EFEKTTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI INSTAGRAM DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI KONSUMEN NEGRI KOPI SARONGGE

Endah Lisarini, Alif Lazuardi

Abstract


Salah satu literasi era industry 4.0 adalah Teknologi Informasi. Segala bentuk informasi dan komunikasi dilakukan secara digital tidak terkecuali informasi dan komunikasi pemasaran. Negri Kopi Sarongge menggunakan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran produknya. Seberapa efektif penggunaan Instagram tersebut dalam mempengaruhi keputusan membeli konsuumen menjadi hal menarik untuk dikaji. Untuk itu dilakukan penelitian dengan tujuan : 1) mengkaji pengaruh kualitas komunikasi pemasaran melalui Instagram terhadap efektivitas komunikasi pemasaran; 2) mengkaji pengaruh kuantitas komunikasi pemasaran melalui Instagram terhadap efektivitas komunikasi pemasaran; 3) mengkaji pengaruh kualitas dan kuantitas komunikasi pemasaran secara simultan terhadap efektivitas komunikasi pemasaran; 4) mengkaji pengaruh efektivitas komunikasi pemasaran terhadap keputusan membeli konsumen Negri Kopi. Data primer dan data sekunder penelitian dihimpun dari 100 responden pengikut akun Instagram Negri Kopi Sarongge. Karakteristik responden secara umum adalah : didominasi laki-laki (62%), sebagian besar berusia 21 – 30 tahun (77%), terbanyak berpendidikan S1 (61%) dan yang paling lama mengikuti lebih dari setahun sebanyak 42%. Pengikut akun Instagram merupakan populasi yang jumlahnya dapat diketahui dengan pasti pada periode waktu tertentu yang sudah ditetapkan. Oleh karena itu teknik pengambilan sampelnya secara probability random sampling dan disesuaikan dengan persyaratan jumlah sampel minimal metode analisis jalur yaitu sebanyak 100 orang. Untuk mejawab tujuan penelitian, dilakukan analisis jalur terhadap data variabel kualitas komunikasi, kuantitas komunikasi, efektivitas komunikasi pemasaran dan keputusan membeli konsumen. Diperoleh hasil penelitian yang menyimpulkan :  1) kualitas komunikasi pemasaran melalui Instagram berpengaruh signifikan terhadap efektivitas komunikasi pemasaran; 2) kuantitas komunikasi pemasaran melalui Instagram berpengaruh signifikan terhadap efektivitas komunikasi pemasaran. Walaupun keduanya berpengaruh signifikan, namun kualitas berpengaruh lebih besar diabndingkan pengaruh kuantitas komunikasi pemasaran melalui Instagram. Berturut-turut masing-masing sebesar 54.6% dan 33.8%. Hasil penelitian ke 3 menyatakan bahwa efektivitas komunikasi pemasaran melalui Instagram berpengaruh signifikan terhadap keputusan membeli konsumen Negri Kopi Sarongge. Kondisi ini mengindikasikan bahwa komunikasi pemasaran yang menarik dan berkelanjutan melalui media social Instagram memberikan efek positif terhadap penjualan.


Keywords


Instagram, efektivitas komunikasi pemasaran, keputusan membeli

References


Anonim. 2010. Panduan Memilih Koneksi Internet Unttuk Pemula. Jubilee Enterprise. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Anonim. 2018. Survei APJII : Penetrasi Internet Di Indonesia. Buletin. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Jakarta.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.(Edisi Revisi VI). PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Clow, Kenneth & Back, Donald. 2014. Integrated Advertising, Promotion, and Marketing Communications. Pearson Education South Asia Pte Ltd.

Dwinanda, Januariska Bayu; Ninuk Purnaningsih. 2018. Efektivitas Komunikasi Pemasaran Personal Selling Pada Agrowisata Kampung 99 Pepohonan. Jurnal Komunikasi Pembangunan. Vol.16, No.02. ISSN 1693-3699, EISSN 2442-4102.

Edhole. 2013. Marketing Management. Volume I - IV. Education Hole.

Ghozali, Imam. 2018. Analisis Data Untuk Riset Manajemen dan Bisnis. E-book library.

Hanum, Zubaidah; Sahral Hidayat. 2017. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Sepatu Merek Nike Di Kota Medan. Jurnal Bisnis Administrasi. Vol. 06, No.01, Hal : 37-43.

Hardjana, Andre. 2000. Audit Komunikasi: Teori dan Praktek, Jakarta: PT Grasindo.

Idana, Muhammad Ikhwanuddin. 2018. Strategi Media Daring Instagram Sebagai Media Promosi Salad Nyoo. Jurnal Al-Misbah. Vol.06., No.01. ISSN 2337-5264. DOI : hhtps://doi.org/10/26555/al-misbah.voil.2657.

Kinanti, Syafira Putri; Berlian Primadani Satria Putri, 2017. Pengaruh Media Sosial Instagram @zapcoid Terhadap Brand Equty Zap Clinic. Jurnal Komunikasi. ISSN 2085 – 1979, EISSN 2528-2727. Vol.09, No.01, hal : 53 – 64.

Kotler, Philip; Garry Amstrong, 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 1 – 12/E. Penerbit Erlangga. Indonesia. ISBN. 978-979-03

Kotler, P., Kevin L. Keller, Swee Hoon Ang, Siew Meng Leong, Chin Tiong Tan. 2012. Marketing Management. An Asian Perspective. Pearson Education South Asia Pte Ltd.

Nurrahman, Roland an Yuliati. 2019. Efektivitas Media Sosial Instagram @visitBengkulu Sebagai Media Promosi Pariwisata Provinsi Bengkulu. Jurnal Kaganga. Vol.03, No. 01.

Olujimi Kayode. 2014. Marketing Communications. 1st edition. bookboon.com ISBN 978-87-403-0674-3

Sarastuti, Dian. 2017. Strategi Komunikasi Pemasaran Online Produk Busana Muslim Queenova. Jurnal. Visi Komunikasi. Vol. 16, No.01. hal : 71-90.

Setiadi, Ahmad. 2016. Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektivitas Komunikasi. Jurnal Cakrawala. Vol. 16., No.02. ISSN 1411-8629, EISSN 2579-3314.

Solomon, Michael., Gary Bamossy, Soren Askegaaard, Margaret K. Hoog. 2006. Consumer Behaviour. A European Perspective. Prentice Hall. England.

Untari, D dan Fajariana, D.E. 2018. Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Jurnal Widya Cipta. Vol. 02., No.02. ISSN 2550-0808, EISSN 2550-0791.

Undang-Undang ITE Republik Indonesia. Nomor 11. 2008. Informasi dan Transaksi Elektronik

Widodo, Prasetyo Budi. 2006. Reliabilitas dan Validitas Konstruk Skala Konsep Diri Untuk Mahasiswa Indonesia. Jurnal. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro. Vol. 3, N0.1.




DOI: https://doi.org/10.35194/agsci.v11i1.1430

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGROSCIENCE INDEXED BY : 

             

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. (0263) 283579, Email: agroscience@unsur.ac.id 

Agroscience is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.