KEPADATAN POPULASI DAN INTENSITAS SERANGAN WERENG BATANG COKLAT (Nilaparvata lugens. Stal) PADA BUDIDAYA PADI PANDANWANGI DENGAN PENERAPAN ORGANIK DAN ANORGANIK

Yuliani & Ade Perta Agustian

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengamati kepadatan populasi dan intensitas serangan hama wereng batang coklat (Nilaparvata lugens) pada padi varietas Pandanwangi organik dan anorganik. Penelitian dilakukan di desa Tegallega dan Mekarwangi Kecamatan Warungkondang, dengan menggunakan metode survey pada lahan persawahan padi pandanwangi perlakuan organik dan anorganik, dan tiap lahan dilakukan pengambilan sampel yang terdiri dari 5 petak. Untuk pengamatan secara visual pada setiap petak ditentukan 5 sub petak yang tersebar secara diagonal, pada setiap sub petak percobaan diambil 5 tanaman contoh secara acak berpindah-pindah setiap minggunya sehingga terdapat 25 tanaman contoh dalam satu sub petak. Hasil yang diperoleh yaitu : kepadatan populasi hama wereng batang coklat pada lahan budidaya tanaman padi organik,  pada pengamatan minggu ke-1 hingga minggu ke-5 secara berturut-turut adalah : 0,28; 0,32; 0,16; 0,08 dan 0. Sedangkan kepadatan populasi hama wereng batang coklat pada lahan budidaya tanaman padi anorganik,  pengamatan pada minggu ke-1 hingga minggu ke-5 secara berturut-turut adalah : 2,48; 2,08; 1,56; 0,72 dan 0,2. Hal ini menunjukan bahwa populasi wereng batang coklat lebih banyak pada lahan budidaya padi secara anorganik. Sedangkan pada lahan organik populasi wereng coklat relatif stabil. Dari hasil pengamatan yang diperoleh, menunjukan bahwa intensitas serangan hama wereng batang coklat pada budidaya tanaman padi pandanwangi dengan penerapan lahan organik lebih rendah dibandingkan lahan anorganik, hal ini sejalan dengan tingginya populasi hama wereng di lahan anorganik dibandingkan di lahan organik.

Keywords


Tanaman padi, Kepadatan populasi, Intensitas serangan, Nilaparvata lugens, Lahan organik dan anorganik

Full Text:

PDF

References


AB, Basri. 2012. Mengenal Wereng Coklat. Jurnal Serambi Pertanian. (VI) Aceh:BPTP Aceh

Baehaki S.E. 2012. Perkembangan biotipe hama wereng cokelat pada tanaman padi. Jurnal Iptek Tanaman Pangan 7(1):8-17.

Baehaki. 2012b. Tanam padi berjamaah berlandaskan triangle strategis dalam pencapaian surplus beras 10 juta ton. Sinar Tani 3478 (13):1-8.

Gigir, Tudelnidsri H., C. L. Salaki., E. Senewe., M.F. Dien., dan D.S. Sulualang. 2015. Populasi dan Intensitas Serangan Hama Wereng Hijau Nephotettix virescens (Homoptera : Cicadelidae) di Kecamatan Tomohon Barat Kota Tomohon. Journal COCOS Vol. 6 No. 15. Univ. Sam Ratulangi.

Hadi, M., RC Hidayat Soesilohadi, FX . Wagiman, Yayuk Rahayuningsih. 2014. Pertanian Organik Suatu Alternatif Pengelolaan Ekosistem Sawah Yang Sehat, Alami Dan Ramah Lingkungan. Bulletin Anatomi dan Fisiologi, Vol. XXII, No. 1, Maret 2014.

Masyarakat Pelestari Padi Pandanwangi Cianjur (MP3C). 2015. Buku Persyaratan Permohonan Pendaftaran Indikasi Geografis Beras Panawangi Cianjur : Cianjur

Sianipar, M.S., Djaya, L., Santosa, E., Soesilohadi, R. C. H., Atawigena, W. D dan Ardiansyah, M. 2015. Populasi Hama Wereng Batang Coklat (Nilaparvata Lugens Stal.) Dan Keragaman Serangga Predatornya Pada Padi Sawah Lahan Dataran Tinggi Di Desa Panyocokan, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung. Jurnal Agrikultura 2015, 26 (2): 111-121.

Sianipar, M.S., Andang Purnama., Entun Santosa., R.C. Hidayat Soesilohadi., Wahyu Daradjat Natawigena., Nenet Susniahti ., Akbar Primasongko. 2017. Populasi Hama Wereng Batang Coklat (Nilaparvata lugens Stal.), Keragaman Musuh Alami Predator Serta Parasitoidnya Pada Lahan Sawah Di Dataran Rendah Kabupaten Indramayu. Agrologia, Vol. 6, No.1, April 2017, Hal. 44-53.

Susanti, L. 2016. Respons Berbagi Varietas Padi (Oryza sativa L.) Terhadap Serangan Hama Wereng Batang Coklat (Nilaparvata lugens Stall.). skripsi, Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Dharma Wacan Metro.

Trisnaningsih dan Kurniawati, N. 2015. Hubungan iklim terhadap populasi hama dan musuh alami pada varietas padi unggul baru. Prosiding SEMNAS Masyarakat Biodiv Indonesia, 1(6) : 508-1511 September 2015.

Usyati, N., Kurniawati, N., Ruskandar, A dan Rumasa, O. 2018. Populasi Hama dan Musuh Alami pada Tiga Cara Budidaya Padi Sawah di Sukamandi. Jurnal Agrikultura 2018, 29(1):35-42




DOI: https://doi.org/10.35194/prs.v2i1.992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Pro-STek INDEXED BY :

   

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Email: prostek@unsur.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.