Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)

Ari Septian, Dina Azkiya, Ismi Nur Afifah, Neng Siti Julaeha, Sucianah Indah Sari

Abstract


Kemampuan matematis yang harus ditingkatkan oleh siswa dalam pelajaran matematika yang terdapat dalam tujuan pembelajaran matematika, salah satunya meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Kemampuan representasi matematis merupakan kunci keterampilan komunikasi matematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menelaah apakah peningkatan kemampuan representasi matematis siswa melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik daripada yang menggunakan pembelajaran konvensional, serta untuk mengetahui dan menelaah bagaimana sikap siswa terhadap pembelajaran melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini menggunakan metode nonequivalent control group design dengan pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dan teknik penarikan sampelnya menggunakan purposive sampling/ judgmental sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah 75 peserta didik SMA Negeri 1 Ciranjang Kelas X MIPA sebagai sampelnya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah instrumen tes untuk mengukur kemampuan representasi matematis siswa menggunakan soal uraian dan instrumen non tes berupa skala sikap menggunakan angket. Berdasarkan uji perbedaan dua rata-rata indeks gain diperoleh kesimpulan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) lebih baik dari pada yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil skala sikap ditemukan bahwa pada umumnya siswa bersikap positif terhadap pelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL).


Full Text:

PDF

References


Annisa, V., & Samosir, K. (2022). Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Di Kelas Viii Smp Muhammadiyah 01 Medan. 8(2), 39–51.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Damayanti, R., & Afriansyah, E. A. (2018). Perbandingan Kemampuan Representasi Matematis Siswa antara Contextual Teaching and Learning dan Problem Based Learning. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(1), 30. https://doi.org/10.25273/jipm.v7i1.3078

Effendi, Leo Adhar. (2012). Pembelajaran Matematika Dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan. 13 (2), 1-10.

Hosnan, (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Johnson, Elaine B. (2011). Contextual Teaching and Learning: Menjadikan kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Mizan Media Utama

Mulyoko, (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) Terhadap Kemampuan Representasi Matematis. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Tidak Diterbitkan [online]. Tersedia: https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/27631/1/MULYOKO-FITK.pdf [15 Januari 2016].

Murtiani, Fauzan, A., & Ratna Wulan, D. (2012). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Berbasis Lesson Study Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fisika Di Smp Negeri Kota Padang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1, 1–21. http://ejournal.unp.ac.id

Muti’ah, R. (2017). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Ctl (Contextualteaching And Learning) Kelas XI SMA Negeri 1 Silangkitang. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma …, 3(2).

Representasi Matematis Siswa antara yang Mendapatkan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Discovery Learning. 2, 265–274.

Rustam, A., & Sardin, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas Viii Smp. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1:), 9–16. https://doi.org/10.36456/buana_matematika.8.1:.1517.9-16

Salma, F. A., & Sumartini, T. S. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa antara yang Mendapatkan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Discovery Learning. 2, 265–274.

Sari, I. P., Yenni, Y., & Raditya, A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 19. https://doi.org/10.31000/prima.v1i1.251

Septian, Ari. (2014). Penelitian Pendidikan Matematika (Penelitian Eksperimen). Cianjur: Tidak diterbitkan.

Yuniar, F., Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Segiempat Berbasis Adobe Flash Cs6 Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning Untuk Memfasilitasi Kemampuan Koneksi Matematis. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 6(2), 101. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v6i2.3413




DOI: https://doi.org/10.35194/ts.v5i2.2648

DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/ts.v5i2.2648.g1992

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2018.  Triple S ISSN:2622-4739 (Online).


TRIPLE S INDEXED BY :