Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Strategi Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping

Ana Setiani, Hamidah Suryani Lukman, Suningsih Suningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan strategi Problem Based Learning berbantuan Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Muhammadiyah Sukabumi tahun ajaran 2019/2020 pada pokok bahasan Statistika. Penelitian tindakan kelas  ini dilakukan di kelas XII IPS Muhammadiyah Sukabumi. Pada siklus pertama pertama belum terlihat peningkatan, disebabkan karena siswa masih belum terbiasa menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematis berbantuan Mind Mapping, sedangkan pada siklus II siswa mulai terbiasa menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematis berbantuan Mind Mapping dengan baik. Terlihat dari hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan terlihat dari rata-rata hasil tes sebesar 53,25 pada siklus I menjadi 72,37 pada siklus II. Hal tersebut bisa dilihat dari pecapaian aktivitas belajar siswa pada siklus I  rata-rata sebesar 54,5, pada siklus II rata-rata sebesar 65,19. Dari hasil pelaksanaan siklus I dan siklus II bisa ditarik kesimpulan penggunaan strategi Problem Based Learning berbantuan Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMA Muhammadiyah Sukabumi.


Keywords


Problem based learning; mind mapping

Full Text:

PDF

References


Artika, T., & Karso, K. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (Tapps). Prisma, 8(2), 191–200. https://doi.org/10.35194/jp.v8i2.791

Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 389–398.

Inayah, S., Septian, A., & Suwarman, R. F. (2020). Student Procedural Fluency in Numerical Method Subjects. Desimal: Jurnal Matematika, 3(1), 53–64. https://doi.org/10.24042/djm.v3i1.5316

Indriyana, E., & Tirta, S. I. M. (2017). The Students’ Thinking Process on Mathematics Problem Solving Through Scaffolding. The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention, 4(8), 3774–3782.

Junedi, B., & Sari, E. P. (2020). Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA. Prisma, 9(1), 87. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.915

Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1(1), 588–595.

Monariska, E. (2017). Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus I. PRISMA, 6(1), 17–31. https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.25

Monariska, E. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smk Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together. Prisma, 7(2), 217. https://doi.org/10.35194/jp.v7i2.531

Nasution, D. P., & Ahmad, M. (2018). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 389–400. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.133

Putra, P. P. (2012). The Use of Mind Mapping Strategy in the Teaching of Writing at SMAN 3 Bengkulu, Indonesia Riswanto State Institute of Islamic Studies (IAIN) Bengkulu, Indonesia. International Journal of Humanities and Social Science, 2(21), 60–68. Retrieved from www.ijhssnet.com

Septian, A. (2017). Penerapan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Suryakancana. PRISMA, 6(2). https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.212

Septian, A., Darhim, & Prabawanto, S. (2020a). Geogebra in integral areas to improve mathematical representation ability Geogebra in integral areas to improve mathematical representation ability. Journal of Physics: Conference Series, 1613(2020). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012035

Septian, A., Darhim, & Prabawanto, S. (2020b). Mathematical representation ability through geogebra-assisted project- based learning models. Journal of Physics : Conference Series, 1657, 12019. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012019

Septian, A., & Komala, E. (2019). Kemampuan Koneksi Matematik dan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem-Based Learning (PBL) Berbantuan Geogebra di SMP. PRISMA, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.438

Septian, A., & Rizkiandi, R. (2017). Kemampuan Koneksi Matematik dan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem-Based Learning (PBL) Berbantuan Geogebra di SMP. Jurnal Prisma Universitas Suryakancana, VI(1), 1–8.

Setyansah, R. K., & Suprapto, E. (2017). Peningkatan Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Mata Kuliah Kalkulus Differensial. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3(2), 78–90. https://doi.org/10.31597/ja.v3i2.144

Soleh, E. R. A., Setiawan, W., & Haqi, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning. Prisma, 9(1), 1. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.798

Suherman, E. dkk. (2011). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 133, 31–59. https://doi.org/10.1016/j.proeng.2015.12.621

Supriadi, N. (2015). Pembelajaran Geometri Berbasis Geogebra Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 99–109. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/00000%0AImpak

Suryawan, I. P. P., & Permana, D. (2020). Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Prisma, 9(1), 108. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.929

Suwarman, R. F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) terhadap Peningkatan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. PRISMA, 6(2). https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.58

Suwarto, S., & Purnami, A. S. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Hypothetical Learning Trajectory Pada Materi Vektor. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(2), 69. https://doi.org/10.30738/indomath.v1i2.2614

Tsany, U. N., Septian, A., & Komala, E. (2020). The ability of understanding mathematical concept and self-regulated learning using macromedia flash professional 8. Journal of Physics : Conference Series, 1657, 12074. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012074

Wardhani, K., Sunarno, W., & Suparmi, S. (2012). Pembelajaran Fisika Dengan Model Problem Based Learning Menggunakan Multimedia Dan Modul Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Abstrak Dan Kemampuan Verbal Siswa. Jurnal Inkuiri, 1(2), 163–168.

Wirani, E. W. (2018). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Tindakan Kelas. In Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Tindakan Kelas.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.958

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.