E-Learning : Penerapan Project Based Learning pada Mata Kuliah Media Pembelajaran

Putri Sukma Dewi

Abstract


Pendidikan 4.0 mendukung terwujudnya pendidikan cerdas dengan memanfaatkan teknologi, salah satunya dengan e-learning. Pembelajaran berbasis internet masih sangat baru dan memerlukan banyak persiapan. Salah satunya adalah mempersiapkan mahasiswa calon guru untuk dapat membuat media pembelajaran yang menarik dan sesuai kompetensi yang ingin dicapai serta sinergi dengan era 4.0. Penelitian deskriptif ini menganalisa pembelajaran e-learning yang menerapkan project based learning untuk menghasilkan mahasiswa yang mampu membuat media pembelajaran dengan baik. Subjek penelitian adalah mahasiswa matematika Universitas Teknokrat Indonesia. Analisis data dilakukan secara dengan menggunakan statistika deskriptif dari hasil analisis proses dan projek mahasiswa. Dalam pembelajaran ini, mahasiswa dapat mengikuti perkuliahan dengan cukup baik dan menghasilkan project berupa produk media pembelajaran yang menarik dan sesuai kompetensi yang ingin dicapai.

Keywords


E-Learning; PjBL; media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Aswardiaswardi, A., & Nellitawatinellitawati, N. (2020). The effects of blended learning model on the learning outcome of students in the electrical department of the university of padang. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 12(3 Special Issue), 524–528. https://doi.org/10.5373/JARDCS/V12SP3/20201288

Budiman, H., & Rosmiati, M. (2020). Penerapan Teori Belajar Van Hiele Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Prisma, 9(1), 47. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.845

cnnindonesia.com. (2020). Ma’ruf Amin: Baru 20 dari 4.741 Kampus Terapkan e-Learning.

Gozali, A. (2011). Strategi Pembelajaran Menghadapi Revolusi Pendidikan Four Point Zero (4.0) Studi Kasus di SMP Negeri Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Al-Karim, 44(8), 63–90.

Hendayana, Y. (2019). Menristekdikti: Penerapan E-Learning di Perguruan Tinggi Harus Diimbangi Peningkatan Kompetensi Dosen.

Hendriawan, M. A., & Septian, A. (2019). Pengembangan JiMath Sebagai Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Android Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(1), 45. https://doi.org/10.30738/indomath.v2i1.2785

Ismuwardani, Z., Nuryatin, A., & Doyin, M. (2019). Implementation Project Based Learning Model to Increased Creativity and Self-Realiance of Students on Poetry Writing Skills. Journal of Primary Education UNNES, 8(1), 51–58.

Junedi, B., & Sari, E. P. (2020). Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA. Prisma, 9(1), 87. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.915

Komang, N., Damayanti, A., Martha, I. N., Gunatama, G., Pendidikan, J., & Indonesia, S. (2014). Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Berpendekatan Saintifik Dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek ( Project Based Learning ) Pada Siswa Kelas X Tata Kecantikan Kulit 1 Di Smk Negeri 2 Singaraja. E-Journal Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10.

Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The effectiveness of problem based learning and aptitude treatment interaction in impro