Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa

Endang Istikomah, Nurmaliza Nurmaliza

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas VIIIG SMP Tahun Ajaran 2015/2016 pada materi kubus dan balok. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik pengamatan dan teknik tes. Instrumen penelitian menggunakan lembar pengamatan guru dan siswa dan lembar tes kemampuan komunikasi matematika siswa. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan proses pembelajaran di kelas yang ditandai dengan meningkatnya aktivitas belajar siswa yang terlihat pada lembar observasi. Peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa dilihat dari skor dasar ke UH I, dari UH I ke UH II. Persentase kemampuan komunikasi matematika siswa yang mencapai KKM pada skor dasar adalah 36,33%, pada UH I adalah 31.74% dan pada UH II adalah 40.65%. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIIIG SMP Tahun Ajaran 2015/2016.

Keywords


NHT; komunikasi matematika; proses pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Astuti, Anggraini & Leonard. 2015. Peran Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif, 2(2), 102-110.

Borich, G.D. 2007. Effective teaching methods “research-based practice†(6th ed). Columbus: Pearson Education Inc.

Abidin, Zainal. 2018. Mathematical Communication Characteristics of Pre-Service Primary School Teacher in Explaining the Area of Trapezoid Reviewed from School Origin. Jurnal of Research and Advances in Mathematics Education, 3(2), 118-126.

Cotton, K.H. 2008. Mathematical communication, conceptual understanding, and students attitudes toward mathematics. Likoln: University of Nebraska.

Fatoyah, S., Akhmad N., & Arie W. 2020. Studi Komparasi Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Student Teams Achievement Division (STAD). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al-Qalasadi, 4(1), 50-55.

Permendiknas. 2006. Peraturan menteri pendidikan nasional RI nomor 23, tahun 2006, tentang standar kompetensi lulusan. Jakarta: Depdiknas.

Gunter, M.A., Estes, T.H., & Schwab, J.H. 1990. Instruction a models approach. London: Allyn and Bacon.

Hamzah, Mohamad. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) di Kelas VIII SMP Negeri 1 Kuningan. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam. 8(2), 214-226.

Hikmawati, N. N., Nurcahyono, N. A., & Balkist, P. S. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Kubus dan Balok. PRISMA, 8(1), 68. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.648

Laksananti, Putri M, Toto B.S., & Susi S. 2017. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Menyelesaikan Masalah Pokok Bahasan Bangun Datar Segi Empat Ditinjau dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII-D SMP Negeri 1 Sumbermalang. Kadikma, 8(1), 88-96.

Marsh, C. 2010. Becoming a teacher. Brisbane: an imprint of pearson educational.

Mauliza. 2020. Improving Students’ Learning Result Using Numbered Heads Together Model. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(3), 301-303.

Maryanti, Ulfah D, Hermawati S., & Refnaldi. 2018. The Effect of Numbered Heads Together Strategy Toward Student’s Speaking Skill. ICOELT-6, 113-117.

Metikasari, Shinta, Imam S., & Yemi K. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa Kelas VII C SMP Negeri 2 Margorejo Pati Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 1(1), 162-171.

Munawaroh. 2015. The Comparative Study Between The Cooperative Learning Model of Numbered Heads Together (NHT) and Student Team Achievement Division (STAD) To The Leaning Achievement in Social Subject. IOSR Jorunal of Research & Method in Education. 5(1), 24-33.

NCTM. 2000. Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: NCTM.

Nuryanti, S., Saepudin, E., Hutajulu, M., & Herdiana, H. (2019). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. PRISMA, 8(1), 36. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.381

Rahmawati, N. I. (2018). Pemanfaatan ICT dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, 1, 381–387

Rofudin, A. 2018. Profil Komunikasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Madalah Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Intelektual. Jurnal Pendidikan Matematika dan Integrasinya, 1(2).

Sanjaya,Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana prenada media grup.

Septian, A., Komala, E., Komara, K. A. (2019). Pembelajaran dengan model creative problem solving (CPS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Prisma, 8(2), 182–190.

Septian, A., Sugiarni, R., & Monariska, E. (2020). The Application of Android-based GeoGebra on Quadratic Equations Material toward Mathematical Creative Thinking ability. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.24042/ajpm.v11i2.6686

Skemp, R. R. 2002. Mathematics in the primary school. London: Routledge.

Slavin, R.E. 1995. Cooperative learning: teori, riset, and praktik (2th ed). Sydney: AllymandBroon.

Soemarmo. 2013. Berpikir dan Disposisi Matematik Serta Pembelajarannya. Bandung.

Soleh, E. R. A., Setiawan, W., & Haqi, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning. Prisma, 9(1), 1. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.798

Sumadayo, S. 2013. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sundayana, Rostina. 2010. Statistika Penelitian Pendidikan. Garut: STKIP Garut Press.

Suyanto. 1997. Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas. Depdikbud. Yogyakarta.

Walk. G. 2010. Communication in the mathematics classroom. Toronto: Queens printer for Ontario.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.