Pola Komunikasi dan Interaksi dalam E-learning Statistika Matematika Selama Covid-19

Istiqomah Istiqomah, Fitria Sulistyowati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan perspektif mahasiswa pada aspek pola komunikasi dan interaksi dalam pembelajaran e-learning Statistika Matematika. Tahap penelitian kualitatif yaitu: (1) identifikasi masalah; (2) penelusuran kepustakaan; (3) maksud dan tujuan penelitian; (4) pengumpulan data; (5) analisa dan pelaporan data; (6) pelaporan. Subjek penelitian ini adalah seluruh mahasiwa yang mengambil mata kuliah Statitika Matematika di Prodi Pendidikan Matematika Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) pada tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket Skala Likert. Data dalam penelitian ini dianalisis secara statistik deskriptif. Temuan dalam penelitian ini adalah: (1) 50% mahasiswa menganggap e-learning Statistika Matematika memberikan kemudahan dalam berinteraksi; (2) 47,02% mahasiswa menganggap e-learning Statistika Matematika memberikan kemudahan dalam menjalin keakraban; (3) 61,94% mahasiswa mengalami kesalahan komunikasi dalam e-learning Statistika Matematika; (4) 50,75% mahasiswa menganggap e-learning Statistika Matematika memberikan kemudahan dalam mengutarakan pendapat. Temuan tersebut selanjutnya akan dijadikan acuan untuk memperbaiki pembelajaran yang akan dilakukan.

Keywords


komunikasi; interaksi; e-learning

Full Text:

PDF

References


Adijaya, N. (2018). Persepsi mahasiswa terhadap materi ajar pada pembelajaran online†yang telah dipublikasi di Jurnal Eduscience Vol. 3/1. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 10(2), 105–110.

Adnan, M. (2020). Online learning amid the COVID-19 pandemic: Students perspectives. Journal of Pedagogical Research, 1(2), 45–51. https://doi.org/10.33902/jpsp.2020261309

Al Aslamiyah, T., Setyosari, P., & Praherdhiono, H. (2019). Blended learning dan kemandirian belajar mahasiswa teknologi pendidikan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 109–114.

Amri, S. (2018). Pengaruh kepercayaan diri (self confidence) berbasis ekstrakurikuler pramuka terhadap prestasi belajar matematika siswa SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156–170.

Annas, A. (2017). Interaksi pengambilan keputusan dan evaluasi kebijakan (Vol. 1). Celebes Media Perkasa.

Arifin, A. (2006). Ilmu komunikasi: sebuah pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Arum, A. R. (2015). Hubungan antara konsep diri dan interaksi sosial teman sebaya dengan kemandirian belajar pada siswa kelas X SMA Negeri 12 Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 3(3).

Bandura, A. (2010). Selfâ€efficacy. The Corsini Encyclopedia of Psychology, 1–3.

Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika di SMKN 1 Cihampelas. Journal on Education, 1(2), 382–389.

Chen, E., Kaczmarek, K., & Ohyama, H. (2020). Student perceptions of distance learning strategies during COVID-19. Journal of Dental Education, (July), 1–2. https://doi.org/10.1002/jdd.12339

Churiyah, M., Sholikhan, S., Filianti, F., & Sakdiyyah, D. A. (2020). Indonesia education readiness conducting distance learning in covid-19 pandemic situation. International Journal of Multicultural and

Multireligious Understanding, 7(6), 491.

https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i6.1833

Creswell, J. W. (2017). Research design: pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran, edisi empat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cucinotta, D., & Vanelli, M. (2020). WHO declares COVID-19 a pandemic. Acta Bio Medica: Atenei Parmensis, 91(1), 157.

Effendy, O. U. (1990). Ilmu komunikasi teori dan praktek. Remaja Rosdakarya.

Fajriyah, L., Nugraha, Y., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh kemandirian belajar siswa smp terhadap kemampuan penalaran matematis. Journal on Education, 1(2), 288–296.

Hasbi, M., & Syarif, M. (2017). Penerapan Metode Bayesian Network dalam Aplikasi E-Learning Berbasis Web. JUST IT: Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 7(2), 36–44.

Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2017). Penilaian pembelajaran matematika edisi revisi. Bandung: PT Refika Aditama.

Inah, E. N. (2015). Peran komunikasi dalam interaksi guru dan siswa. Al-

TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 150–167.

Indriawati, P. (2018). Pengaruh kepercayaan diri dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar mahasiswa Universitas Balikpapan. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(2), 1–10.

Lanani, K. (2013). Belajar berkomunikasi dan komunikasi untuk belajar dalam pembelajaran matematika. Infinity Journal, 2(1), 13–25.

Lauster, P. (2012). Tes Kepribadian, Terj. DH Gulo. Jakarta: Bumi Aksara.

Marinoni, G., Van’t Land, H., & Jensen, T. (2020). The impact of Covid-19 on higher education around the world. IAU Global Survey Report.

Marjanti, S. (2015). Upaya meningkatkan rasa percaya diri melalui konseling kelompok bagi siswa x ips 6 sma 2 bae kudus tahun pelajaran 2014/2015. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(2), 60–68.

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011a). e-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? The Internet and Higher Education, 14(2), 129–135.

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011b). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education, 14(2), 129–135. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001

Mulyana, A., & Sumarmo, U. (2015). Meningkatkan kemampuan penalaran matematik dan kemandirian belajar siswa SMP melalui pembelajaran berbasis masalah. Didaktik, 9(1), 40–51.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 128–135.

Nuryanti, S., Saepudin, E., Hutajulu, M., & Herdiana, H. (2019). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan kepercayaan diri siswa smp dengan menggunakan pendekatan contextual teaching and learning. Prisma, 8(1), 36. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.381

Quible, Z. K., Johnson, M. H., & Mott, D. L. (1996). Business communication: principles and applications. Prentice Hall.

Raco, J. (n.d.). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya.

Ramlah, R., Firmansyah, D., & Zubair, H. (2015). Pengaruh gaya belajar dan keaktifan siswa terhadap prestasi belajar matematika (survey pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang). Majalah Ilmiah SOLUSI, 1(03).

Ratnawati, V. (2012). Percaya diri, body image dan kecenderungan anorexia nervosa pada remaja putri. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 1(2).

Rizkiani, A., & Septian, A. (2019). Kemampuan metakognitif siswa SMP dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan realistic mathematics education ( RME ). UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 275–284.

Roestiyah, N. K. (1994). Masalah pengajaran sebagai suatu sistem. Rineka Cipta.

Rusman, M. P. (2012). Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru (edisi kedua). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sardiman, A. M. (2000). Interaksi & motivasi belajar mengajar. PT Raja Grafindo Persada.

Schneider, S. L., & Council, M. L. (2020). Distance learning in the era of COVID-19. Archives of Dermatological Research, (0123456789), 3–4. https://doi.org/10.1007/s00403-020-02088-9

Septian, A., Ramadhanty, C. L., Darhim, D., & Prabawanto, S. (2021). Mathematical problem solving ability and student interest in learning using google classroom. Prosiding International Conference on Education of Suryakancana, 1(1), 155–161.

Septian, A., Sugiarni, R., & Monariska, E. (2020). The application of android-based geogebra on quadratic equations material toward mathematical creative thinking ability. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.24042/ajpm.v11i2.6686

Setyowati, D., & Widana, I. W. (2016). Pengaruh minat, kepercayaan diri, dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Emasains, 5(1), 66–72.

Sholikhah, A. (2016). Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 342–362.

Simbolon, N. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar peserta didik. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 1(2).

Sirait, E. D. (2016). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).

Smith, E. R. (1996). What do connectionism and social psychology offer each other? Journal of Personality and Social Psychology, 70(5), 893.

Sofiana, N. (2015). Implementasi blended learning pada mata kuliah extensive listening. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1).

Sulistyowati, F., Budiyono, B., & Slamet, I. (2017). Problem solving reasoning and problem based instruction in geometry learning. Journal of Physics: Conference Series, 895(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012045

Suryawan, I. P. P., & Permana, D. (2020). Media pembelajaran online berbasis geogebra sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep matematika. Prisma, 9(1), 108. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.929

Triningtyas, D. A. (2016). Studi kasus tentang rasa percaya diri, faktor penyebabnya dan upaya memperbaiki dengan menggunakan konseling individual. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1).

Wahyudi, I. (2019). Hubungan antara toleransi sosial, keakraban dengan sumpek pada penghuni pemukiman padat di Kota Surakarta. Jurnal Psikologi, 14(1), 42–53.

Wijaya, A. F. C., & Ramalis, T. R. (2012). Collaborative Ranking Tasks (CRT) berbantuan E-learning untuk meningkatan keterampilan Generik sains mahasiswa calon guru Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(2).

Yazdi, M. (2012). E-learning sebagai media pembelajaran interaktif berbasis teknologi informasi. FORISTEK: Forum Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi, 2(1).

Zain, R., Ahmad, Z. A., & Kalijaga, F. U. I. N. S. (2015). Manajemen perkuliahan berbasis e-learning di perguruan tinggi. Yogyakarta: NCIE CDIE & Kurnia Kalam Semesta.

Zyainuri, Z., & Marpanaji, E. (2012). Penerapan e-learning moodle untuk pembelajran siswa yang melaksanakan prakerin. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3).




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.