PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING DAN CONTENT MARKETING INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SAENA SEAFOOD DI KABUPATEN CIANJUR

Muhamad Ginan, Rahmat Taufiq Dwi Jatmika, Fauzan Zikri

Abstract


Saena Seafood merupakan sebuah restoran yang menawarkan olahan makanan laut sebagai poduk utamanya dan memanfaatkan Instagram untuk mempromosikan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Social Media Marketing dan Content Marketing Instagram terhadap Keputusan Pembelian produk Saena Seafood di Kabupaten Cianjur. penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan kuisioner sebagai instumen penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah followers akun Instagram @saena.seafood sebanyak 1835 tahun 2022 dengan perolehan sampel berjumlah 100 responden. Hasil analisis menunjukan bahwa: 1) variabel Social Media Marketing memiliki nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel yaitu 5,420 > 1,984 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang diartikan bahwa Social Media Marketing berpengaruh secara positif terhadap Keputusan Pembelian. 2) variabel Content Marketing memiliki nilai t hitung yang lebih besar dari t tabel yaitu 2,668 > 1,984 dan nilai signifikansi 0,009 < 0,05 yang artinya Content Marketing berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian. 3) variabel Social Media Marketing dan Content Marketing memiliki nilai F hitung yang lebig besar dari F tabel yaitu 119,092 > 3,089 dan nilai signifikansi 0,000 < 0,005 yang artinya Social Media Marketing dan Content Marketing secara bersamaan memiliki pengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian.

 


Keywords


Social Media Marketing, Content Marketing, Keputusan Pembelian

References


Akbar, A. F., & Maharani, N. (2018). Pengaruh Content Marketing terhadap Minat Beli Konsumen pada Jasa Kreatif Yours Bandung. Prosiding Manajemen. Vol. (4) 2 1309-1312. Retrieved link: https://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/manajemen/article/view/13715

Arfan, N. N. (2019). Pengaruh Digital Marketing terhadap Pendapatan Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Makassar. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Agama Islam. Universitas Muhammadiyah: Makassar

Arkhiansyah, M. T. (2021). Penerapan Digital Marketing melalui Sosial Media saat Pandemi Covid-19 dalam Perspektif Pemasaran Syariah di Grosir Bang Iyuz. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Raden Intan: Bandar Lampung.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2022). Profil Internet Indonesia 2022. Retrieved link: https://apjii.or.id/berita/d/apjii-di-indonesia-digital-outloook-2022_857

Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara. (2010). Processing Data Penelitian menggunakan SPSS. Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur IV Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia. Retrieved link: https://aceh.lan.go.id/wp-content/uploads/2018/10/Modul-SPSS.pdf

Elvira, N. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Instagram terhadap Keputusan Pembelian Kuliner UMKM. Skripsi. Tidak diterbitkan. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara: Medan

Kurniawati, N. A., et al. (2022). Penerapan Attention, Interest, Desire, Action (AIDA) terhadap Komunikasi Pemasaran Kerajinan Tangan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Vol. (8) 9: 347-353. Retrieved link: https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/1797

Larissa, I. (2020). Analisa Pengaruh Content Marketing terhadap Repeat Purchase dengan Customer Value dan Customer Engagement sebagai Variabel Intervening pada Traveloka di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. (7). Retrieved link: https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/article/download/10083/9020

Mahendra, F. Z., & Nugroho, D. A. (2021). Pengaruh Content Marketing terhadap Purchase Intention pada Fan Apparel dengan Customer Engagement sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Akun Instagram @Authenticsid. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB. Vol. (9) 2. Retrieved link: https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/7209

Muslihah, F. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Instagram terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion dalam Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan: Bandar Lampung.

Natasya, W. (2014). Apa itu Makanan Seafood? Buletin Anak Gizi. Retrieved link: https://akg.fkm.ui.ac.id/wp-content/uploads/2016/03/BAGI-2015-2.pdf

Nur, N. A. (2021). Pengaruh Social Media Marketing melalui Instagram terhadap Keputusan Pembelian pada Hope Store Bulukumba. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Bisnis dan Perdagangan Internasional. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nobel Indonesia: Makasar.

Pertiwi, D., & Gusfa, H. (2018). Pengaruh Content Marketing terhadap pembentukan Brand Awareness pada Kalbis Institute. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi. Vol (8) 2: 45-57. Retrieved link: https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/mediakom/article/view/3915

Rahmadani, S. (2017). Pengaruh Brand Loyalty, Brand Association, Brand Awareness, dan Perceived Quality terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Go-Jek (Studi Kasus Mahasiswa FEBI UIN-SU). Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Bisnis dan Ekonomi Islam. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara: Medan.

Rasyid, F. (2009). Social Media Marketing: Definisi, Konsep dan Aplikasinya, Retrieved link: https://fikrirasyid.com/social-media-marketing-definisi-konsep-dan aplikasnya/

Sebastian, H. (2018). Analisa Pengaruh Content Marketing terhadap Customer Loyalty dengan Viral Marketing dan Event Marketing sebagai Variabel Intervening dari Radio Suara Surabaya FM. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ekonomi. Universitas Kristen Petra: Surabaya.

Shadrina, R. N., & Sulistyanto, Y. (2022). Analisis Pengaruh Content Marketing, Influencer, dan Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi pada Pengguna Instagram dan Tiktok di Kota Magelang). Diponegoro Journal of Management. Vol. (11) 1: 1-7. Retrieved link: https://repofeb.undip.ac.id/10422/

Sinaga, E. P., et al. (2022). Pengembangan Konten Social Media pada Instagram UMKM Lycies Tahum 2022. E-proceeding of Applied Science. Vol. (8) 5: 533-539. Retrieved link: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/download/18832/18218

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta: Bandung.

Sukron, M. (2021). Pengaruh Social Media Marketing Instagram terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Toko Batik Al-Fath Kota Jambi. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin: Jambi.

Utami, A. T. (2021). Perilaku Konsumen Akibat Pandemi Covid-19 dan Perkembangan E-Commerce. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Sains Terapan. Universitas Suryakancana: Cianjur.

Zikri, F., et al. (2021). Pengaruh Penetapan Harga dan Biaya Promosi terhadap Hasil Penjualan Sepatu Gino Mariani pada PT. Sepatu Mas Idaman. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. (1) 1: 1-33. Retrieved link: https://jurnal.unsur.ac.id/jubis/article/view/1491




DOI: https://doi.org/10.35194/agri.v5i1.3305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGRITA (AGri) INDEXED BY :

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Email: agrita@unsur.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.