PENGENALAN TEKNIK LATIHAN NAFAS, SUARA, DAN RASA UNTUK PEMBELAJARAN DRAMA BAGI GURU SE-KABUPATEN KUNINGAN

Aan Anjasmara, Tifani Kautsar, Andriyana Andriyana

Abstract


ABSTRAK

Pengajaran sastra pada materi drama sangat dibutuhkan guru untuk mengasah kreatifitas dan kemampuan berfikir kritis dalam sebuah pementasan drama. Drama sebagai karya sastra dan karya pentas merupakan dua hal yang penting untuk diajarkan disekolah. Pengabdian tentang pengajaran drama bagi guru diperlukan untuk membangun konstruksi pemahaman yang ajek tentang permainan drama. Tekik dasar bermain drama sebagai aktor memiliki latihan dasar yang harus dikuasai mulai dari olah raga, nafas/suara, dan olah sukma yang diajarkan kepada guru untuk dipraktikkan kepada siswa. Pengabdian dilaksanakan dengan metode PRA (Participatory Rural Appraisal) yang melibatkan semua orang dan semua partisipan ikut aktif dalam proses pengabdian. Proses pengabdian melakukan praktik langsung terhadap materi yang diberikan dan melakukan evaluasi bersama. Dari proses yang dilakukan memunculkan hasil yang positif dari respon guru dan bukti ikut serta mereka dalam setiap kegiatan yang dilakukan bersama pemateri dan partisipan. Keberhasilan program ini dapat diukur dari animo mereka yang hadir dari banyak sekolah di Kabupaten Kuningan. Hasil evaluasi menghasilkan materi keaktoran dan make up diperlukan untuk pembelajaran drama di sekolah.

ABSTRACT

Teaching literature on drama material is needed by teachers to hone creativity and critical thinking skills in a drama performance. Drama as a literary work and a performance work are two important things to be taught in schools. Dedication to teaching drama for teachers is needed to build a construct of a firm understanding of drama play. The basic techniques of playing drama as an actor have basic exercises that must be mastered starting from sports, breath/sound, and spiritual sports that are taught to teachers to practice to students. Community service is carried out using  the PRA (Participatory Rural Appraisal) method which involves everyone and all participants actively participate in the service process. The midwifery process conducts direct practice on the material provided and conducts joint evaluations. From the process carried out, positive results emerged from the teacher's response and evidence of their participation in every activity carried out with speakers and participants. The success of this program can be measured from the interest of those who attended from many schools in Kuningan Regency. The results of the evaluation produce acting and makeup materials needed for drama learning at school.


Keywords


Drama; Guru; Pembelajaran; Pengabdian; Pengajaran; Devotion; Drama; Learning; Teacher; Teaching.

References


Aryani, M. F., Hasyim, N., & Prayitno, H. J. (2010). Pembinaan dan pementasan teater sekolah serta fungsinya dalam pembelajaran apresiasi drama di kelas XI SMA Pangudiluhur Surakarta.

Bloomfield, A., & Childs, J. (2013). Teaching integrated arts in the primary school: Dance, drama, music, and the visual arts. api.taylorfrancis.com. https://api.taylorfrancis.com/content/books/mono/download?identifierName=doi&identifierValue=10.4324/9781315068800&type=googlepdf

Cinthya, A., & Bachrun, A. S. (2016). Kajian terhadap ruang tata panggung teater tradisional. Vitruvian: Jurnal Arsitektur, Bangunan, Dan Lingkungan, 5(2), 265295.

Hamzah, D. S. (2014). Penggunaan Teknik Lotov (Latihan Olah Tubuh Dan Olah Vokal) Dalam Pembelajaran Dramatisasi Puisi. Bahtera Bahasa: Antologi Pendidikan Bahasa Dan …. https://ejournal.upi.edu/index.php/PSPBSI/article/view/432

Lazuardi, D. R., & Nugroho, A. (2019). Mengoptimalkan Kearifan Lokal pada Matakuliah Apresiasi Drama. Seminar Nasional Pendidikan …. https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/10279

Masunah, J., & Narawati, T. (2003). Seni dan pendidikan seni: sebuah bunga rampai. P4ST UPI.

Rachmani, A. (2021). Naskah Drama “Wanci†Untuk Bahan Pembelajaran Apresiasi Drama Di Sma Kelas XII. JALADRI: Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa …. http://jurnal.upmk.ac.id/index.php/jaladri/article/view/1153

Susetyo, S. (2023). Optimalisasi Peran Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Menanamkan Wawasan Mitigasi Bencana. Prosiding Seminar Nasional PIBSI Ke-44 Yogyakarta, 44(1), 48–66.

Tjokroatmodjo, D. (1985). Pendidikan Seni Drama Suatu Pengantar. Surabaya: Usaha Nasional.

Wicaksono, A. B., Rakhmawati, A., & Suhita, R. (2018). Naskah Drama Senja dengan Dua Kelelawar Karya Kridjomulyo: Kajian Psikologi Sastra dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar Apresiasi Drama di Sekolah …. BASASTRA. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bhs_indonesia/article/view/12220




DOI: https://doi.org/10.35194/je.v4i1.3261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

Suryakancana University Research and Service Institute.

Suryakancana University Rectorate Building, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216,Tlp. 0263-270106, Fax.0263-261383, E-mail: je@unsur.ac.id 

Lisensi Creative Commons
Copyright:JE (Journal of Empowerment) This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.