Efektivitas Penerapan Metode Hypnoteaching terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP

Arga Dinasty, I Putu Pasek Suryawan, I Made Sugiarta

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh metode hypnoteaching terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Muncar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperiemen semu (quasi experiment) dengan rancangan post test only control grup. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Muncar tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 274 orang. Penentuan sampel dilakukan dengan cara teknik cluster random sampling yang disyaratkan terpenuhinya kesetaraan populasi menggunakan uji ANAVA satu jalur. Data penelitian adalah motivasi belajar matematika siswa yang diperoleh melalui penyebaran instrumen di akhir penelitian. Data dianalisis menggunakan uji Liliefors, uji Levene dan uji t satu ekor dengan taraf signifikasi 5%. Hasil analisis menunjukkan nilai thitung­ = 3,032 >  ttabel  = 1,996 sehingga tolak H0 dan H1 diterima. Hasil analisis menjelaskan bahwa motivasi belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran metode hypnoteaching  lebih tinggi daripada motivasi belajar matematika siswa kelompok yang mengikuti pembelajaran konvensional. Disimpulkan bahwa metode hypnoteaching berpengaruh positif terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Muncar.

Keywords


efektivitas; metode hypnoteaching; motivasi belajar matematika

Full Text:

PDF

References


Agustina, W., & Wahyuni, S. (2019). Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Intensitas Kegiatan Brain Gym pada Pembelajaran Matematika. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 4(2), 93. https://doi.org/10.29100/jp2m.v4i2.960

Amalia, R., Zaki, M., & Sofiyan, S. (2019). Pendampingan Anak-anak Usia Sekolah dalam Rangka Implementasi Hypnoteaching untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika di Kuala Langsa. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA Dan Pendidikan MIPA, 3(2), 80–88. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v3i2.23679

Bali, M. M. E. I., & Masulah, I. (2019). Hypnoteaching: Solusi Siswa Learning Disorder. At-Turats, 13(1), 89–103. https://doi.org/10.24260/at-turats.v13i1.1188

Budiman, H., & Rosmiati, M. (2020). Penerapan Teori Belajar Van Hiele Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Prisma, 9(1), 47. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.845

Dewi, P. S. (2018). Efektivitas Pendekatan Open Ended Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. PRISMA, 7(1), 11–19. https://doi.org/https://doi.org/10.35194/jp.v7i1.340

Diantari, P., Wiarta, W., & Negara, G. A. O. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Hypnoteaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3103

Eccles, J. S., & Wigfield, A. (2002). Motivational Beliefs, Values, and Goals. Annual Review of Psychology, 53(1), 109–132. https://doi.org/10.1146/annurev.psych.53.100901.135153

Fatimah, R. N., dkk. (2019). Teknik Probing-Promting Scaffolding pada Pemecahan Masalah Matematis. Prisma, 8(2), 146–159.

Hasbullah, H., & Rahmawati, E. Y. (2015). Pengaruh Penerapan Metode Hypnoteaching Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 83–90. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i1.163

Hasibuan, E. K. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Di Smp Negeri 12 Bandung. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1), 18–30. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1766

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187–203. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini ). 4(1), 30–41.

HM Anwar, M. (2017). Menciptakan Pembelajaran Efektif Melalui Hypnoteaching. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 16(2), 469–480. https://doi.org/10.30863/ekspose.v16i2.106

Inayah, S., Septian, A., & Suwarman, R. F. (2020). Student Procedural Fluency in Numerical Method Subjects. Desimal: Jurnal Matematika, 3(1), 53–64. https://doi.org/10.24042/djm.v3i1.5316

Kasmaja, H. (2016). Efektivitas Implementasi Metode Hypnoteaching untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa SMP Negeri. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(1), 33–45. https://doi.org/10.26858/est.v2i1.1889

Kusuma, D. A. (2019). Penerapan Ethnomathematics dan Hypnoteaching pada Mata Kuliah Matematika Kimia. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 165–176. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.2279

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19) (p. 300). p. 300.

Mertasari, N. M. S. (2003). Pengaruh Model Tes Terhadap Motivasi Belajar Matematika dengan Mempertimbangkan Tingkat Kesukaran Tes. (tidak diterbitkan).Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Negeri Singaraja.

Miftakhurozaq, M. (2018). Implementasi Metode Hypnoteaching dalam Pembelajaran PAI. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 83–104. https://doi.org/10.21274/taalum.2018.6.1.83-104

Ndiung, S., Sennen, E., Helmon, A., & Jediut, M. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Treffinger dalam Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Sekolah Dasar. PRISMA, 9(2), 167–178.

Parwati, N. N., Suryawan, I. P. P., & Apsari, R. A. (2018). Belajar dan Pembelajaran (1st ed.). Singaraja: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.

Qomario, Q. (2018). Pengaruh Hypnoteaching Dalam Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), 46–55. https://doi.org/10.24176/re.v9i1.2808

Sadirman, A. M. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Safitri, D. N., & Purnamasari, N. I. (2017). Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan. Journal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.26638/je.264.2064

Salami. (2017). Hypnotic Teacher Dan Hypnoteaching. 3(1), 34–44.

Septian, A., Darhim, & Prabawanto, S. (2020a). Geogebra in integral areas to improve mathematical representation ability. Journal of Physics: Conference Series, 1613(1), 012035. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012035

Septian, A., Darhim, & Prabawanto, S. (2020b). Mathematical representation ability through geogebra-assisted project- based learning models. Journal of Physics : Conference Series, 1657(1), 012019. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012019

Suryawan, I. P. P., & Permana, D. (2020). Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Prisma, 9(1), 108. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.929

Suwarman, R. F. (2018). Analisis Tingkat Kemampuan Pemahaman Konsep. Jurnal Prisma, VII(2), 227–237.

Trisnawati, F. (2020). Gambaran Perilaku Burnout di SMP Negeri 2 Pedamaran. JUANG: Jurnal Wahana Konseling, 3(1), 53–62. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31851/juang.v3i1.4893

Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study at Home : Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.252

Yan, N. (2010). The Secret of Stage Hypnosis Revealed. Jakarta: Jakarta: Gramedia.

Yustisia, N. (2012). Hypnoteaching : Seni Mengeksplorasi Otak Siswa. Yogyakarta: Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1302

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 PRISMA

Prisma Indexing : 

      

  

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.