Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa XYZ Terhadap Program PERMATA-SAKTI Tahun 2020 dengan Metode HEdPERF dan HiEDQUAL

Nabilah Dwi Febriani, Muhammad Zainuddin Fathoni, Elly Ismiyah

Abstract


Kepuasan mahasiswa merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam peningkatan kualitas layanan dalam perguruan tinggi. Kepuasan mahasiswa terbentuk apabila seluruh kebutuhan mahasiswa selama menempuh perkuliahan dapat dipenuhi dengan baik oleh perguruan tinggi. Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh Kemendikbud dalam rangka mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai bidang keilmuan. Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) memiliki berbagai macam program salah satunya yaitu pertukaran pelajar. PERMATA-SAKTI merupakan salah satu bentuk implementasi dari pertukaran pelajar. Pada tahun-tahun sebelumnya, PERMATA-SAKTI dilakukan secara offline dengan mendatangi kampus pertukaran. Namun, pada 2020 program PERMATA-SAKTI dilakukan secara online akibat pandemi COVID-19 yang melanda seluruh Indonesia. Dalam implementasinya, tentu tidak semulus tahun-tahun sebelumnya karena adanya peralihan dari offline ke online sehingga membutuhkan penyesuaian. Adanya penyesuaikan tersebut paling tidak dapat mempengaruhi kepuasan mahasiswa terhadap program PERMATA-SAKTI. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan mahasiswa XYZ terhadap Program PERMATA-SAKTI tahun 2020. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui atribut-atribut yang mempengaruhi kepuasan mahasiswa serta memberikan usulan terkait kualitas pelayanan pada Program PERMATA-SAKTI yang ada di Universitas XYZ. Metode yang digunakan adalah HEdPERF dan HiEDQUAL. Metode HEdPERF dan HiEDQUAL memiliki dasar konsep yang sama dengan metode SERVQUAL yaitu mengukur kepuasan berdasarkan nilai gap antara persepsi dan harapan. Hasil yang didapat adalah terdapat 20 atribut yang memiliki nilai gap negatif atau sebesar 68,9% dari keseluruhan atribut dimana berasal dari atribut yang terkait dengan PT Pengirim sebesar 37,9% dan PT Penerima sebesar 31,03% sedangkan untuk atribut yang terkait dengan belmawa seluruhnya memiliki nilai gap yang positif. Nilai gap terbesar adalah terletak pada atribut ke 28 sebesar -0,39 yaitu “ketersediaan layanan kesehatan bagi mahasiswa PERMATA-SAKTI dari PT Pengirimâ€. Usulan yang diberikan adalah memberikan treatment khusus kepada mahasiswa PERMATA-SAKTI berupa konsultasi kesehatan secara berkala sehingga kesehatan fisik dapat tetap terjaga selama mengikuti kuliah pertukaran. Secara keseluruhan, kepuasan mahasiswa XYZ terhadap Program PERMATA-SAKTI tahun 2020 masih belum begitu tinggi sehingga perlu dilakukan perbaikan-perbaikan utamanya untuk atribut yang memiliki nilai gap negatif terbesar.

Kata kunci— Kepuasan Mahasiswa; Program PERMATA-SAKTI; HEdPERF dan HiEDQUAL

 


Keywords


customer satisfaction; PERMATA-SAKTI Program; HEdPERF and HiEDQUAL Methods

Full Text:

PDF

References


M. Tohir, “Buku Panduan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka,†2020.

F. Debora and H. Hernadewita, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Pembelajaran Terhadap Kepuasan Mahasiswa Dengan Metode SEM-PLS,†Oper. Excell. J. Appl. Ind. Eng., vol. 11, no. 1, p. 49, 2019.

A. Ahmad and U. Nikmah, “Pengaruh Higher Education Performance (Hedperf) Terhadap Kepuasan Mahasiswa Universitas Sains Al Quran (Unsiq) Jawa Tengah Di Wonosobo,†J. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy. UNSIQ, vol. 4, no. 3, pp. 246–253, 2017.

A. Lala and M. Marhalim, “Aplikasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Administrasi Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Bengkulu,†Pseudocode, vol. 6, no. 2, pp. 172–180, 2019.

R. A. Tjahyadi, C. Lu, and J. Fionita, “HIEDQUAL (High Education Quality) Dan Kepuasan Mahasiswa: Peran Reputasi Universitas Sebagai Variabel Mediasi,†J. Manaj. dan Bisnis Indones., vol. 5, no. 3, pp. 315–326, 2018.

I. Widya and L. A. Pratomo, “The Influence of Higher Education Service Quality Toward Student Satisfaction and Loyalty†J. Ris. Ekon. Dan Bisnis, vol. 10, no. 3, pp. 174–188, 2018.

L. Hafni, S. Chandra, and T. Chandra, “Model Peningkatan Kualitas Pelayanan Pada Perguruan Tinggi Di Riau,†EKUITAS (Jurnal Ekon. dan Keuangan), vol. 3, no. 4, pp. 445–463, 2020.

D. N. B. Kusyana, P. A. Purwaningrat, and M. P. Sunny, “Peran Kualitas Layanan Dalam Menciptakan Loyalitas Mahasiswa,†Widya Manaj., vol. 2, no. 1, pp. 10–27, 2020.

Y. Hasan, “Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Kualitas Jasa (Pelayanan) Akademik Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung,†Al-Idarah J. Kependidikan Islam, vol. 8, no. 2, pp. 186–198, 2019.

Y. Boky, “Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar,†J. Jaffray, vol. 14, no. 2, pp. 269–290, 2016.

M. Widikusyanto Johan and A. Purbohastuti Wahyuni, “Indeks Service Quality Perguruan Tinggi Banten,†Jurnal Visionida, vol. 6, pp. 52–63, 2020.

R. Kusmaryadi and B. Astuti, “Analisis Kualitas Layanan Higher Education Performance (HEdPERF) Terhadap Loyalitas Mahasiswa Di Fakultas ‘X,’†J. Ris. Manaj. Sekol. Tinggi Ilmu Ekon. Widya Wiwaha Progr. Magister Manaj., vol. 4, no. 1, pp. 47–57, 2019.

M. Perdana Surya, R. Magnadi Hari, I. M. Dirgantara Bayu, and E. Arfinto Denny, “Perbandingan Instrumen Kuantitatif Untuk Mengukur Kualitas Layanan,†J. Stud. Manaj. Organ., vol. 14, no. 1, pp. 31–40, 2017.

F. E. Saputra, “Rekonseptualisasi Konstruk Kualitas Layanan Spesifik Pada Konteks Perguruan Tinggi,†Manag. Insight J. Ilm. Manaj., vol. 15, no. 1, pp. 49–64, 2020.

I. W. Ardhyani and M. L. Singgih, “Pengukuran Kualitas Layanan dengan Higher Education Performance (HEdPERF) dan Higher Education Service Quality (HiEDQUAL),†Tek. Eng. Sains J., vol. 1, no. 1, p. 25, 2017.




DOI: https://doi.org/10.35194/jmtsi.v6i1.1457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Media Teknik dan Sistem Industri ISSN: 2581-0561 (online); 2581-0529 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: jmtsi@unsur.ac.id 

JMTSI (Jurnal Media Teknik dan Sistem Industri) INDEXED BY :