LEARNING CYCLE 5E DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-REGULATED LEARNING MATEMATIKA

Jaya Dwi Putra

Abstract


Model Learning Cycle 5E (LC 5E) berlandaskan pada pendekatan konstruktivisme, yang memasukan keterampilan berpikir tingkat tinggi, merangsang siswa untuk melakukan eksplorasi, menemukan dan memperoleh pengalaman. Model LC 5E juga memfasilitasi proses pembelajaran dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara bermakna. Tujuan pembelajaran matematika di antaranya adalah meningkatkan kemampuan komunikasi matematis serta Self-Regulated Learning  (SRL) matematika siswa. Kemampuan komunikasi matematis siswa diharapkan dapat meningkat melalui pembelajaran LC 5E yaitu, pada tahap explanation siswa dituntut untuk menjelaskan ide yang telah mereka peroleh berdasarkan hasil kegiatan exploration. Tahap elaboration  siswa difasilitasi untuk mengaplikasikan ide dan gagasannya dalam menyelesaikan soal. SRL matematika siswa diharapkan dapat dikembangkan melalui pembelajaran LC 5E, yaitu pada tahap exploration siswa belajar bekerja sama dalam kelompok untuk mempelajari suatu topik serta pada tahap evaluation, siswa mengevaluasi hasil belajar dan mengevaluasi apa yang telah mereka pelajari dalam proses pembelajaran yang telah dilaksanakan.


Kata Kunci: Learning Cycle 5E, Konstruktivisme, Kemampuan Komunikasi Matematis, Self-Regulated Learning

Full Text:

PDF

References


Ajaja, O. P., & Eravwoke, U. O. (2004). Effects of 5E Learning Cycle on Students’ Achievement in Biology and Chemistry.Cypriot journal of Educational Science. Vol. 7, 244-262. [Online]. Tersedia: http://www.world-education-center.org/index.php/cjes/article/view/7.3.9

Apriyani. (2010). Penerapan Model Learning Cycle “5E†dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP N 2 Sanden Kelas VIII pada Pokok Bahasan Prisma dan Limas. Skripsi UNY Yogyakarta: Tidak Diterbitkan. [Online].Tersedia: http://eprints.uny.ac.id/1405/1/SKRIPSI_APRIYANI.pdf

Baroody, A.J. (1993). Problem Solving, Reasoning, And Communicating, K-8 Helping Children Think Mathematically. New York: Macmillan Publishing Company.

Bistari, BsY. (2010). Pengembangan Kemandirian Belajar Berbasis Nilai untuk Meningkatkan Komunikasi Matematik. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA. Vol. 1. No. 1. Januari 2010: 11-23.

Brenner, M. E. (1998). Development of Mathematical Communication in Problem Solving Groups by Language Minority Students. Bilingual Research Journal, 22:2, 3, & 4 Spring, Summer, & Fall 1998.

Bybee, R. W. (1997). BSCS 5E Instructional Model. [On-line]. Tersedia: http://www.mwsu.edu/~educ/coe/inquire/inquiry.htm

Bybee, R. W., et al. (2006). The BSCS 5E Instructional Model: Origins, Effectiveness, and Applications. [Online]. Tersedia: http://www.bscs.org/pdf/bscs5eexemummary.pdf.

Cai, J.L, & Jakabcsin, M.s. (1996). The Role of Open-Ended Task and Holistic Scoring Rubrics: Assessing Students’ Mathematical Reasoning and Communication. Dalam Portia C. Elliot dan Margaret J. Kenney (EDS), (h. 137-145). Communication in Matehematics K-12 and Beyond. Virginia: NCTM.

Dahar, R.W. (1989). Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Darr, C. & Fisher, J. (2004). Self-Regulated Learning in Mathematics Class. Paper presented at NZARE Conference, Turning the Kaleidoscope, Wellington, 24-26 November, 2004. [Online]. Tersedia: http://www.nzcer.org.nz/system/files/13903.pdf

Ergin, I. (2012). Constructivist Approach Based 5E model and Usability Instructional Physiscs. Lat. Am. J. Phys. Educ. Vol. 6, No. 1, 14-20.

Izzati, N & Suryadi, D. (2008). Komunikasi Matematik dan Pendidikan Matematika Realistik. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Yogyakarta, UNY, 27 Nov 2010, ISBN : 978-979-16353-5-6.

Johnson, E.B. (2010). Contextual Teaching & Learning. Bandung: MLC.

Kadir. (2010). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Berbasis Potensi Pesisir Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik, Komunikasi Matematik, dan Keterampilan Sosial Siswa SMP. Disertasi SPS UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Kosko, K. W & Wilkins, J. L. M. (2010). Mathemaical Communication and the Relation to the Frequency of Manipulative Use. International Electronic Journal of Mathematics Education. 5, (2), 79-90.

Lorsbach, A. W. (2002). The Learning Cycle as A tool for Planning Science Instruction. [Online]. Tersedia: (http://www.coe.ilstu.edu/scienceed/lorsbach/257lrcy.html). [12 Juni 2013].

Madu, B. C., & Amaechi, C. C., (2012). Effect of Five-Step Learning Cycle Model on Students’ Understanding of Concepts Related to Elasticity. Journal of Education and Practice. Volume 3, No. 9, 2012. [Online]. Tersedia:http://www.iiste.org/Journals/index.php/JEP/article/viewFile/2418/2434

National of Council Teacher of Mathematics. (2000). Curricullum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM

Pugalee, D.A. (2001). Using Communication to Develop Student’s Mathematical Literacy. Journal Research of Mathematics Education 6(5) , 296-299. [Online]. Tersedia: http://www.nctm.org/ercsources/article-Summary.asp?Uri=MtMS2001-01-296&from=B

Qohar, A. (2010). Mengembangkan Kemampuan Pemahaman, Koneksi dan Komunikasi Matematis serta kemandirian Belajar Matematika Siswa SMP melalui Reciprocal Teaching. Tesis SPS UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Santrock, J.W. (2007). Educational Pyschology 2nd Edition. Jakarta: Fajar Interpratama Offset.

Saragih, S. (2007). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis dan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Disertasi SPS UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Schunk, D.H. (2002). Self-Regulated Through Goal Setting. (http://www.ericdigests.org).

Sumarmo, U. (2013). Kumpulan Makalah Berpikir dan Disposisi Matematik serta Pembelajarannya. Bandung: FMIPA UPI

Zimmerman, B.J. (1989). A Social Cognitive View of Self-Regulated Academic Learning. Journal of Educational Psychology. 81 (3). 1-23.

Zimmerman, B.J. (2002). Becoming a Self-Regulated Learner: An Overview. Journal of Educational Psychology. 41 (2). 64-70. [Online]. Tersedia:.http://commonsenseatheism.com/wpcontent/uploads/2011/02/Zimmerman-Becoming-a-self-regulated-learning




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.27

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.