PENGGUNAAN BEBERAPA PERANGKAP UNTUK MENGENDALIKAN HAMA PENGGEREK BATANG PADI PANDANWANGI (Oryza sativa var. Aromatic)

Yuliani ,, Ai Resti Anggraeni

Abstract


Padi pandanwangi merupakan padi lokal Cianjur varietas jenis padi bulu (Javanica), padi ini tumbuh pada ketinggian 450-800 mdpl, umur tanaman mulai dari penanaman sampai panen mencapai 155 hari lebih lama daripada padi pada umumnya. Karena lamanya umur tanam padi Pandanwangi mengakibatkan populasi penggerek batang padi dapat berkembang dengan baik di areal penanaman tersebut dikareanakan ketersediaan makanannya selalu tersedia, untuk menekan populasi penggerek batang padi Pandanwangi dilakukan teknik penangkapan hama tersebut menggunakan perangkap lampu, perangkap feromon dan perangkap methyleugenol perangkap tersebut merupakan perangkap yang dapat memerangkap hama tanaman padi. Penelitian ini dilaksanakan di areal penanaman padi Pandanwangi milik Fakultas Sains Terapan Unsur pada bulan Maret-April, menggunaan Rancangan Acak Kelompok yang terdiri dari 4 perlakuan dan 3 kelompok dengan satu sampel dalam masing-masing kelompok, perangkap A (lampu), B (feromon), C (yellow sticy trap) dan D (methyleugenol). Hasil uji lanjut DMRT menunjukkan hasil yang paling tinggi pengaruhnya terhadap populasi penggerek batang padi Pandanwangi yang terperangkap adalah perangkap A (lampu)  diteruskan dengan perangap B (feromon).


Keywords


Penggerek Batang Padi, Perangkap Lampu, Perangkap Feromon, Yellow Sticky Trap, Perangkap Methyleugenol.

Full Text:

PDF

References


Arora, G, S. 2000. Record Of The Zoological Survey Of India. Occasional. June, No 181, hal1-169. Delhi.

Aryantini, L., Supartha, W,I dan Wijaya, N, I. 2015. Kelimpahan Populasi dan Serangan Penggerek Batang Padi pada Tanaman Padi di Kabupaten Tabanan. E-Jurnal Agroteknologi Tropika 4(3):203-212. Fakultas Pertanian Universitas Udayana.

Baehaki, S.E. 2013. Hama penggerek batang padi dan teknologi pengendalian. Iptek Tanaman Pangan. 8(1):1-14.Balai Besar Penelitian Tanaman Padi.

Budimarwanti, C. 1997. Feromon dan Metileugenol, Pengendali Hama Tampa Merusak Lingkungan. Cakrawala Pendidika. (1):141-149.

Hadi, M., Soesilohadi, H, RC., Wagiman, dan Suharjono, R, Y. 2015. Populasi Penggerek Batang Padi pada Ekosistem Sawah Organik dan Sawah Anorganik. Jurnal BIOMA. 17(2):106-117.

Hakim, L., Surya, E dan Muis, A. 2016. Pengendalian Alternatif Hama Serangga Sayuran dengan Menggunakan Perangkap Kertas. Jurnal Agro. 3(2):21-33. Universitas Serambi Mekkah. Banda Aceh.

Hendarsih, S., dan Usyati, N. 1999. Perangkap Feromon Seks untuk Penggerek Batang Padi Kuning Scirpophaga incertulas. Jurnal Perlindungan Tanaman Indonesia. 5(2), 77-82.

Ilham, A, H., Syahta, R., Anggara, F dan Jamaluddin. 2018. Alat Perangkap Hama Serangga Padi Sawah Menggunakan Cahaya dari Tenaga Surya. Journal of Applied Agricultural Science and Technolog. 2(1): 11-19. Program Studi Mesin dan Peralatan Pertanian. Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh.

Laba, W,I., Wahyuno, D dan Rizal,M. 2014. Peran PHT, Pertanian Organik dan Biopestisida Menuju Pertanian Berwawasan Lingkungan dan Berkelanjutan. Prosiding Seminar Nasional Pertanian Organik. 25-34. Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat. Jalan Tentara Pelajar No. 3 Bogor.

Martono, E. 1997. Pengaruh Dan Pemanfaatan Feromon Seks Terhadap Serangga Hama. Jurnal Perlindungan Tanaman Indonesia. 3(2):106-114. Fakultas Pertanian Universitas Gajah Mada.

Masyarakat Pelestari Padi Pandanwangi Cianjur (MP3C). 2015. Buku Persyaratan Permohonan Pendaftaran Indikasi Geografis Beras Pandanwangi Cianjur. Cianjur (ID).

Mulyaningsih, Enung S., D. Puspita, dan L. Salmet. 2009. Dampak Padi Transgenik Mengekspresikan Gen cry IA(b) untuk Ketahanan terhadap Penggerek Batang Padi di Lapang Terbatas terhadap Serangga Bukan Sasaran. Jurnal HPT Tropika. 9(2): 85- 91.

Pertiwi, N, E., Mudjiono, G dan Rachmawati, R. 2013. Hubungan Populasi Ngengat Penggerek Batang Padi yang Tertangkap Perangkap Lampu dengan Intensitas Serangan Penggerek Batang Padi di Sekitarnya. Jurnal Hama Penyakit Tanaman. 1(2):88-95. Universitas Brawijaya Jln. Veteran, Malang.

Ratih, I. S., Karindah, S dan Mudjiono, G. 2014. Pengaruh Sistem Pengendalian Hama Terpadu Dan Konvensional Terhadap Intensitas Serangan Penggerek Batang Padi dan Musuh Alami Pada Tanaman Padi. Jurnal HPT. 2 (3):18-27. Universitas Brawijaya. Malang.

Samudra, M., I. 2011. Perangkap Berferomon Pengendalian Penggerek Batang Padi Kuning. Jurnal Agroinovasi.33(87): 13-14.

Supit, M. M., Tarore, D., Mamahit, J. M., dan Kaligis, J. B. 2014. Penggunaan Beberapa Jenis Perangkap Dengan Feromon Terhadap Kumbang Kelapa (Oryctes Rhinoceros L.) (Coleoptera: Scarabaeidae). Jurnal 5(2). Universitas Unsrat Manado.

Sutiharni dan Pattiasina, W,J. 2017. Kajian Keberadaan Laba-Laba dan Tumbuhan pada Lahan Padi Sawah dalam Mengendalikan Hama Penggerek Batang Padi. Jurnal Agrotek. 5(6):1-11. Fakultas Pertanian UNIPA. Jl Gunung Salju Papua Barat.

Widaningsih , D. 2016. Kajian Bioekologi Hama-Hama Penting Beras dan Upaya Pengendaliannya. Skripsi. Fakultas Pertanian. Universitas Udayana. Denpasar.

Yunus, M., Martono, E., Wijonarko, A dan Soesilohadi, H,RC. 2011. Aktivitas Ngengat Schirpophaga incertulas di Wilayah Kabupaten Klaten. Jurnal Perlindungan Tanaman Indonesia.17 (1):18-25.




DOI: https://doi.org/10.35194/prs.v1i1.817

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Jurnal Pro-STek INDEXED BY :

   

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Email: prostek@unsur.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.