PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA KELOMPOK TANI PADI PANDANWANGI (Studi Kasus di Desa Tegalega Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur)

Rahmat Taufik Dwi Jatmika, Gista Aulia Dewi

Abstract


Salah satu aspek dalam peningkatan kinerja kelompok tani adalah berjalannya kepemimpinan ketua kelompok dalam kelompok tani itu sendiri. Tujuan penelitian ini: (1) untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja kelompok tani, (2) untuk mengetahui pengaruh motivasi terhadap kinerja kelompok tani, (3) untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja kelompok tani. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Februari sampai dengan bula Juni 2019 di Desa Tegallega Kecamatan Warungkondang. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Analisis yang digunakan yaitu deskriptif, metode pengolahan data sebagai berikut : (1) Regresi linier berganda, (2) Uji T, (3) Uji F. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda menunjukan nilai 0,000 < 0,10 (α) dan nilai t hitung  1.943 lebih besar> dari ttabel 1.7032. hasil uji F menunjukan Variabel kepemimpinan dan variabel motivasi berpengaruh secara simultan dengan nilai Fhitung lebih besar> dari Ftabel sebesar 25,176 dengan nilai signifikan 0,000 terhadap kinerja. Hasil tersebut menunjukan, terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan dan motivasi terhadap kinerja kelompok tani di Desa Tegallega Kecamatan Warungkondang.


Keywords


: Kepemimpinan ketua kelompok, motivasi terhadap kinerja, korelasi, regresi.

Full Text:

PDF

References


Anwar. 2015, Analisis Kelayakan Finansial Usahatani Pandanwangi Organik di Gabungan Petani Organik (GPO) Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur, UNSUR.

Arikunto. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Claveland dan Murphy. Pengaruh Tingkat Pendidikan Formal dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Kecamatan Long Ikis Kabupaten Paser. Dalam Pesalong. 2007. (4) 4 : 636.

Fathoni. 2006. Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta : PT Rineke Cipta.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivarate Dengan Program SPSS, Semarang: Badan Penelitian Unpid.

Hasibuan, 2010. Pengaruh Motivasi Oleh Camat Terhadap Prestasi Kerja Pegawai di Kantor Camat Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon 3.

Matondang, M.H. 2008. Kepemimpinan Karismatik Versus Kepemimpinan Transformasional. Jurnal Penelitian Hurin In Lia (1) 2 : 70

Moleong 2012. Metodelogi penelitian kualitatif. Edisi 30. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Hasibuan, Malayu. 2009. Pengaruh Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Karyawan Bagian Funding dan Lending Bank Bukopin Pekan Baru. (1) 2 : 6.

Materi Penyuluhan Pertanian. Penguatan Kelembagaan Petani Buku I Kelompok Tani Sebagai Kelas Belajar. Pusat Penyuluhan Pertanian. Badan penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementrian Pertanian.2012.

Margono. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cineke.

Rivai V, Mulyadi D. 2009. Kepemimpinan dalam Budaya Organisasi. Jurnal Penelitian. Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan (10) 1: 2.

Rivai.2005. Manajemen Sumberdaya Manusia. Jakarta.

Sekaran. 2004. Rasearch Methods For Business : A Skill Building Aproach,.

Sugiyono. 2015, Metode Penelitian Kombinasi. Bandung

Sugiyono. 2015, Metode Penelitian Kombinasi ( Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010.Metode Penelitian Bisnis Bandung: Alfabetha

Sugiyono. 2011. .Metode Penelitian Bisnis Bandung: Alfabetha

Suhardi & Purwanto. 2004. Metode penelitian. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Suhardjo, 2007. Definisi Tingkat Pendidikan

Sudarmanto. 2009. Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Kota Pekalongan. 3.

Uno. 2015. Pengaruh Motivasi dan Persepsi Tentang Pembelajaran Mata Diklat Kompetensi Kejuruan APK Terhadap Hasil Belajar Siswa di Negeri 1 Pamekasan (3) :1 3

Yukl Gary. 2009. Kepemimpinan dalam organisasi Edisi 5. ( Alih Bahasa Budi Suprianto). Jakarta: Indeks.

Weschler dan Nassarik (1961). materi pelatihan keterampilan manajerial SPMK. Dalam penelitian Stefanus Heru Prasetyo. 2015. Hubungan Perilaku Kepemimpinan Dengan Keaktifan Anggota Kelompok Tani Di Desa Sukanagalih Kecamatan Pacet Kabupaten Cianjur.

Rivai Zainal, 2014, Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi.




DOI: https://doi.org/10.35194/agri.v1i2.813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGRITA (AGri) INDEXED BY :

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Email: agrita@unsur.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.