UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MELAKUKAN OPERASI HITUNG YANG MELIBATKAN BERBAGAI BENTUK PECAHAN BAGI SISWA KELAS V DENGAN PROBLEM BASED LEARNING MODEL

Sarip Hidayat

Abstract


Penelitian ini memakai model PBL (Problem Based Learning) dengan harapan akan mendorong peserta didik dalam meningkatkan pemahaman dalam melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan, melatih menyelesaikan suatu masalah yang dihadapi juga membiasakan belajar kelompok melalui penelitian ini diharapkan guru dapat meningkatkan kreativitasnya dalam menentukan model pembelajaran yang sesuai dengan konsep, tujuan dan kondisi peserta didik. Pelaksanaan Penelitian terdiri dari dua siklus. Pada siklus Pertama belum ada peningkatan yang berarti, ini disebabkan peserta didik masih belum terbiasa menyelesaikan suatu masalah dengan kerja kelompok, sedangkan pada siklus Kedua peserta didik mulai terbiasa menyelesaikan tugas secara kelompok dengan adanya kerjasama dalam mengerjakan tugas dengan baik. Hal ini bisa terlihat dari pencapaian aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 18,60%, aktivitas guru mengalami peningkatan sebesar 14%, dan kemampuan kognitif peserta didik juga mengalami peningkatan sebesar 6,3%, dan prosentase ketuntasan pun mengalami peningkatan sebesar 14,63%. Dari hasil pelaksanaan Siklus I dan Siklus II dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan kemampuan melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan pada siswa Kelas V SDN Ibu Dewi VII Cianjur. 

 

Kata Kunci : Model Problem Based Learning, pemahaman


Full Text:

PDF

References


Wina, S. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Nurhadi, A. G. S. (2003). Pembelajaran Konstektual (Contextual Teaching and Learning ICTL). Malang: Universitas Negeri Malang.

BNSP. (2006). Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan contoh/model Silabus. Jakarta: Depdiknas

A.Tabrani Rusyan. (2003). Pedoman Mengajar Matematika Berdasarkan KBK untuk Sekolah Dasar. Bandung: PT Inti Media.

Dahar, R.W. (1989). Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Ruseffendi. (1988). Pembelajaran Matematika menurut Pandangan Konstruktivis. Jakarta: Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v7i1.373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.