AUDIT KESEIMBANGAN KONSUMSI DAN PRODUKSI BERAS PANDANWANGI (STUDI KASUS DI PB SINDANG ASIH, PB OKH DAN CV PURE KABUPATEN CIANJUR)

Endah Lisarini, Niki Antika

Abstract


Padi Pandanwangi merupakan komoditas unggulan lokal Kabupaten Cianjur. Dinyatakan unggulan karena memiliki nilai jual yang tinggi dan memiliki rasa nasi yang enak, pulen dan beraroma khas daun pandan sehingga diminati oleh kalangan masyarakat menengah ke atas. Di lain pihak terjadi penurunan jumlah petani yang menanam padi Pandanwangi yang menyebabkan turunnya produksi beras Pandanwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya tingkat konsumsi, besarnya tingkat produksi beras Pandanwangi di Kabupaten Cianjur dan mengetahui keseimbangan konsumsi dan produksi beras Pandanwangi di Kabupaten Cianjur. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Cianjur terutama di 7 kecamatan lokasi Indikasi Geografis penanaman padi Pandanwangi yaitu: Kecamatan Warungkondang, Gekbrong, Cugenang, Cianjur, Cilaku, Cibeber dan Campaka sejak bulan Februari sampai dengan bulan Juni 2019. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa konsumsi beras Pandanwangi di sebagian wilayah Kabupaten Cianjur sebesar 18 ton/bulan dan 216 ton/tahun sedangkan tingkat produksinya sebesar 187,1 ton/tahun.


Keywords


Padi Pandanwangi, Konsumsi, Produksi dan Audit Keseimbangan.

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2012. Indikator PertanianIndonesia. https://www.bps.go.id diakses pada 01 Februari 2019.

Buttery, RG, Ling, LC, dan Juliano, BO. 1983. Identification Of Rice Aroma Compound 2-acety-1- pyroline in Pandan Leaves. J. Agriculture Food Chem. 31:823-826.

David, F. 2015. Strategic Management Concept and Cases. 13th edition. Ebook. Prentice Hall, New Jersey dalam Lisarini dan Abdurahman. https://jurnal.unsur.ac.id diakses pada 01 Februari 2019.

Dinas Pertanian Kabupaten Cianjur. 2018. Deskripsi Padi Varietas Pandanwangi Cianjur. Kabupaten Cianjur.

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. 2019. UMR Kabupaten Cianjur. Kabupaten Cianjur.

Hikam. 2014. Memperkuat Ketahanan Pangan Demi Masa Depan Indonesia 2015-2025. Badan Intelijen Negara (BIN). Jakarta. https://ppsub.ub.ac.id.

Masyarakat Pelestari Padi Pandanwangi Cianjur. 2015. Buku Persyaratan Permohonan Pendaftaran Indikasi Geografis Beras Pandanwangi Cianjur. Buku. Cianjur: MP3C.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.35194/agri.v1i1.803

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGRITA (AGri) INDEXED BY :

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Email: agrita@unsur.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.