PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS)

Suprih Widodo, Kartikasari Kartikasari

Abstract


Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu tujuan pembelajaran matematika, tetapi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa tergolong rendah, berdasarkan hasil penelitian sebelumnya dan wawancara dengan guru sekolah dasar bahwa siswa belum terbiasa menyelesaikan soal pemecahan masalah (soal non rutin) sehingga siswa sulit memahami soal. Fakta tersebut merupakan latar belakang dari penelitian dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan kelas yang menggunakan metode konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi dari penelitian yaitu kelas IV di salah satu SD Kecamatan Munjuljaya dengan sampel siswa kelas IVB dan kelas IVC. Teknik sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dari skor N-gain, rata-rata N-gain kelas eksperimen tergolong sedang dan rata-rata kelas kontrol tergolong  rendah dan dari hasil uji t dengan taraf kepercayaan 95% menunjukkan tidak adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan kelas yang menggunakan metode konvensional. Dibutuhkan pemahaman konsep matematika untuk dapat menyelesaikan kemampuan pemecahan masalah.

 

Kata kunci : Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis


Full Text:

PDF

References


Adjie, N. & Maulana (2009). Pemecahan Masalah Matematis. Bandung. UPI Press.

Fadillah, S. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Pembelajaran Matematika, Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA (hlm. 553−558). Yogyakarta: UNY.

Heruman. (2008). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar.Bandung: Remaja Rosdakarya.

Husna, R., Saragih. S., & Siman. (t.t). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematika melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Siswa SMP Kelas VIII Langsa. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, 6(2): 175−186.

Kartini (2009). Peranan Representasi Dalam Pembelajaran Matematika, Prosiding Seminar Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, (hlm. 361−371)

Muijs, D. & Reynolds, D. (2008). Effective Teaching Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Novianti, E., Isrok’atun, & Kurniadi, Y. (2016). Pendekatan Eksploratif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1): 401−410.

Pekpin, K.L.(2000). Creative Problem Solving in Math. [Online]. Diakses dari: http://www.uh.edu/honors/Programs-Minors/honors-and-the-schools/houston-teachers-institute/curriculum-units/pdfs/2000/articulating-the-creative-experience/pepkin-00-creativity.pdf

Polya, G. (1973). How to Solve It: a New Aspect of Mathematics Method 2nd Edition. New Jearsey: Princeton University Press.

Putri, H. E. (2011). Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran Matematika di SD. Jurnal Pendidikan ke-SD-an, 5(2): 24-36.

Putri, I. A. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis melalui Pembelajaran dengan Model Designed Students Centered Instructionl (DCSI). Jurnal PGSD Kampus Cibiru, 4(4): 1-8.

Rofiqoh, Z. (2015). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas x dalam pembelajaran discovery learning berdasarkan gaya belajar siswa. (Skripsi). Jurusan Matematika. Universitas Negeri Semarang. [Online]. Diakses dari lib.unnes.ac.id.

Sumaryanta. (2015). Pedoman Penskoran. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education. 2(3): 181-190.

Turmudi. (2009). Taktik dan Strategi Pembelajaran Matematika Referensi untuk Guru Matematika Seri 4. Jakarta: PT Leuser Cita Pustaka.

Ulya, H. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(1):90−96.

Winarni, E. S & Harmini (2015). Matematika untuk PGSD. Cetakan Keempat. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Mateamatika. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.