Online Learning & Blended Learning: Perbandingan Hasil Belajar Metode Daring Penuh dan Terpadu
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mata kuliah Statistika Ekonomi II dengan metode terpadu (blended learning) dan daring penuh (full online). Subjek penelitian ini terdiri dari 28 mahasiswa dan 30 mahasiswa angkatan 2017 dan 2018 berturut-turut yang beraasal dari Program Studi S1 Manajemen Universitas Teknokrat Indonesia. Sebanyak 28 mahasiswa angkatan 2017 belajar dengan menggunakan metode blended learning dan 30 mahasiswa angaktan 2018 belajar dengan menggunakan metode full daring. Teknik pengolahan dan analisa data pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan dan analisa data kuantiatif menggunakan tes awal dan tes akhir serta pengolahan dan analisa data perbedaan dua rata-rata menggunakan uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kelompok data dengan menggunakan metode blended learning maupun dengan full online tidak menunjukan perbedaan hasil yang signifikan dengan nilai p-value atau sig. sebesar 0,803 > alpha= 0,05. Artinya proses pembelajaran full online dengan hanya mengandalkan 20% maksimal tatap muka tetap memberikan efek yang sama pada ranah kogniitf mahasiswa. Namun, tantangan pembelajaran full online justru terletak pada pencapaian kompetensi afektif dari peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.†Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9
Admin. (2020). Mendikbud Terbitkan SE tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19.
Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5), 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314
Cocquyt, C., Diep, N. A., Zhu, C., De Greef, M., & Vanwing, T. (2017). Examining social inclusion and social capital among adult learners in blended and online learning environments. European Journal for Research on the Education and Learning of Adults, 8(1), 77–101. https://doi.org/10.3384/rela.2000-7426.rela9111
Crawford, J., Butler-Henderson, K., Rudolph, J., Malkawi, B., Glowatz, M., Burton, R., … Lam, S. (2020). Particle breakage during cyclic triaxial loading of a carbonate sand. Journal of Applied Learning & Teaching, 3(1), 1–20. https://doi.org/10.1680/geot.2008.T.003
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Hendriawan, M. A., & Septian, A. (2019). Pengembangan JiMath Sebagai
Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Android Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(1), 45. https://doi.org/10.30738/indomath.v2i1.2785
Mailizar, Almanthari, A., Maulina, S., & Bruce, S. (2020). Secondary school mathematics teachers’ views on e-learning implementation barriers during the COVID-19 pandemic: The case of Indonesia. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(7), em1860. https://doi.org/10.29333/EJMSTE/8240
Maskar, S. (2018). Alternatif Penyusunan Materi Ekspresi Aljabar Untuk Siswa Smp/Mts Dengan Pendekatan Pendidikan. Prisma, VII(1), 53–69.
Maskar, S., & Wulantina, E. (2019). Persepsi Peserta Didik terhadap Metode Blended Learning dengan Google Classroom. 1(2), 110–121.
Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The effectiveness of problem based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375
Mulenga, E. M. (2020). Is COVID-19 the Gateway for Digital Learning in Mathematics Education ? 12(2).
Nortvig, A., Petersen, A. K., & Balle, S. H. (2018). A Literature Review of the Factors Influencing E-Learning and Blended Learning in Relation to Learning Outcome , Student Satisfaction and Engagement. 16(1), 46–55.
Pranoto, I. (2019). Kasmaran Berilmu Pengetahuan. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara.
Pratiwi, E. W. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/pip.341.1
Rahmawati, N. I. (2018). Pemanfaatan ICT dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, 1, 381–387.
Sanusi, A. M., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dengan Menggunakan Education Game Berbantuan Android pada Barisan dan Deret. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(September), 511–520.
Septian, A., Darhim, & Prabawanto, S. (2020). Geogebra in integral areas to improve mathematical representation ability. Journal of Physics: Conference Series, 1613, 12035. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012035
Septian, A., Darhim, & Prabawanto, S. (2020). Mathematical representation ability through geogebra-assisted project- based learning models. Journal Of Physics : Conference Series, 1657, 12019. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012019
Septian, A., Suwarman, R. F., Monariska, E., & Sugiarni, R. (2020). Somatic , auditory , visualization , intellectually learning assisted by GeoGebra to improve student’s mathematical representation skills. Journal Of Physics : Conference Series, 1657, 12023. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012023
Siwi, F., & Puspaningtyas, N. D. (2020). Penerapan media pembelajaran kognitif dalam materi persamaan garis lurus menggunakan video di era 4.0. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 7–10.
Suryawan, I. P. P., & Permana, D. (2020). Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Prisma, 9(1), 108. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.929
Tsany, U. N., Septian, A., & Komala, E. (2020). The ability of understanding mathematical concept and self-regulated learning using macromedia flash professional 8. Journal Of Physics : Conference Series, 1657, 12074. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012074
Ulfa, M., & Puspaningtyas, N. D. (2020). The Effectiveness of Blended Learning using A Learning System in Network ( SPADA ) in Understanding of Mathematical Concept. 8(1), 47–60.
Weldy, T. G. (2018). Traditional , Blended , or Online : Business Student Preferences and Experience with Different Course Formats. 12(2), 55–62.
Widiyawati, W., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMK pada Materi Trigonometri. Jurnal Analisa, 6(1), 28–39. https://doi.org/10.15575/ja.v6i1.8566
DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.1070
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 PRISMA
Prisma Indexing :Â
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.