp.6.850 maka di dapatkan Nilai R/C ratio sebesar 1.81. Sedangkan Farmer’s share yang paling efisien berada di saluran pemasaran I yaitu 71,45%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anonim, 2006, Pedoman Penggunaan Obat Bebas dan Obat Bebas terbatas, Direktorat Bina Farmasis Komunitas dan Klinik Direktorat Jendral Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Depkes RI.
Departemen Pertanian(Deptan). 2005. Lalat Buah (Bactrocera dorsalis).
Hartanto. 2011. Sukses Besar Budidaya Kelapa Sawit. Cetakan I.Yogyakarta: Citra Media Publishing.
Limbong dan Sitorus dalam Sudiyono, 2011. Analisis Efisiensi Pemasaran. . Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Bogor.
Mardiana, 2011, Ramuan dan Khasiat Kulit Manggis, Penebar Swadaya, Jakarta, 9, 15-18
Nazaruddin. 1994. Sukun dan Keluwih. Penebar Swadaya.Jakarta.
Permana, (2010). Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya dan Teknologi. Bandung: UPIPRESS.
SADI-ACIAR. (2009). Laporan Akhir: Rantai Nilai Sayuran di Kawasan Timur Indonesia – fokus pada cabe. Canberra: ACIAR
Sudiyono, 2002. Pemasaran Pertanian, Farmer’s Share. Universitas Muhamadiyah Malang. Malang.
Sudiyono, A. 2001. Pemasaran Pertanian. Universitas Muhamadiyah Malang. Malang.
YunitaSari. AnalisisFaktor-faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Pedagang Kaki Lima Di GALABO(Gladag Langen Bogan) Solo Tahun 2011.Skripsi-1 Progdi Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan. Surakarta: Fakultas Ekonomi UMS.
DOI: https://doi.org/10.35194/agri.v1i2.811
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
AGRITA (AGri) INDEXED BY :
Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Email: agrita@unsur.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.