FORMULASI STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS DI YAYASAN USAHA MULIA (YUM) ORGANIC FARM DESA SINDANGLAYUNG KECAMATAN CIPANAS

Rahmat Taufiq Dwi Jatmika, Endah Lisarini, Dinda Oktaviani Dewi

Abstract


Sayuran merupakan produk yang mudah rusak dan membusuk dalam waktu yang singkat, sehingga kualitas produk dapat menurun dan mengurangi nilai jual. Dengan begitu perlu adanya strategi dalam pengembangan usaha. Agar mengetahui bagaimana cara yang baik dalam memajukan usaha di bidang pertanian. Salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pertanian adalah Yayasan Usaha Mulia (YUM) Organic Farm yang menerapkan sistem pertanian organik. Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mengetahui faktor-faktor yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi YUM Organic Farm. (2) Memformulasikan strategi pengembangan bisnis yang harus dilakukan. Metode penelitian ini menggunakan metode analisis SWOT, Analisis Matriks IFE dan EFE, Analisis matriks SWOT, dan QSPM. Hasil analisis yang telah dilakukan, didapatkan total bobot skor rata-rata IFE sebesar 2,74 yang artinya perusahan mempunyai faktor internal yang sedang dan total skor rata rata EFE sebesar 2,63 yang artinya perusahaan mempunyai faktor eksternal yang sedang sehingga YUM Organic Farm berada pada kuadran V yaitu Jaga dan Pertahankan. Hasil QSPM yang telah dianalisis diperoleh tiga prioritas utama yaitu memberikan perlakuan yang maksimal terhadap tanaman untuk menjaga kualitas produk dan melakukan kemitraan dengan petani lokal serta menambah kemitraan baru dengan restoran atau tempat makan untuk menyediakan menu dari sayur organik dengan nilai STAS sebesar 26,08.


Keywords


Sayuran organik, Strategi bisnis

References


Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Satu Nusa. Bandung.

Badan Ketahanan Pangan Kementrian Pertanian. 2018. Direktori Perkembangan Konsumsi Pangan. Jakarta.

Andarwulan. 2018. https://m.inilah.com/new/detail/2038676/konsumsi-pangan-di-cianjur-belum-penuhi-standar. Diakses pada tanggal 15 Desember 2019

Komalasari. F. 2017. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Beras Pandanwangi di Koperasi Mitra Tani Parahyangan Kecamatan Warungkondang. Skripsi. Fakultas Sains Terapan. Universitas Suryakancana. Cianjur.

David. F. R. 2006. Manajemen Strategis Konsep. Salemba Empat. Jakarta

Lestari. E.P. 2011. Pemasaran Strategik: Bagaimana Meraih Keunggulan Kompetitif . Edisi Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.35194/agsci.v10i2.1164

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGROSCIENCE INDEXED BY :

    

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. (0263) 283579, Email: agroscience@unsur.ac.id 

Agroscience is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.