MENUMBUHKAN JIWA WIRAUSAHA SEJAK DINI MELALUI PENGENALAN KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH DASAR

Elis Homsini Maolida, Vina Aini Salsabila, Terry Aprillia

Abstract


ABSTRAK

Kewirausahaan menjadi salah satu cara untuk memajukan perekonomian masyarakat. Agar berkembang dengan baik, kewirausahaan perlu dikenalkan sejak dini agar terbentuk jiwa yang siap berkarya, percaya diri, mau terus mencoba dan kreatif. Alasan itulah yang mendorong pengabdian pada masyarakat berupa pengenalan kewirausahaan sejak dini. Dalam pengenalan kewirausahaan tersebut, 55 siswa kelas 6 dari satu sekolah dasar di Cianjur menjadi peserta. Kegiatan ini menerapkan Teknik ceramah/presentasi, kolaborasi melalui kerja kelompok, simulasi dengan bermain peran dan unjuk kebolehan. Kegiatan pengenalan kewirausahaan sejak dini terbagi dalam 6 sesi yaitu sesi pertama mengenalkan pengertian wirausaha dan kewirausahaan, sesi kedua berisi motivasi dengan mengenalkan pengusaha pengusaha cilik yang sukses di usia sangat muda, sesi tiga sharing wirausaha dari salah satu mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang sukses berwirausaha, sesi empat berisi tentang penggalian kreativitas anak, sesi lima belajar menjadi percaya diri untuk memasarkan produk, sesi enam diisi dengan unjuk kebolehan anak anak dalam kelompok untuk menggali ide kreatif dalam mengembangkan produk dan memasarkan produk. Hasil unjuk kebolehan memperlihatkan bahwa pengenalan kewirausahaan membantu anak anak untuk mengasah kreativitas dan mendorong rasa percaya diri. Selain itu, observasi dan wawancara juga memperlihatkan bahwa anak-anak memberi respon yang positif terhadap kegiatan pengenalan kewirausahaan dan sebagian besar menyampaikan ketertarikan dan keinginan untuk berwirausaha.

ABSTRACT

Entrepreneurship is one of strategies to improve our economy. In supporting this, entrepreneurship should be introduced earlier to create characters of entrepreneur, confidence, persistence and creative.  This leads us to community service by introducing entrepreneurship to young learners. In this activity, 55 students of 6th graders from an elementary school in Cianjur were involved. This community service implemented lecturing/presentation technique, collaboration through group work, simulation through roleplaying and participants’ performance. Six sessions were conducted including introducing young learners to the terms ‘entrepreneur’ and ‘entrepreneurship’, motivating young learners by introducing several successful young entrepreneurs, sharing from two Kuliah Kerja Nyata (KKN) participants with successful entrepreneur experience, developing young learners’ creativity, developing confidence in marketing products, and group work of performing young learners’ ability in developing and marketing product. The result shows that introducing entrepreneurship facilitates young learners in developing creativity and confidence. In addition, observation and interview also reveal that young learners gave positive responses toward this activity and most of them expressed their interest and willingness to be entrepreneurs. 

 


Keywords


Anak; Kewirausahaan; Pelatihan; Pengabdian; Sekolah; Child; Entrepreneurship; Training; Devotion; School.

References


Aditi, B. (2017). Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat: Membangun Motivasi Dan Kreativitas Berwirausaha Di SMU Negeri 2 Binjai.

Dewi, R. R., Anisa, N. N., & Suryo, I. (2019). Menumbuhkan Wirausaha Baru Bagi Mahasiswa dilingkungan UNIBA Surakarta. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2.

Erisna, N. (2016). Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat: Penyuluhan Kewirausahaan, Tentang Peningkatan Pendapatan Melalui Bisnis Keluarga. Kepada Perkumpulan Ibu-Ibu Arisan Warga Rt. I. Kelurahan Sukabumi Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung.

Erlangga, H. (2022). The Meaning, Benefit and Importance of Development Entrepreneurship in Higher Education. Asian Journal of Contemporary Education, 3(2), 105–110. https://doi.org/10.18488/journal.137.2019.32.105.110

Hassi, A. (2016). Effectiveness of early entrepreneurship education at the primary school level: Evidence from a field research in Morocco. Citizenship, Social and Economics Education, 15(2), 83–103. https://doi.org/10.1177/2047173416650448

Kardiana, T. C. (2019). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, Kepercayaan Diri dan Ekspektasi Pendapatan terhadap Minat Berwirausaha di Kelas XI SMA Negeri 3 Semarang. Universitas Negeri Semarang.

Maolida, E. H., & Anjaniputra, A. G. (2017). Meningkatkan Kompetensi Guru Bahasa Inggris di Sekolah Dasar Melalui Pelatihan Penerapan Teknik Bermain, Bernyanyi, dan Bercerita dalam Pengajaran Bahasa Inggris. Journal of Empowerment, 1(2), 153–166.

Maolida, E. H., & Savitri, L. (2017). Encouraging Students’ Involvement in Drama Performance. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR). Ninth International Conference on Applied Linguistics (CONAPLIN 9), 109–112.

Mardiyatmo. (2008). Kewirausahaan Untuk Kelas X SMK. Indonesia Printing.

Novilia, E., Muwarni, D., & Indrawati, A. (2016). Parenting Style in Entrepreneurship Building on Children. IOSR Journal of Business and Management, 18(10), 76–81. www.iosrjournals.org

Paço, A. M. F. Do. (2011). Teaching entrepreneurship to children: A case study. Journal of Vocational Education and Training. https://doi.org/10.1080/13636820.2011.609317

Rachmadyanti, P., & Wicaksono, V. D. (2016). Pendidikan Kewirausahaan Bagi Anak Usia Dini di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nsaional Inovasi Pendidikan.

Universitas Suryakancana. (2018). Buku Pedoman (Kuliah Kerja Nyata) Tahun Akademik 2019-2020.

Wardhani, R. K. (2013). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan Dan Self –Efficacy Terhadap Motivasi Berwirausaha Siswa Program Keahlian Jasa Boga Smk Negeri 3 Wonosari.

Zaenuri, A. (2021). Pentingnya Penerapan Kewirausahaan Sejak Dini Dalam Rangka Menumbuhkembangkan Mentalitas Wirausaha. http://kewirausahaan-s1.stekom.ac.id/




DOI: https://doi.org/10.35194/je.v3i1.2411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

JE (Journal of Empowerment) Indexed by :

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Suryakancana (LPPM UNSUR).

Gedung Rektorat Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. 0263-270106, Fax. 0263-261383, Email: je@unsur.ac.id 

Creative Commons License
Copyright: JE (Journal of Empowerment) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.