Penerapan Teori Piaget dan Vygotsky Ruang Lingkup Bilangan dan Aljabar pada Siswa Mts Plus Karangwangi

Sumpena Rohaendi, Nur Indah Laelasari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji lebih jauh tentang bagaimana penerapan teori Piaget dan Vygotsky ruang lingkup materi bilangan dan aljabar di MTs Plus Karangwangi. Metode penelitian yang digunakan dengan metode penelitian kualitatif. Alat yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari peneliti sebagai kunci utama. Sumber data yang digunakan adalah berupa buku, jurnal/artikel dan karya ilmiah lain yang relevan dengan objek kajian yang diteliti beserta siswa kelas VII MTs Plus Karangwangi. Adapun hasil dari penelitian ini yang berkaitan dengan teori Piaget yaitu, siswa membentuk kelompok-kelompok kecil yang beranggotakan 2 – 4 orang tiap kelompok, sebelumnya diberi pengarahan pengajaran dari guru yang mendasar supaya anak berpikir dan memahami bilangan. Siswa sering di beri latihan berupa tugas pekerjaan rumah baik mandiri atau kelompok supaya lebih mengerti atau paham dengan baik. Dalam proses ini siswa akan belajar secara mandiri, sehingga siswa mampu untuk menguasai materi tanpa bimbingan seorang guru. Hal ini juga berfungsi untuk lebih mengasah interaksi sosial siswa, karena dalam hal ini siswa akan terpancing untuk menanyakan kepada orang lain tentang hal yang belum dipahaminya. Hasil penelitian ini yang berkaitan dengan teori Vygotsky yaitu pembelajaran dilakukan dengan ZPD dimana anak belajar kelompok kerja kreatif sehingga memudahkan untuk mengerti dengan cepat, dengan interaksi sosial dengan teman sebaya, anak mudah paham. Guru sebagai scaffolding dan guru mengurangi bantuannya itu sampai siswa bisa mandiri dan mengerti sendiri. Pembelajaran dengan tutor sebaya, siswa bisa tukar pikiran untuk memecahkan masalah yang kompleks sehingga menghasilkan atau dapat menarik kesimpulan dan menjadi pengetahuan.

 

Kata Kunci: Teori Piaget, Teori Vygotsky, Zone of proximal development (ZPD),

                     Scaffolding

Full Text:

PDF

References


Anthis, K., & Adams, L. (2012). Scaffolding. Teaching of Psychology, 39(4), 284–287. https://doi.org/10.1177/0098628312456629

Barsowi & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Daniels, H. (2016). Vygotsky and Pedagogy. In Vygotsky and Pedagogy. https://doi.org/10.4324/9781315617602

Dimyati dan Mudjiono(2010:200). (2010). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Teaching and Educations, 1, 272

Illeris, K. (2004). The three dimensions of learning. Florida: Krieger Publishing.

Juwantara, R.A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Kongkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Volume 9 No 1 (Juni 2019), hal 27-34.

Maskur, R., Sumarno, S., Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Kinarya Palupi, E. (2020). The effectiveness of problem based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on Curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375-383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375.

Piaget, J. (2006). Jean Piaget. In A History of Psychology in Autobiography, Vol IV. (pp. 237–256). https://doi.org/10.1037/11154-011

Shadiq, F & Mustajab, N.A (2011). Penerapan Teori Belajar dalam Pembelajaran Matematika di SD. Kementerian Pendidikan Nasional Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika Yogyakarta.

Sugiyono, S. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif, Cet. Ke-12. Bandung: Alfabeta.

Tall, D. (2013). Integrating History, Technology and Education in Mathematics. Paper presented at História e Tecnologia no Ensino da Matemática July 15, Universidade Federal de São Carlos, Brazil.

Tim MKPBM. (2001).Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Pendidikan Indonesia.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta:Prestasi Pustaka Publisher.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.