PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA PETANI DI CAHAYA AGRIBIZ KECAMATAN PAGELARAN KABUPATEN CIANJUR

Nurjaya .

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh lingkungan kerja dan kepemimpinan terhadap kinerja Petani  pada Cahaya Agribiz Pagelaran Kabupaten Cianjur . Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan asosiatif.   Pada penelitian ini menggunakan data primer dengan melakukan observasi serta menyebarkan kuesioner kepada responden. Seluruh populasi dijadikan obyek penelitian sehingga sampel dalam penelitian ini sebanyak 24 orang Petani Variabel independent dalam penelitian ini adalah lingkungan kerja (X1), kepemimpinan (X2) sedangkan variabel dependen adalah kinerja Petani   (Y).  Statistik uji hipotesis yang digunakan adalah Spearman Rank.  Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut bahwa secara umum lingkungan kerja yang ada di Cahaya Agribiz Pagelaran Kabupaten Cianjur  telah dinilai baik oleh responden dengan rata-rata tingkat pencapaian sebesar 73.03%, sedangkan kepemimpinan pada Cahaya Agribiz Pagelaran Kabupaten Cianjur  dirasakan baik hal ini ditunjukkan rata-rata tingkat pencapaian sebesar 79.79%, dan secara umum kinerja Petani  pada Cahaya Agribiz Pagelaran Kabupaten Cianjur  memiliki rata-rata tingkat pencapaian sebesar 81.15%. Pengaruh antara lingkungan kerja dan kepemimpinan terhadap kinerja Petani  ditunjukkan dengan derajat hubungannya sebesar 0.641, yang berada pada rentang antara 0,51-0,75 menunjukkan hubungan yang “Cukup kuatâ€. Artinya bahwa Pengaruh lingkungan kerja dan kepemimpinan secara bersama-sama dapat meningkatkan kinerja Petani  pada Cahaya Agribiz Pagelaran Kabupaten Cianjur  dan  hal ini menunjukkan nilai keeratan hubungan tersebut positif (+). Sedangkan besarnya Pengaruh lingkungan kerja dan kepemimpinan terhadap kinerja Petani  sebesar 45.90% (Koefisien Determinasi) dan sisanya sisanya 44.10%  dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain.


Keywords


Lingkungan kerja, Kepemimpinan, Kinerja petani.

References


A.Anwar Prabu Mangkunegara.2005. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Alex S. Nitisemito.2002. Manajemen Personalia. Cetakan Kesembilan. Edisi Ketiga. Jakarta: Penerbit Ghali Indonesia.

Ahmad Tohari. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusi Bandung:Penerbit CV. Mandar Maju.

Gibson, 1999. Organisaasi . Jakarta: Jembatan.

Hadari Nawawi. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis yang Kompetitif, Cetakan Pertama.Yogyakarta: Penerbit UGM.

Husein Umar. 2002. Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi, Edisi Revisi & Perluasan. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.

H.B. Siswanto .2006. Pengantar Manajemen. Jakarta: Penerbit BumiAksara

I Gusti Ngurah Gorda.2006.Kenneth N. Wexley dan Gary A. Yuki. 2003. Perilaku Organisasi dan Psikologi Personalia. Jakarta:. Penerbit Rineka Cipta.

Malayu Hasibuan.2004.Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi revisi. Bumi Aksara. Jakarta.

Miftah Thoha,2003. Kepemimpinan Dalam Manajemen Suatu Pendekatan Perilaku. Cetakan Kesembilan. Jakarta: Penerbit PT. Raja Grafindo Persada.

Moekijat 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia (Manajemen Ke Petani an), Jakarta: Penerbit Mandar Maju.

Supardi dan Syaiful Anwar. 2002. Dasar-dasar Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Penerbit UII Press.

Soedibjo,S.Bambang. 2005. Pengantar Metode Penelitian. Jurusan Manajemen STIE PASIM Bandung.

Sarah Cook.1999. How To Improve your Customer Service. Jakarta: Gramedia

Sugiyono. 2004. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sondang P. Siagian. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.35194/agsci.v10i2.1155

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGROSCIENCE INDEXED BY :

    

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. (0263) 283579, Email: agroscience@unsur.ac.id 

Agroscience is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.