Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pembelian Sayuran di Pasar Tradisional (Studi Kasus Pasar Muka Cianjur)

Dedeh Siti Saodah & Rosda Malia

Abstract


Sayuran merupakan tanaman hortikultura yang memiliki nilai komersial yang cukup tinggi, serta memiliki potensi serapan pasar di dalam dan luar negeri yang terus meningkat. Sayuran saat ini telah mampu memasok kebutuhan konsumen dalam negeri melalui pasar tradisional dan pasar modern. Pasar-pasar modern mempunyai banyak kelebihan. Namun kehadiran pasar modern tidak mengurangi minat konsumen untuk berbelanja di pasar tradisional. Hal ini dapat diindikasikan bahwa keputusan konsumen terhadap pembelian sayuran di pasar tradisional masih tinggi. Tujuan penelitian ini adalah : 1) mengetahui pengaruh dari gaya hidup, sikap, kualitas, harga dan lokasi secara simultan terhadap keputusan pembelian sayuran di Pasar Muka Cianjur. 2) mengetahui pengaruh dari gaya hidup, sikap, kualitas, harga dan lokasi secara parsial 3) Untuk mengetahui faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sayuran di Pasar Muka Cianjur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yaitu memberi gambaran dan uraian pengaruh gaya hidup (X1), sikap (X2), kualitas (X3), harga (X4) dan lokasi (X5) terhadap keputusan pembelian (Y) sayuran, yang dianalisis menggunakan analisis jalur/ path analysis. Hasil analisis menunjukan bahwa : 1) variabel gaya hidup, sikap, kualitas, harga dan lokasisecara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian 2) Variabel gaya hidup, harga dan lokasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian 3) variabel yang berpengaruh paling dominan adalah variabel gaya hidup.

References


Basuki, S. 2010. Metode Penelitian. Penaku. Jakarta.

Ghozali, I. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Kotler. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Revisi. Jilid 2. Jakarta : PT.Prenhalindo.

Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2, Edisi 12, Erlangga. Jakarta.

Kotler dan Keller, 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid

I, Edisi ke 13, Erlangga. Jakarta.

Kreitner, Robert. 2005. Organizational Behavior. Salemba Empat. Jakarta.

Lamb, W.Hair, Mc. Daniel, Carl. 2001. Pemasaran. Buku Satu, Edisi Pertama, Salemba Empat. Jakarta.

Minor, Mowen. 2002. Perilaku Konsumen. Jilid I, Edisi Kelima, Erlangga. Jakarta.

Mulyadi. 2012. Akuntansi Biaya. Edisi kelima, UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Purba, Ester B.A. 2014. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Membeli Sayuran di Pasar Tradisional (Studi Kasus : Pasar Tradisional di Kota Medan). Departemen Agribisnis FP USU. Medan.

Sarwono, J. 2007 Analisis Jalur untuk Riset Bisnis dengan SPSS. Andi Offset. Yogyakarta.

Setiadi N.J. 2003. Perilaku Konsumen Konsep Dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Kencana. Jakarta.

Simamora, B. 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Soekirno, S. 2007. Makro Ekonomi Modern. PT.Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Solimun. 2002. Struktural Equations Modelling (SEM). Lisrel dan Hines, Fakultas MIPA. Universitas Brawijaya. Malang.

Sugiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R &D. Alfabeta. Bandung.

Suprapti, N. 2010. Perilaku Konsumen, Pemahaman Dasar dan Aplikasinya Dalam Strategi Pemasaran. Udayana University Press. Bali.

Tandjung, J. 2004. Marketing Management : Pendekatan Pada Nilai-Nilai Pelanggan. EdisiKedua, Cetakan Kedua, Bayumedia Publishing. Malang.

Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi III, CV.Andi Offset.Yogyakarta.

Yamato. 2011. Kekurangan Dan Kelemahan Pasar Modern Dan Pasar Tradisional . CV. Andi. Yogyakarta.

Zulganef. 2006. Alat Pengukuran Instrumen Penelitian. PT. Prenhalindo. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.35194/agsci.v7i1.51



AGROSCIENCE INDEXED BY : 

             

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. (0263) 283579, Email: agroscience@unsur.ac.id 

Agroscience is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.