TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) DALAM BISNIS ISLAM (Studi Kasus PT. Gramedia dan PT. BPRS PNM Mentari)

Dwi Untoro, Dani Mochamad, Siah Khosyiah

Abstract


ABSTRAK

Artikel ini membahas mengenai pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan dalam bisnis Islam. Dengan metode pendekatan deskriptif kualitatif, mengkaji dari studi pustaka dari literasi pemikiran sebelumnya, penulis mengambil contoh dari beberapa studi kasus yang terjadi. Dalam bisnis Islam, konteks tanggung jawab sosial perusahaan adalah bagaimana konsep tersebut didasarkan pada beberapa sifat terpuji Rasulullah dalam berbisnis. CSR berfokus pada pembahasan etika dalam bisnis Islam sesuai dengan ajaran etika Islam. Permasalahan seperti bagaimana memproduksi sebuah barang atau jasa yang halal, tidak merugikan konsumen, pertanggungjawaban polusi akibat dampak dari produksi dan lain sebagainya adalah hal-hal yang dibahas dalam pelaksanaan etika.

ABSTRACT

This article discusses the implementation of corporate social responsibility in Islamic business. Using a qualitative descriptive approach, reviewing literature from previous thought literacy, the author takes examples from several case studies that have occurred. In Islamic business, the context of corporate social responsibility is how the concept is based on some of the praiseworthy qualities of the Prophet in doing business. CSR focuses on discussing ethics in Islamic business in accordance with Islamic ethical teachings. Issues such as how to produce goods or services that are lawful, not detrimental to consumers, liability for pollution due to the impact of production and so on are matters discussed in the implementation of ethics.


Keywords


Tanggung Jawab Sosial Perusahaan; Bisnis Islam; Corporate Social Responsibility; Islamic Business; Business Ethics Etika Bisnis;

References


REFERENSI

Abdilah, S. (2020). Sedekah Digital: Dari Aksi Maya Ke Nyata. Sadira Books & BukuMu.

Agus Harjito. (2002). Etika Bisnis Dan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Dalam Perspektif Islam. Al-Mawarid Journal of Islamic Law, 8, 118–127.

Amrin, A. (2011). Strategi pemasaran asuransi syariah. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Darmawati, D. (2014). Corporate Social Responsibility dalam Perspektif Islam. Mazahib, 13(2), Article 2. https://doi.org/10.21093/mj.v13i2.387

Huda, C. (2016). Model Pengelolaan Bisnis Syari’ah: Studi Kasus Lembaga Pengembangan Usaha Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung Semarang. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 24, 165. https://doi.org/10.21580/ws.24.1.1140

Hulaimi, A., Sahri, S., & Huzaini, M. (2017). Etika Bisnis Islam dan Dampaknya Terhadap Kesejahteraan Pedagang Sapi. JEBI (Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam), 2(1), 17–32. https://doi.org/10.15548/jebi.v2i1.64

Kamaluddin, A., & Rapanna, D. P. (2017). Administrasi Bisnis. SAH MEDIA.

Lahuri, S. bin. (2013). Corporate Social Responsibility dalam Perspektif Islam. Ijtihad: Jurnal Hukum Dan Ekonomi Islam, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.21111/ijtihad.v7i2.85

Latifah, E. (2020). Pengantar Bisnis Islam. Penerbit CV. SARNU UNTUNG.

Nurlaela Wati, L. (2019). Model Corporate Social Responsibility (CSR). Myria Publisher.

Rachman, N. M., Efendi, A., & Wicaksana, E. (2011). Panduan Lengkap Perencanaan CSR. Penebar Swadaya Grup.

Rahmat, B. Z. (2017). Corporate Social Responsibility dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Amwaluna: Jurnal Ekonomi dan Keuangan Syariah, 1(1), 98–113. https://doi.org/10.29313/amwaluna.v1i1.2099

Santoso, B. (2011). Wakaf Perusahaan: Model CSR Islam untuk Pembangunan Berkelanjutan. Universitas Brawijaya Press.

Sukananda, S. (2019). Konsep Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Melalui Pendekatan Filsafat Hukum Islam. Lex Renaissance, 4(2), 386–409. https://doi.org/10.20885/JLR.vol4.iss2.art11

Trihastuti, A. E. (2021). Etika Bisnis Islam. Deepublish.

Umar, H. (2003). Business an Introduction. Gramedia Pustaka Utama.

Wijoyo, H., Sunarsi, D., Cahyono, Y., & Ariyanto, A. (2021). Pengantar Bisnis. Insan Cendekia Mandiri.

Yusanto, M. I. (2002). Menggagas bisnis Islami. Gema Insani.




DOI: https://doi.org/10.35194/eeki.v3i2.3390

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): https://doi.org/10.35194/eeki.v3i2.3390.g2861

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

El-Ecosy : Jurnal Study Ekonomi Syariah INDEXED BY :

     

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.