RUMUSAN STRATEGI BISNIS SUB TERMINAL AGRIBISNIS CIGOMBONG KECAMATAN PACET KABUPATEN CIANJUR

Ismi Ajeng, Rani Diana

Abstract


STA Cigombong sebagai sarana pemasaran produk pertanian yang dapat membantu petani dalam memasarkan hasil pertaniannya. Untuk itu STA perlu merumuskan strategi yang tepat agar bisa terus maju dan berkembang di dalam bisnis pertanian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi STA Cigombong dan untuk merumuskan strategi STA Cigombong. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Alat bantu analisis yang digunakan untuk merumuskan strategi yaitu matriks IFE, EFE, IE, SWOT, dan QSPM. Dari matriks IFE diperoleh total bobot skor rata-rata sebesar 3,03 yang berarti STA memiliki internal kuat dan matriks EFE diperoleh total bobot skor rata-rata sebesar 2,83 yang berarti STA memiliki eksternal sedang sehingga diperoleh posisi STA Cigombong berada pada kuadran IV yang berarti tumbuh dan kembangkan. Dari analisis SWOT menghasilkan sebelas strategi. Adapun hasil dari QSPM prioritas strategi yang memiliki skor lebih tinggi dan menjadi prioritas utama dari alternatif strategi lainnya yaitu meningkatkan kualitas dan mengoptimalkan peran STA.


Keywords


Faktor internal, Faktor eksternal, Strategi bisnis

Full Text:

PDF

References


Anugrah, Iwan Setiajie. 2004. Pengembangan Sub Terminal Agribisnis (STA) dan Pasar Lelang Komoditas Pertanian Dan Permasalahannya. Ejurnal Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian. Bogor. 22 (2): 102-112.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. 2017. Produksi Hortikultura Sayuran dan Buah Semusim Provinsi Jawa Barat.

Badan Pusat Statistik. 2017. Penduduk Berumur 15 Tahun Ke Atas yang Bekerja Selama Seminggu yang Lalu Menurut Lapangan Pekerjaan Utama dan Jenis Kelamin Agustus 2015.

David, Fred R. 2009. Strategic Management: Manajemen Strategi Konsep. Jakarta: Salemba Empat

Direktorat Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian. 2018. Laporan Kinerja 2018. Jakarta.

Prawitasari, Sri Yati. 2010. Analisis SWOT Sebagai Dasar Perumusan Strategi Pemasaran Berdaya Saing (Studi pada Dealer Honda Tunggul Sakti di Semarang). Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro: Semarang.

Rangkuti, Freddy. 2014. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Riduwan. 2010. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.35194/agri.v2i2.1173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGRITA (AGri) INDEXED BY :

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Email: agrita@unsur.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.