IMPLEMENTASI STRATEGI MATHEMATICAL HABITS OF MIND (MHM) BERBANTUAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Hedi Budiman, Igfania Esvigi

Abstract


Strategi Mathematical Habits of Mind (MHM) adalah strategi pembelajaran yang membiasakan siswa untuk berpikir matematis dengan beberapa aktivitas seperti: mengeksplorasi ide-ide matematis; merefleksi kebenaran atau kesuaian jawaban; generalisasi dan mengidentifikasi strategi penyelesaian masalah yang dapat diterapkan pada masalah lain; memformulasi pertanyaan; dan mengkonstruksi contoh. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melaluipenggunaan strategi pembelajaran Mathematicals Habits of Mind (MHM) berbantuan multimedia. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan Pretest Posttest Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa salah satu SMA Negeri di Cianjur dengan subjek sampel siswa kelas X sebanyak dua kelas yang dipilih dengan teknik purposive sampling.Kelas eksperimen menggunakan strategi pembelajaran Mathematicals Habits of Mind (MHM) berbantuan multimedia dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran saintifik. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Siswa yang mendapatkan strategi pembelajaran Mathematicals Habits of Mind (MHM) berbantuan multimedia menunjukkan sikap positif. Rata-rata gain ternormalisasi siswa pada kelas eksperimen tinggi dan sedang, sedangkan kelas kontrol pada kategori sedang dan rendah. Selisih gain ternormalisasi pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.

 

Kata Kunci: Berpikir Kritis Matematis,Strategi Mathematical Habits of Mind (MHM), Multimedia

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Edisi Revisi Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Costa, A. (2001). Developing minds: a resource book for teaching thinking. Alexandria. VA:Association for supervision and Curriculum Development.

Cuoco, A., Goldenberg, E. P., & Mark, J. (2010). Contemporary curriculum issues: Organizing acurriculum around mathematical habits of mind. Mathematics Teacher, 103(9), 682-688.

Facione, P. A. (2011). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. [Online]. Diakses dari http://www.student.uwa.edu.au [19 September 2016]

Lestari, K. E. dan Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika (Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Laporan Penelitian dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi Disertai Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis). Bandung: PT. Refika Aditama.

Mahmudi, A. (2009). Strategi Mathematical Habits of Mind (MHM) untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Makalah Disampaikan pada Konferensi Nasional Pendidikan Matematika III UNM, Medan. [Online]. Diakses dari:http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/ penelitian/ Ali% 20Mahmudi. [19 Mei 2016].

Mahmudi, A. dan Soemarmo, U. (2009). Pengaruh Strategi Mathematical Habits of Mind (MHM) Berbasis Masalah terhadap Kreativitas Siswa. Jurnal UNY.[Online]. Diakses darihttp://journal.uny.ac.id/index.php/cp/ article/ view/4229/pdf. [19 Mei 2016].

Mark, J., Cuoco, A., Goldenberg, E. P., & Sarah S. (2010). Contemporary curriculum issues:Developing mathematical habits of mind. Mathematics Teaching in the Middle School,15 (9), 505-509.

Murtiyasa, B. (2015). Tantang Pembelajaran Matematika Era Global. Prosiding Seminar Nasional Matematika UMS 2015, [Online]. Diakses darihttps://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/6005.[15 Januari 2017].

Shadaika, M. (2015). Pengaruh Model Project Based Learning berbasis Potensi Makroalga Daerah Pesisir terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Ekosistem di SMA Negeri 1 Tanjungsari Gunungkidul DIY. Tesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS. [Online]. Diakses darihttp://eprints.uns.ac.id/18448/2/BAB_1.pdf.[19 Mei 2016].

Susilana, R. dan Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.