Meningkatkan Kompetensi Siswa SDN Ciranji
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan pembelajaran yang inovatif dan berfokus pada pemberian dukungan tambahan kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas 4 dan 5 di SDN Ciranji. Data dikumpulkan melalui tes kompetensi awal dan akhir, observasi pembelajaran, dan wawancara dengan guru. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kompetensi siswa setelah penerapan metode pembelajaran inovatif ini.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pendekatan pembelajaran inovatif dapat efektif dalam meningkatkan kompetensi siswa. Dukungan tambahan kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar juga membantu dalam meningkatkan kompetensi mereka. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi sekolah-sekolah lain dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan dasar di Indonesia.
Abstract
This research aims to improve student competency at the elementary school level. This research was conducted using an innovative learning approach method and focuses on providing additional support to students who experience learning difficulties. The method used in this research is the experimental method. The research sample consisted of students in grades 4 and 5 at SDN Ciranji. Data was collected through initial and final competency tests, learning observations, and interviews with teachers. The results of data analysis show a significant increase in student competence after implementing this innovative learning method. The conclusion of this research is that innovative learning approaches can be effective in increasing student competence. Additional support to students who experience learning difficulties also helps in improving their competence. It is hoped that this research can become a reference for other schools in efforts to improve the quality of basic education in Indonesia.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aulia, R. N., Rahmawati, R., & Permana, D. (2020). Peranan penting evaluasi pembelajaran bahasa di sekolah dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 1–9. https://belaindika.nusaputra.ac.id/article/view/22
Hapsari, I. I., & Fatimah, M. (2021). Inovasi Pembelajaran Sebagai Strategi Peningkatan Kualitas Guru Di SDN 2 Setu Kulon. Standarisasi Pendidikan Sekolah Dasar Menuju Era Human Society 5.0, 187–194.
Nuryaningsih, W. D. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Berkolaborasi Google Classroom dan WhatsApp Group untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa dalam Menulis Teks Eksplanasi. Jurnal Paedagogy, 8(2), 159. https://doi.org/10.33394/jp.v8i2.3540
Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Pendidikan Ipa Sd Mahasiswa Pgsd Undiksha Upp Singaraja. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 60–71. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9059
Sakti, A. (2023). Meningkatkan Pembelajaran Melalui Teknologi Digital. Jurnal Penelitian Rumpun Ilmu Teknik (JUPRIT), 2(2), 212–219. https://doi.org/10.55606/juprit.v2i2.2025
Yuwanita, I., Dewi, H. I., & Wicaksono, D. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa. Instruksional, 1(2), 152. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.152-158
Zubaidah, S. (2018). Keterampilan Abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan Melalui Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Biologi, June, 1–25.
DOI: https://doi.org/10.35194/je.v5i1.3840
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Suryakancana University Research and Service Institute.
Suryakancana University Rectorate Building, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216,Tlp. 0263-270106, Fax.0263-261383, E-mail: je@unsur.ac.id
Copyright:JE (Journal of Empowerment) This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.