PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE JIGSAW

Sri Adi Widodo, Annis D Ayuningtyas, S Sumarti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran Jigsaw dengan pendekatan kolaboratif. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan tahapan . Subyek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 5 sebanyak 34 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi belajar. Teknik analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang didapatkan dari hasil tes prestasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatnya rata rata prestasi belajar Matematika dari siklus I sebesar 55,6 menjadi 93,9 pada siklus II. Selain itu juga terjadi peningkatan persentase siswa yang mengalami peningkatan prestasi belajar matematika dari 14,70%, menjadi 94,11%.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Kolaboratif, Jigsaw, Prestasi Belajar.


Full Text:

PDF

References


Adi Widodo, S., Turmudi, T., Afgani Dahlan, J., Istiqomah, I., & Saputro, H. (2018). Mathematical Comic Media for Problem Solving Skills. International Conference on Advance & Scientific Innovation, 101–108.

Andi Kusumayanti, D. U. W. (2016). Keefektifan Model Kolb-Knisley Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran, Dan Self-Esteem Siswa. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 4(1).

Anggriani, A., & Septian, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kebiasaan Berpikir Siswa Melalui Model Pembelajaran IMPROVE. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(2), 105-116. https://doi.org/10.30738/indomath.v2i2.4550

Anita, I. W. (2014). PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA (MATHEMATICS ANXIETY) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP. Infinity Journal. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i1.43

Ardian, A., & Munadi, S. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Student-Centered Learning dan Kemampuan Spasial terhadap Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan. https://doi.org/10.21831/jptk.v22i4.7843

Ena, O. T. (2011). Membuat Media Pembelajaran Interaktif dengan Piranti Lunak Presentasi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Fahmi, S. (2014). Pengembangan Multimedia Macromedia Flash dengan Pendekatan Konstekstual dan Keefektifannya Terhadap Sikap Siswa pada Matematika. Jurnal AgriSains.

Faradhila, N., Sujadi, I., & Kuswardi, Y. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Pada Materi Pokok Luas Permukaan Serta Volume Prisma Dan Limas Ditinjau Dari Kemampuan Spasial Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Matematika UNS, 1(1), 67–74.

Gani, A. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN PERSEPSI TENTANG MATEMATIKA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI DI KECAMATAN SALOMEKKO KABUPATEN BONE. Jurnal Daya Matematis. https://doi.org/10.26858/jds.v3i3.1700

Gita Andriani, D., & Atmojo, T. K. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II Dan Think Pair Share Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa SMP Se-Kota Kediri Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 1(7), 651–660.

Harmony, J., & Theis, R. (2012). Pengaruh Kemampuan Spasial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Kota Jambi. Edumatica.

Hertiavi, M. A., Langlang, H., & Khanafiyah, S. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1). https://doi.org/10.15294/jpfi.v6i1.1104

Jas, I., Rosha, M., & ZA, N. (2012). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Website Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–5.

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Reseacrh. singapore: Springer.

Kristiana, D., & Suyanto, W. (2013). Implementasi Heuristic Problem Solving Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Untuk Meningkatkan Prestasi Dan Sikap Matematika. Jurnal Prima Edukasia, I(1), 17–29.

Najichun, M., & Winarso, W. (2016). Munich Personal RePEc Archive THE RELATIONSHIP OF STUDENTS ’ PERCEPTION ABOUT THE MATHEMATICS TEACHER WITH STUDENTS LEARNING MATH RESULTS Najichun , Mohamad and Winarso , Widodo. Jurnal Psikologi Undip, 15(2).

Puadi, E. F. W., & Muhammad Irfan Habibie. (2018). Implementasi PBL Berbantuan GSP Software Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. Indomath: Indonesia Mathematics Edcuation, 1(1), 19–26.

Septian, A. (2017). PENERAPAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS SURYAKANCANA. PRISMA, 6(2). https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.212

Septian, A., & Komala, E. (2019). KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIK DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGUNAKAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN GEOGEBRA DI SMP. PRISMA, 8(1), 1. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.438

Septian, A., & Rizkiandi, R. (2017). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA. PRISMA, 6(1). https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.22

Setiadi, B. A., & Setyawan, I. (2013). HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP GAYA MENGAJAR DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SMA NEGERI 5 SEMARANG. Empati.

Sudarman. (2012). Adversity Quotient: Kajian Kemungkinan Pengintegrasiannya dalam Pembelajaran Matematika.

Sumiyati, S. A. W. (2013). Pengaruh Konsep 3N “Niteni, Nirokke, Nambahi, †terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Keaktifan Siswa Kelas X SMK. Proceeding Isbn, 761–768.

Supriyanto, B. (2014). Penerapan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vi B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran di SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran, 3(2), 165–174.

Suratno. (2014). Keefektifan Pembelajaran Tipe TPS dan JIGSAW Ditinjau dari Prestasi Belajar Matematika dan Karakter Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 9 – Nomor 1, Juni 2014, (70-78).

Suwangsih, E., Putri, H. E., Widodo, S., & Ikhwanudin, T. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Konsep Bilangan Bagi Anak dengan Mathematic Learning Disability di Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Indomath: Indomanesian Mathematucs Education, 1(1), 1–18.

Syahputra, E. (2013). PENINGKATAN KEMAMPUAN SPASIAL SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK. Jurnal Cakrawala Pendidikan. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.1624

Tarigan, F. A. P., & Surya, E. (2017). The Application of Cooperative Learning Model of Jigsaw Type to Increase Activity And Student Learning Results In Learning Phytagoras Theorem. IJARIIE: International Journal of Advance Research and Innovative Ideas in Education, 3(3), 882–891.

Trisniawati, Muanifah, M. T., Widodo, S. A., & Ardiyaningrum, M. (2019). Effect of Edmodo towards interests in mathematics learning. Journal of Physics: Conference Series, 1188, 12103.

Widodo, S. A. (2012). Proses Berpikir Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Dimensi Healer. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, (November), 978–979.

Widodo, S. A. (2014). Ekperimentasi Pembelajaran CPS Ditinjau Dari Kemampuan Awal Terhadap Prestasi Belajar Interpolasi. Jurnal Pendidikan Progresif, 4(1).

Widodo, S. A. (2018). Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students. Turkish Online Journal of Educational Technology - TOJET, 17(1), 154–160.

Widodo, S. A., Darhim, & Ikhwanudin, T. (2018). Improving mathematical problem solving skills through visual media Improving mathematical problem solving skills through visual media. Journal of Physics: Conf. Series, 948(1), 1–6.

Widodo, S. A., Pardimin, & Purwaningsih, E. (2016). Pengaruh Media Komik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa Kelas VIII. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2016, 481–486.

Widodo, S. A., Prahmana, R. C. I., Purnami, A. S., & Turmudi. (2017). Teaching materials of algebraic equation. Journal of Physics: Conf. Series, 943(1), 1–6.

Widodo, S. A., Turmudi, & Dahlan, J. A. (2019). An Error Students In Mathematical Problems Solves Based On Cognitive Development. International Journal Of Scientific & Technology Research, 8(7), 433–439.

Zakaria, E., Solfitri, T., Daud, Y., & Abidin, Z. Z. (2013). Effect of Cooperative Learning on Secondary School Students ’ Mathematics Achievement. Creative Education, 4(2), 98–100.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v8i2.719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.