Pengembangan Materi Teks Negosiasi Berbasis Media Video Alight Motion

Elra Azmi Masfufah, Trisnawati Hutagalung

Abstract


This article will describe the process of developing negotiation text material based on Alight Motion video media in class X IPS at SMA Negeri 7 Medan. The research was conducted using the Research & Development (R&D) approach with the method developed by Borg and Garl which was modified by Sugiyono. In the research, several stages were carried out, namely: a) potential and problems, b) data collection, c) product design, d) product validation, and e) product revision. The results showed that based on material expert validation, an average percentage of 88% was obtained and media experts obtained an average percentage of 90% and were included in the very good category. Therefore, overall it can be said that the feasibility of the product is in the very good category. The product of developing negotiation text material based on Alight Motion video media is in the form of a video with a duration of 10 minutes and 13 seconds which presents the main points of the material being taught as well as additional material for students related to negotiation texts such as understanding negotiation texts, negotiating text structures, linguistic rules of negotiation texts, how to identify persuasive sentences in the negotiating text, and write the negotiation text.

Keywords: Alight Motion; media; negotiation text

Abstrak

Artikel ini akan mendeskripsikan  proses pengembangan materi teks negosiasi berbasis media video Alight Motion di kelas X IPS SMA Negeri 7 Medan. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan Research & Development (R&D) dengan metode yang dikembangkan oleh Borg dan Garl yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Dalam penelitian, dilakukan beberapa tahap, yakni: a) potensi dan masalah, b) pengumpulan data, c) desain produk, d) validasi produk, e) revisi produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan validasi ahli materi diperoleh rata-rata persentase 88% dan ahli media diperoleh rata-rata persentase 90% dan masuk dalam kategori sangat baik. Oleh karena itu, secara keseluruhan dapat dikatakan secara kelayakan produk berada dalam kategori sangat baik. Produk pengembangan materi teks negosiasi berbasis media video Alight Motion berupa video berdurasi 10 menit 13 detik yang menyajikan pokok-pokok materi yang tengah diajarkan serta sebagai materi tambahan siswa terkait teks negosiasi seperti: pengertian teks negosiasi, struktur teks negosiasi, kaidah kebahasaan teks negosiasi, cara mengindentifikasi kalimat persuasif dalam teks negosiasi, dan menuliskan teks negosiasi.

Keywords: Alight Motion; media; teks negosiasi 


Full Text:

PDF

References


Ali Mudlofir. Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori Ke Praktik. PT. RajaGrafindo Persada, 2016.

Ayuningtias, Tri Andini. Pengembangan Bahan Ajar Teks Negosiasi Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Siswa Kelas X SMK Tritech Informatika Medan. Universitas Negeri Medan, 2019.

Banurisman, Helmi. Pengembangan Media Pembelajaran Teks Negosiasi Berbasis Multimedia Untuk Siswa Kelas X SMA. Universitas Negeri Jember, 2019.

Feinberg, Matthew. Alight Motion. 3.9.0, Alight Creative Inc, 2021.

Fitria, Lailatul. “Sejarah Perkembangan Teknologi Pembelajaran.†Jurnal Tekpen, vol. 1, no. 2, 2018, pp. 929–30.

Hayati, Noveri Amal Jaya Harefa dan Eti. Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Dan Teknologi Informasi. UNPAM Press, 2021.

Hutaen, Feronika. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Negosiasi Berbasis Literasi Siswa Kelas X SMA Swasta Santa Lusia. Universitas Negeri Medan, 2018.

Rahmawati, Ida Yeni, and Binti Yulianti. “Kreativitas Guru Dalam Proses Pembelajaran Ditinjau Dari Penggunaan Metode Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Wabah.†AL-ASASIYYA: Journal Basic of Education, vol. 5, no. 1, 2020, pp. 27–39.

Ratih, Dwi, and Wahyu Ningtias. “Penggunaan Aplikasi Articulate Storyline.†Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, vol. 11, no. 1, 2021, pp. 25–36.

Rochmiyati, Amelya Rizcki Agusta dan Siti. “Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Dengan Media Audio-Visual Pada Siswa Kelas X TSM 1 SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta Tahun Pembelajaran 2014/2015.†Cakara, vol. 2, no. 2, 2016, pp. 72–83.

Sholehhudin, Dkk. “Analisis Keterampilan Menulis Teks Negosiasi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Audio Visual Pada Siswa Kelas X.†Jurnal Pendidikan Edutama, vol. 5, no. 1, 2020, pp. 1–9.

Simamora, Evrida Serasi. Kemampuan Menulis Teks Negosiasi Pada Siswa Kelas X Akuntansi Dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Sidikalang Tahun Pembelajaran 2019/2020. Universitas Negeri Medan, 2020.

Yohannes, Marryono, Jsmun. “Dampak Teknologi Terhadap Dunia Pendidikan.†Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio 10, no. 10, 2018, pp. 48–52.

Yusril, Farhania Putri. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Bidang Pendidikan.†E-Education, vol. 2, no. 1, 2019, doi:10.31219/osf.io/ycfa2.

Zaenab, Ulfah Siti. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Materi Teknik Animasi Dua Dimensi Menggunakan Macromedia Flash (Studi Kasus Pada SMK Negeri 1 Mesjid Raya). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh, 2018.




DOI: https://doi.org/10.35194/alinea.v11i2.2540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran indexed and suported by:

width=

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.