MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

Seni Nuryanti, Epul Saepudin, Masta Hutajulu, Heris Herdiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan kepercayaan diri siswa SMP dengan pendekatan contextual teaching and learning. subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP 10 Padalarang dan sebagai sampel di pilih dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol pada semester genap tahun ajaran 2017-2018. kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis siswa dan kepercayaan diri kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan siswa kelas kontrol.

Kata Kunci : kemampuan komunikasi matematis, kepercayaan diri, contextual teaching and learning


Full Text:

PDF

References


Hendriana, H., Sumarmo, U., & Rohaeti, E. E. (2013). Kemampuan Komunikasi Matematik serta Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis Matematik. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 35–45.

Hendriana, H. (2014). Membangun Kepercayaan Diri Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Humanis. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(1), 52–60.

Hendriana, H & Afrilianto, M. (2017). Langkah Praktis Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hendriana, dkk. (2017). Hard Skills dan Soft Skils Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Hutajulu, M. & Lexbin, M. (2016). Analisis Penerapan Pembelajaran Matematika Berbasis PMRI pada Sekolah Dasar di Kota Bandung. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi. 3(1).

Hutajulu, M., & Minarti, E. D. (2017). Meningkatkan Kemampuan Advanced Mathematical Thinking dan Habits Of Mind Mahasiswa Melalui Pendekatan Keterampilan Metakognitif. JES-MAT, 3(2).

Yuliani, A. (2015). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik pada Mahasiswa melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL). Infinity Journal, 4(1), 1–9.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.