Pengaruh Konsentrasi Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika pada Pembelajaran Daring

Yuliana Yuliana, Hanifah Alifiananta Anindita, Muhammad Wahid Syaifuddin

Abstract


Melalui penelitian ini, peneliti menganalisis pengaruh konsentrasi belajar siswa maupun kondisi lingkungan belajar siswa atas hasil belajar matematika pada pembelajaran daring, baik secara terpisah maupun secara bersama-sama. Dalam mendukung tercapainya tujuan penelitian ini, sampel dipilih secara cluster random sampling. Dari sampel tersebut terkumpullah data menggunakan angket secara online serta tes menggunakan Quizizz. Melalui angket terhimpun data konsentrasi belajar siswa serta data lingkungan belajar siswa, sedangkan melalui tes terhimpun data hasil belajar matematika. Setelah data terkumpul, data tersebut dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa konsentrasi belajar siswa serta kondisi lingkungan belajar siswa memberikan dampak positif yang signifikan secara terpisah maupun bersamaan atas hasil belajar matematika dalam pembelajaran daring.

Keywords


konsentrasi belajar; lingkungan belajar; hasil belajar matematika; pembelajaran daring

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. (2017). Psikologi Umum. Jakarta: Jakarta: Rineka Cipta.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

Budiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. Surakarta: Surakarta: UNS Pers.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education and Devolepment, 8(2), 468–470. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i3.33

Dores, O. J., Lisa, Y., & Vorina, O. (2019). Analisis Konsentrasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 20 SKPH Manis Raya. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 57–68. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v1i2.506

Febrianto, L. S., Dwidayati, N. K., & Hendikawati, P. (2018). Perbandingan Metode Robust Least Median of Square (LMS) dan Penduga S untuk Menangani Outlier pada Regresi Linier Berganda. Unnes Journal of Mathematics, 7(1), 83–95. https://doi.org/10.15294/ujm.v7i1.27381

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 (Cetakan 8). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gosal, L. C., Tarore, R. C., & Karongkong, H. H. (2018). Analisis Spasial Tingkat Kerentanan Bencana Gunung Api Lokon di Kota Tomohon. Jurnal Spasial, 5(2), 229–237.

Hakim, L. (2020). Pendampingan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 18(2), 192–220.

Halim, S. N. H., & Rahma. (2020). Pengaruh Lingkungan Belajar, Motivasi

Belajar dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA N 9 Pangkep. MANDALIKA Mathematics and Educations Journal, 2(2), 102–109.

Hanik, E. U., Nida, M. K., Nida, H., Lutfiatin, N. N. R., & Widyaningrum, T. (2021). Desain Pembelajaran High Risk dan Low Risk di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) Malaysia di Era New Normal. JKPD: Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6(1), 24–36.

Hasbullah. (2015). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hays, W. L. (1976). Quantification in Psychology. New Delhi: Prentice Hall.

Kartini, E., Mimbar, L., & Izrawati. (2021). Persepsi Mahasiswa dan Pengaruh Pola Belajar, Interaksi, dan Lingkungan Belajar Terhadap Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Journal Ilmiah Rinjani (JIR), 9(1), 1–15.

Kusumaningrum, B., Singgih Kuncoro, K., & Astuti Arigiyati, T. (2020). Inventa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Pendampingan Orangtua dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar: Evaluasi Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Inventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 04(2), 145.

Mahmudi, A., Sulianto, J., & Listyarini, I. (2020). Hubungan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 122–129. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24435

Makmun, A. S. (2005). Psikologi Kependidikan Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: Remadja Rosdakarya.

Manurung, M. P., & Simatupang, D. (2019). Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penggunaan Metode Bercerita di TK ST Theresia Binjai. Jurnal Usia Dini, 5(1), 65.

Pahriji, I. A. (2021). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi. Jurnal Citra Pendidikan, 1(3), 380–387.

Pandia, I. (2014). Penggunaan Smartphone dalam Mendukung Prestasi Belajar Siswa SMPN 1 Kubung Kabupaten Solok Sumatera Barat. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Pembangunan, 15(2), 122–135.

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 56–60.

Pujilestari, S., Dwidayati, N., & Sugiman. (2017). Pemilihan Model Regresi Linier Berganda Terbaik pada Kasus Multikolinieritas Berdasarkan Metode Principal Component Analysis (PCA) dan Metode Stepwise. UNNES Journal of Mathematics, 6(1), 70–81. https://doi.org/10.15294/ujm.v6i1.11719

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU : Research & Learning in Elementary Education, 4(4), 861–872. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Ratiwi, R. D., & Sumarni, W. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Daring. Seminar Nasional Pasca Sarjana 2020.

Riinawati. (2021). EDUKATIF : JURNAL ILMU Hubungan Konsentrasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Riinawati. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2305–2312.

Rizkiani, A., & Septian, A. (2019). Kemampuan Metakognitif Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education ( RME ). UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 275–284.

Septian, A., Ramadhanty, C. L., Darhim, D., & Prabawanto, S. (2021). Mathematical Problem Solving Ability and Student Interest in Learning using Google Classroom. Prosiding International Conference on Education of Suryakancana, 1(1), 155–161.

Setyorini, I. D., & Wulandari, S. S. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran, Fasilitas dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Profit : Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8(1), 19–29.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suharsimi, A. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). In Jakarta: Rineka Cipta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Suryawan, I. P. P., & Permana, D. (2020). Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Prisma, 9(1), 108. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.929

Syah, M. (2002). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Jakarta: Remaja Rosda Karya.

Wahyuningsih, S., & Djazari, M. (2013). Pengaruh Lingkungan Sekolah dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Srandakan. Kajian Pendidikan & Akuntansi Indonesia, 2(1), 137–160.

Widayatun, & Fatoni, Z. (2013). Permasalahan Kesehatan dalam Kondisi Bencana:Peran Petugas Kesehatan dan Partisipasi Masyarakat (Health Problems in a Disaster Situation : the Role of Health Personnels and Community Participation). Jurnal Kependudukan Indonesia, 8(1), 37–52.

Yuliana, Aribowo, E. K., & Setianingtyas, A. F. (2021). Persepsi Mahasiswa terhadap Profil Dosen Menggunakan Analisis Konjoin. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 03(02), 84–97.

Yuliana, & Firmansah, F. (2018). The Effectiveness of Problem-Based Learning with Social Media Assistance to Improve Students ’ Understanding Toward Statistics. Infinity Journal of Mathematics Education, 7(2), 97–108. https://doi.org/10.22460/infinity.v7i2.p97-108

Yuliana, Tasari, & Wijayanti, S. (2017). The Effectiveness of Guided Discovery Learning to Teach Integral Calculus for the Mathematics Students of Mathematics. Infinity Journal of Mathematics Education, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.22460/infinity.v6i1.222

Yuzarion, Y. (2017). Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Peserta Didik. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 2(1), 107–117. https://doi.org/10.17977/um027v2i12017p107




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1732

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.