TINGKAT KESUKAAN KONSUMEN PADA ATRIBUT BERAS PANDANWANGI MURNI CIANJUR

Nurjaya Nurjaya, Nenden Maulida

Abstract


Kabupaten Cianjur merupakan salah satu daerah penghasil padi terbesar di Jawa Barat. Salah satunya adalah beras Pandanwangi sebagai produk unggulannya. Beras pandanwangi memiliki atribut penting yaitu atribut butir utuh, murni, aroma dan memiliki tektur yang lembut. Penelitian ini dilakukan untuk 1). Mengetahui atribut beras Pandanwangi murni Cianjur yang dikenali konsumen, 2). Mengetahui tingkat kesukaan konsumen pada atribut beras Pandanwangi. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Selain dilakukan pengklasifikasian nilai skor rata-rata tanggapan responden ke kategori tidak kuat sampai sangat kuat, juga dilakukan proses perangkingan untuk mendapatkan tingkat kesukaan pada atribut beras Pandanwangi. Hasil penelitian menjawab tujuan penelitian sebagai berikut : 1). Konsumen mengenali semua atribut beras Pandanwangi meliputi aroma, kepulenan, tekstur lembut dan butir utuh. 2). Tingkat kesukaan konsumen terhadap atribut beras Pandanwangi adalah sangat kuat pada atribut aroma.

Keywords


Aroma; Tekstur Lembut; Murni; Beras Pandanwangi; Preferensi.

References


Buttery, RG, Ling, LC, dan Juliano, BO. 1983.

Identification of Rice Aroma

Compound 2-acety-1-pyrroline in Pandan Leaves. J. Agriculture Food Chem. 31: 823-826.

Bergman, C., Ming-Hsuan Chen, J. Delgado, and N. Gipson. 2006. Kernel form: rice grain quality. USDA-ARS-Rice Research Unit Rice Quality Program. http://beaumont.tamu.edu/eLibrary/StudiRiceContest/2006/Rice Grain Quality. March 2006.

Dharmmesta, Basu Swastha dan T. Hani Handoko. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama Cetakan Keliama. Yogyakarta: BPFE.

Dewi. 2013. Definisi Konsumen. http://eprints.polsri.ac.id/666/3/BAB%20II.pdf

Ferrinadewi Erna. 2008. Merek & Psikologi Konsumen. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Gitosudarmo. 2007. Manajemen Pemasaran, BPFE.

Yogyakarta.

Hamzah Basah, Mamat Rachmat, Supardi, Hardedi, Jumadi, Tuteng Jauhari, Tansyah Abadi dan Iyus Rusliana. 2003. Laporan Akhir Pemurniaan dan Standarisasi Padi Sawah Varietas Pandanwangi. Dinas Pertanian Kabupaten Cianjur Bekerjasama dengan UPTD Balai Pengawasan dan Sertifikasi benih Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat 2003.

Mardikanto, T. 2013. Penyuluhan Pembangunan Pertanian. Sebelas Maret University Press. Surakarta.

Menteri Pertanian No. 2366/Kpts/SR.

/6/2010, tanggal 28 Juni 2010.

Natalia. 2007. Karakterisasi Beras Pandanwangi dan Pengaruh Jenis Kemasan Terhadap Stabilitas Mutu Selama Penyimpanan. Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Pemerintah Kabupaten Cianjur. 2011. Tanaman Pangan dan Hortikultura. Cianjur: Pemkab Cianjur 2011.

Kotler, Philip & Keller, L. Kevin. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13, Jilid 1. Jakarta: Pearson Education, Inc.

Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1, Penerbit Erlangga. Jakarta.

Suryani. 2013. Perilaku Konsumen di Era Internet.

Edisi Pertama. Cetakan Pertama.

Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. 2017. Deskriptif. http://repository.unpas.ac.id/27868/5/BAB%20III.pdf

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.35194/agsci.v8i1.358



AGROSCIENCE INDEXED BY : 

             

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. (0263) 283579, Email: agroscience@unsur.ac.id 

Agroscience is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.