PENERAPAN ETIKET BISNIS PERUSAHAAN JEPANG DI INDONESIA OLEH PEKERJA LOKAL

Fadhila Arienda Humaira

Abstract


Perusahaan-perusahaan Jepang yang berdiri di luar Jepang khususnya di Indonesia menerapkan nilai-nilai budaya negaranya termasuk etiket berbisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan etiket bisnis pekerja lokal yang bekerja di perusahaan Jepang di Indonesia. Metode yang digunakan dengan pendekatan kualitatif yaitu dengan studi kepustakaan dan pembagian kuesioner kemudian dianalisis dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkaan bahwa penerapan etiket bisnis ala Jepang pekerja lokal di perusahaan Jepang memiliki intensitas yang berbeda-beda tergantung dari jenis pekerjaan yang dilakukan. Dalam hal aisatsu (salam), dan menelepon dengan etiket bisnis Jepang memiliki intensitas penerapan tinggi. Namun, intensitas penerapan rendah dalam hal bertukar kartu nama dengan ekspatriat Jepang. Kemudian, ojigi (membungkuk) diterapkan oleh pekerja lokal ketika bertemu, meminta maaf, berterimakasih, dan meminta tolong kepada ekspatriat Jepang.

Keywords


Penerapan: etiket; bisnis; Jepang; pekerja

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




JUBIS (JURNAL ADMINISTRASI BISNIS) INDEXED BY :

 

Gedung Rektorat Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. 0263-270106, Fax. 0263-261383, Email: je@unsur.ac.id

Creative Commons License
Jubis(Jurnal Administrasi Bisnis) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.