Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika

I Putu Pasek Suryawan, Dodi Permana

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk memperoleh kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan media pembelajaran pada materi bangun ruang sisi lengkung sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa. Media pembelajaran yang dikembangkan menggunakan Kurikulum 2013. Model pengembangan yang digunakan adalah Model 4D (define, design, develop, dan disseminate), namun dalam penelitian ini hanya sampai tahap develop. Media pembelajaran ini dibuat menggunakan software Geogebra dan dioperasikan dengan bantuan Schoology. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas media pembelajaran yang dikembangkan berada pada kriteria sangat valid, dengan rata-rata skor dari ahli media sebesar 4,2 dan ahli materi sebesar 4,5. Kepraktisan media pembelajaran yang diperoleh melalui pengisian angket respon setelah pembelajaran berada pada kriteria sangat praktis, dengan rata-rata skor dari respon siswa sebesar 4,44 dan respon dari guru sebesar 4,5. Sedangkan, hasil penelitian mengenai efektivitas media pembelajaran yang diperoleh melalui tes pemahaman konsep matematika siswa menunjukkan bahwa 93,33% siswa berada pada kategori tuntas setelah mengikuti pembelajaran menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Model 4D, Bangun Ruang Sisi Lengkung, Pemahaman Konsep

Full Text:

PDF

References


Aminoto, T., & Pathoni, H. (2014). Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 8, 13–29.

Effendi, E. (2005). E-Learning Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: ANDI.

Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The effectiveness of problem based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375

Musfiqon, H. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

NCTM. (2000). Mathematics Assesment a Practical Handbook for Grades 6-8. United States of America: NCTM.

Nieveen, N. J. (1999). Design Approaches and Toos in Education and Training. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.

Parwati, N. N., Suryawan, I. P. P., & Apsari, R. A. (2018). Belajar dan Pembelajaran (1st ed.). Singaraja: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Permatasari, P. A., Dafik, & Fatahilah, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Schoology Berbantuan Software Geogebra Materi Transformasi Geometri Kelas Xi. Kadikma, 7(1), 66–75.

Rahman, S., Munawar, W., & Berman, E. T. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Website Pada Proses Pembelajaran Produktif Di Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1), 137. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i1.3746

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.

Sahid. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 1–16.

Septian, A. (2017). Penerapan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Suryakancana. PRISMA, 6(2). https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.212

Septian, A., & Komala, E. (2019). Kemampuan Koneksi Matematik dan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem-Based Learning (PBL) Berbantuan Geogebra di SMP. PRISMA, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.438

Sudiarta, I. G. P., Sukajaya, I. N., & Suharta, I. G. P. (2018). Investigation on students’ mathematical online discussion: A case study in grade 8 SMPN 1 Denpasar. Journal of Physics: Conference Series, 1040(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1040/1/012031

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukawijaya, I. M. G., & Sudiarta, I. G. P. (2018). Developing blended learning environment to improve learning performance and self-reliance for junior high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1040(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1040/1/012030

Suryawan, I. P. P. (2019). Rancang Bangun Dan Implementasi Media Pembelajaran Matematika Berbasis Lectorainspire Dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 9(2), 177–188. https://doi.org/10.36733/jsp.v9i2.399

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2010). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Singaraja: Undiksha.

Thiagarajan, S. (2018). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children a Sourcebook.

Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran: Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Widodo, S. A. (2018). Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students. Turkish Online Journal of Educational Technology - TOJET, 17(1), 154–160.

Wirapathi, A., Candiasa, M., & Suryawan, P. (2018). The Development of Transformation Geometry Learning Medium with Scientific Approach As Effort to Improve the Understanding Concept Skill. Journal of Education Technology, 2(2), 76. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16185




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.