Model Contextual Teaching Learning (CTL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP

Putri Zuliyanti, Heni Pujiastuti

Abstract


Pemecahan masalah merupakan landasan dalam pembelajaran matematika, tanpa kemampuan pemecahan masalah pada diri peserta didik maka kegunaan dan kekuatan ide-ide matematika, pengetauan, dan keterampilannya  sangat terbatas. Dalam penelitian ini peneliti akan meneliti terkait pengaruh model Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Kramatwatu Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode Quasi Eksperimen dan lebih dikhususkan kepada eksperimen semu dengan desain kelompok Pretest - Posttest Control Grup Desaign. Populasi penelitian yaitu pesert didik di SMPN 1 Kramatwatu, sedangkan subjek penelitian ini adalah 54 peserta didik yang terdiri dari 27 peserta didik kelas eksperimen yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dan 27 peserta didik kelas kontrol yang memperoleh pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Hal ini berarti Ho di tolak dan Ha diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran dengan pendekatan CTL pada materi SPLDV lebih baik dibandingkan dengan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada kelas kontrol yang diberikan pembelajaran konvensional pada materi SPLDV. 

Kata Kunci : Matematika, Pemecahan masalah, Contextual Teaching and Learning (CTL).


Full Text:

PDF

References


Bell, F. H. (1978). Teaching and learning mathematics in Secondary School. 1978.

Dewi, P. S. (2018). Efektivitas Pendekatan Open Ended Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. PRISMA. VII(1), 11–19.

Fatimah, R. N., Kariadinata, R., Susilawati, W., Jihad, A., Nur, I., Fauziah, … Sugilar, H. (2019). Teknik Probing-Promting Scaffolding pada Pemecahan Masalah Matematis. Prisma, 8(2), 146–159.

Ferrini-Mundy, J. (2000). Principles and standards for school mathematics: A guide for mathematicians. Notices of the American Mathematical Society, 47(8).

Fitriani, N. L. (2017). Efektivitas Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (Ctl) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (Spldv) Kelas VII MTsN Brangsong Tahun Pelajaran 2016/2017. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Inayah, S., Septian, A., & Suwarman, R. F. (2020). Student Procedural Fluency in Numerical Method Subjects. Desimal: Jurnal Matematika, 3(1), 53–64. https://doi.org/10.24042/djm.v3i1.5316

Jusniani, N. (2018). Analisis Kesalahan Jawababn Siswa Pada Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Pembelajaran Kontekstual. Prisma, VII(1), 82–90.

Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The effectiveness of problem based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375

Muhammad, G. M., Septian, A., & Sofa, M. I. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 315–326. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.140

Murnaka, N., Anggraini, B., & Surgandini, A. (2018). Efektifitas Pembelajaran Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 30–36.

Organisation for Economic Co-operation and Development-OECD. (2010). PISA 2009 Results: Executive Summary. Executive Summary, 1–21.

Ruseffendi, E. . T. . (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. (2001), 8410092.

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran. 63–77.

Sari, N. T., Sari, N. T., Ikhsan, M., & Sari, N. T. (2014). Implementasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Bernuansa Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTsN. 1(1), 46–60. https://doi.org/10.24815/dm.v1i1.1338

Septian, A. (2017). Penerapan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Suryakancana. PRISMA, 6(2). https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.212

Septian, A., & Komala, E. (2019). Kemampuan Koneksi Matematik dan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem-Based Learning (PBL) Berbantuan Geogebra di SMP. PRISMA, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.438

Shadiq, F. (2004). Pemecahan Masalah, Penalaran, dan Komunikasi.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). 46–59.

Suwarman, R. F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (Air) terhadap Peningkatan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. PRISMA, 6(2). https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.58

Tati, T., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kontekstual Pokok Bahasan Turunan Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 75–89. https://doi.org/10.22342/jpm.3.1.323.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Konsep , Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. (2007), 2008–2009.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.