PROGRAM PEMELIHARAAN KARYAWAN DALAM MENCAPAI TUJUAN INSTITUSI

Tanto Heryanto

Abstract


ABSTRAK

Manusia selalu berperan aktif dan dominan dalam setiap kegiatan organisasi, karena manusia menjadi perencana, pelaku, dan penentu terwujudnya tujuan organisasi.Tujuan tidak mungkin terwujud tanpa peran aktif karyawan meskipun alat-alat yang dimiliki perusahaan begitu canggih. Karyawan adalah asset (kekayaan) utama setiap organisasi, yang selalu ikut berperan aktif dan paling menentukan tercapai tidaknya tujuan organisasi. Oleh karena itu, karyawan perlu mendapat pemeliharaan sebaik-baiknya dari pimpinan organisasi/perusahaan. Artikel dari artikel ini yaitu untuk menganalisis tujuan organisasi dalam pemeliharaan karyawan. Pendekatan yang digunakan dalam artikel ini yaitu kualitatif dengan metode deskriptif analitik. Kesimpulan dari artikel ini yaitu pemeliharaan (maintenance) karyawan haruslah mendapat perhatian yang sungguh-sungguh dari manajer/pimpinan. Jika pemeliharaan karyawan kurang diperhatikan, semangat kerja, sikap, dan loyalitas karyawan akan menurun. Absensi dan turnover meningkat, disiplin akan menurun, sehingga fungsi pengadaan, pengembangan, kompensasi dan pengintegrasian yang telah dilakukan dengan baik dan biaya yang besar kurang berarti untuk menunjang tercapainya tujuan organisasi/perusahaan. Pemeliharaan karyawan bertujuan untuk mempertahankan atau meningkatkan kondisi fisik, mental, dan sikap karyawan agar mereka tetap loyal dan bekerja produktif untuk menunjang tercapainya tujuan organisasi/perusahaan. Untuk mewujudkan pemeliharaan karyawan yang baik, perusahaan atau organisasi harus melakukannya dengan metode; komunikasi yang baik, insentif yang adil dan layak, pemberian kesejahteraan, keselamatan dan kesehatan kerja, serta dilaksanakannya hubungan industrial Pancasila.

ABSTRACT

Humans always play an active and dominant role in every organizational activity, because humans become planners, actors, and determinants of the realization of organizational goals. Goals cannot be realized without the active role of employees even though the tools owned by the company are so sophisticated. Employees are the main asset (wealth) of every organization, who always play an active role and most determine whether or not the organizational goals are achieved. Therefore, employees need to get the best possible care from the leadership of the organization/company. The article of this article is to analyze organizational goals in employee maintenance. The approach used in this article is qualitative with the analytical descriptive method. The conclusion of this article is that employee maintenance must receive serious attention from the manager/leader. If employee maintenance is not paid attention to, employee morale, attitude and loyalty will decline. Attendance and turnover increase, discipline will decrease, so that the functions of procurement, development, compensation and integration that have been carried out properly and at large costs do not mean to support the achievement of organizational/company goals. Employee maintenance aims to maintain or improve the physical, mental, and attitude conditions of employees so that they remain loyal and work productively to support the achievement of organizational/company goals. To achieve good employee maintenance, a company or organization must do it by method; good communication, fair and proper incentives, provision of occupational welfare, safety and health, and implementation of Pancasila industrial relations.


Keywords


Pemeliharaan; Metode Pemeliharaan; Tujuan Organisasi/Perusahaan; Maintenance; Maintenance Methods; Organizational/Company Goals.

Full Text:

PDF

References


Anoraga, Pandji, 2000, Manajemen Bisnis, Rinneka Cipta, Jakarta.

Effendi, Marihot Tua, 2002, Manajemen Sumber Daya Manusia, Grasindo, Jakarta.

Hasibuan, Malayu SP, 2007, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bumi Aksara, Jakarta.

Handoko, T. Hani, 2003, Manajemen, Ed 2, BPFE, Yogyakarta.

Mangkunegara, Anwar Prabu, 2009, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Martoyo, Susilo, 2000, Manajemen Sumber Daya Manusia, BPFE, Yogyakarta.

Thoha, Miftah, 2003, Perilaku Organisasi, Raja Grafindo, Jakarta.

Terry, Georgr R. dan Leslie W. Rue, 2005, Dasar-Dasar Manajemen, Bumi Aksara, Jakarta

Sukmadinata,Nana Syaodih,2008, Metode Penelitian Pendidikan., Remaja Rosdakarya, Bandung.

Wibowo, 2011, Manajemen Perubahan, Ed 3, Rajawali Press, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.35194/eeki.v1i1.1139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

El-Ecosy : Jurnal Study Ekonomi Syariah INDEXED BY :

     

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.