Pengembangan Media Android dalam Pembelajaran Matematika

Muhammad Abdurrahman Zakiy, Muhamad Syazali, Farida Farida

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menguji kelayakan media pembelajaran matematika berbasis android berdasarkan kelayakan dari penilaian Ahli media dan Ahli materi. Jenis penelitian ini adalah R&D (penelitian dan pengembangan). Prosedur yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah prosedur dari borg and gall yang telah dimodifikasi oleh sugiono, dengan menggunakan 7 tahap dari 10 tahap yaitu potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, design produk, validasi design, revisi design, uji coba produk, revisi produk. Penelitian ini menghasilkan sebuah media pembelajaran matematika berbasis android yang telah dinyatakan valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika oleh 3 orang ahli materi yang memperoleh skor rata – rata 3,67 (Layak) dan 2 orang ahli media dengan perolehan skor rata – rata 3,59 (Layak) dengan masing – masing skor maksimal kelayakan adalah 4. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis android valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika.

Full Text:

PDF

References


Akbar, R. R. A. (2018). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Media Sosial Instagram Sebagai Alternatif Pembelajaran. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 1-3.

Anggoro, B. S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Generalisasi Matematis Melalui Discovery Learning dan Model Pembelajaran Peer Led Guided Inquiry. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 11-20.

Asmara, A.P. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tentang Pembuatan Koloid. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 15(2), 156-178.

Masykur, Nofrizal & Syazali. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 177-186.

Resti & Jaslin. (2016) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Pederta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 98.

Ria, Suryati, & Yusran. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Penumbuhan Literasi Sains Siswa pada Materi Sistem Periodik Unsur. Jurnal Kependidikan Kimia, 5(2).

Sugiyono, M. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Bandung; Alfabeta.

Wulandari. (2016). Pengaruh Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Iqra’: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 1(1), 47–68

Yektyastuti, R. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88-99.




DOI: https://doi.org/10.35194/ts.v1i2.377

DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/ts.v1i2.377.g327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2018.  Triple S ISSN:2622-4739 (Online).


TRIPLE S INDEXED BY :