ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PADA MATA KULIAH PEMROGRAMAN KOMPUTER

Ramdhan F Suwarman

Abstract


Pemahaman konsep akan sebuah ilmu pengetahuan berperan penting, salah satunya untuk menghubungkan atau mengaitkan sebuah konsep yang satu dengan yang lainnya yang telah dipelajari. Oleh karenanya, kemampuan pemahaman konsep menjadi salah satu tujuan penting dalam pembelajaran. Pemahaman konsep memberikan pengertian bahwa materi yang diajarkan bukanlah hanya sebuah hafalan. Berdasarkan pentingnya peranan pemahaman akan sebuah konsep, dilakukanlah sebuah penelitian dengan tujuan untuk mengetahui dan menelaah tingkat kemampuan pemahaman konsep mahasiswa dan mengetahui kesalahan-keselahan mahasiswa dalam memahami mata kuliah pemrograman komputer. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian mahasiswa peserta didik tingkat I mata kuliah Pemrograman Komputer Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Suryakancana Tahun Akademik 2016-2017. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes. Hasil penelitian 1) Secara umum tingkat kemampuan pemahaman konsep mahasiswa pada mata kuliah pemprograman komputer adalah sedang dengan persentase kemampuan pemahaman konsep sebesar 68,724%. 2) Kesalahan yang paling banyak dilakukan pada penyelesaian yang dilakukan mahasiswa adalah mengenai konsep C++ dengan persentase sebesar 58,929%.


Full Text:

PDF

References


Abraham, M.R., Gryzybowski, E.B., Renner, J.W., & Marek, A.E. (1992). Understanding and Misunderstanding of Eighth Graders of Five Chemistry Concepts Found in Textbooks. Journal of Research in Science Teaching, 29, 105-120.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (Eds.) (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing:A revision of Bloom’s taxonomy of educational Objectives. New York: Longman.

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Firman, H. (2000). Penilaian Hasil Belajar dalam Pengajaran Kimia. Bandung: Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI.

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, D. (Eds). (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington: National Academy Press.

Nasution, S. (2006). Azas-Azas Kurikulum. Universitas Michigan : Tarate.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suherman. dkk. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: Jica.

Walle, J.A.V.D. (2008). Matematika Sekolah Dasar dan Menengah Pengembangan Pengajaran. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v7i2.529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.