Analisis Kebutuhan Pengembangan Buku Saku Matematika Berbasis Mind Map

Nanang Abdul Salam, Yayan Diansyah, Wahyu Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi pengembangan buku saku berbasis Mind Map. Buku saku berbasis Mind Map merupakan buku pendukung berukuran lebih kecil dari buku standar, secara sistematis sesuai dengan prinsip kerja otak. Penelitian ini dilatar belakangi siswa memerlukan bahan ajar yang praktis ketika belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode survey. Subjek penelitian ini adalah siswa di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Cianjur. Data dikumpulkan menggunakan instrumen yang divalidasi oleh ahli dan diuji pada 64 siswa tahun pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 82,8% responden menjawab matematika sulit dipelajari. Materi yang sulit 61,3% responden menjawab materi Teorema Pythagoras. Kesulitan belajar matematika disebabkan adanya rumus yang harus dihafalkan pada materi tersebut berdasarkan 70,3% responden. Guru berpendapat bahwa sumber belajar tambahan diharapkan dapat merangsang siswa untuk meningkatkan hasil belajar. Adanya sumber belajar diharapkan dapat menjadi solusi terhadap kesulitan belajar yang dialami siswa. Berdasarkan data ini, dapat disimpulkan bahwa siswa membutuhkan sumber belajar yang inovatif dan menarik.


Keywords


buku saku; mind map; bahan ajar

Full Text:

PDF

References


Ainurrizqiyah, Z., Mulyono, & Sutarto, H. (2015). Keefektifan Model PJBL dengan Tugas Creative Mind-Map untuk Meningkatkan Koneksi Matematik Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education., 4(2), 172–179. https://doi.org/10.15294/ujme.v4i2.7600

Amri, S., & Ahmadi, I. K. (2010). Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Budiman, H., & Esvigi, I. (2017). Implementasi Strategi Mathematical Habits of Mind (MHM) Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. PRISMA, 6(1). https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.26

Cahyono, B., Tsani, D. F., & Rahma, A. (2018). Pengembangan Buku Saku Matematika Berbasis Karakter pada Materi Trigonometri. Jurnal Phenomenon, 8(2), 185–199.

Daryanto, D. (2010). Belajar dan Mengajar. Bandung: CV. Yrama Widya.

Dijkstra K, Kipping J, M. N. (2015). The ADDIE Model: Instructional Design. Educational Technology, 44(4), 447–678. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Djasmita, N. K. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Peta Konsep Berbasis Media Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X. UIN Raden Intan Lampung.

Elita, U. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 1(2), 177–182.

Fajriana, N., Abdullah, A., & Safrida, S. (2017). Analisis Miskonsepsi Buku Teks Pelajaran Biologi Kelas XI Semester 1 SMAN di Kota Banda Aceh. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 4(1), 60–65.

Hendriawan, M. A., & Septian, A. (2019). Pengembangan JiMath Sebagai Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Android Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(1), 45. https://doi.org/10.30738/indomath.v2i1.2785

Inayah, S., Septian, A., & Suwarman, R. F. (2020). Student Procedural Fluency in Numerical Method Subjects. Desimal: Jurnal Matematika, 3(1), 53–64. https://doi.org/10.24042/djm.v3i1.5316

Jusniani, N. (2018). Analisis Kesalahan Jawaban Siswa pada Kemampuan Pemahaman Matematis melalui Pembelajaran Kontekstual. PRISMA, 7(1), 82. https://doi.org/10.35194/jp.v7i1.361

Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The effectiveness of problem based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375

Monariska, E. (2017). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus I. PRISMA, 6(1), 17–31. https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.25

Rahmawati, N. I. (2018). Pemanfaatan ICT dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, 1, 381–387.

Septian, A. (2013). Pengaruh Kemampuan Prasyarat terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa dalam Matakuliah Analisis Real. Atikan, 4(2). Retrieved from http://www.mindamas-journals.com/index.php/atikan/article/view/16

Septian, A. (2017). Penerapan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Suryakancana. PRISMA, 6(2). https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.212

Septian, A., Darhim, & Prabawanto, S. (2020). Geogebra in integral areas to improve mathematical representation ability Geogebra in integral areas to improve mathematical representation ability. Journal of Physics: Conference Series, 1613(2020). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012035

Su’udiah, F., Degeng, I. N. S., & Kuswandi, D. (2016). Pengembangan Buku Teks Tematik Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(9), 1744–1748.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suparman, M. A. (2014). Desain Instruksional Modern (Edisi Keempat). Jakarta: Airlangga.

Suryanda, A., Azrai, E. P., & Julita, A. (n.d.). Analisi Kebutuhan Pengembangan Buku Saku Biologi Berbasis Mind Map (BIOMAP). Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 86–98.

Wibowo, S., & Suryani, D. (2013). Pengaruh Promosi Kesehatan Metode Audio Visual Dan Metode Buku Saku Terhadap Peningkatan Pengetahuan Penggunaan Monosodium Glutamat (Msg) Pada Ibu Rumah Tangga. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Journal of Public Health), 7(2).

Widyastuti, E., & Susiana. (2019). Using the ADDIE model to develop learning material for actuarial mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012052




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.963

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.