Validitas Media Pembelajaran Matematika Berbentuk Video pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel

Ana Setiani, Hamidah Suryani Lukman, Nur Agustiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan validasi media pembelajaran matematika yang berupa video pada materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) pada siswa SMP. Media video pembelajaran matematika ini mengadopsi dari model procedural menurut (Alessi & Trollip. Stephen M, 2001) yaitu Planning, Design, Development. Produk pada penelitian ini adalah media pembelajaran matematika berupa video pada materi Persamaan Linear Satu Variable (PLSV) Pada siswa SMP kelas VIII Kota Sukabumi. Validasi  ini melibatkan empat orang validator diantaranya 1 orang dosen ahli materi, 1 orang dosen ahli media, 1 orang dosen ahli dalam Bahasa dan 1 orang dosen ahli dalam pembelajaran. Adapun lembar validasi menggunakan lembar validasi berbentuk skala likert terhadap video pembelajaran matematika. Adapun penelitian ini menghasilkan video pembelajaran matematika pada materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV) dengan hasil penilaian oleh ahli materi dengan rata-rata skor (3,64) 91,07%, hasil penilaian oleh ahli media dengan skor rata-rata (3,93) 98,21%, hasil penilaian oleh ahli bahasa dengan rata-rata (3,90) 97,50%, dan hasil penilaian oleh ahli pembelajaran dengan skor rata-rata (4,00) 100%. Berdasarkan rata-rata dari keempat validasi tersebut mencapai (3,87) 96,35%. Dengan demikian kriteria media pembelajaran matematika berupa video secara keseluruhuan sudah terpenuhi dan tergolong kriteria sangat valid.


Keywords


pembelajaran matematika; validitas; video

References


Ahmadi, A. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.

Alessi, & Trollip. Stephen M. (2001). Multimedia for Learning Method And Development. Massachusetts.

Ario Marfi, & Asra Azmi. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Materi Iintegral Pada Pembelajaran Flippen Classroom. Aksioma, 8(1), 20–31.

Baiduri, Taufik Marhan, & Elfiani Lufita. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Berbasis Audio Pada Materi Bangun Datar Segiempat Di SMP. Aksioma, 8(1), 248–261.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran: peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Gava Media.

Dewimarni Syelfia, Rizalina, & Zefriyenni. (2022). Validitas Media Pembelajaran Statistika Berbasis Android dengan Teknik Peta Konsep untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Statistika. Jurnal Cendekia,

(1), 329–337.

Dian Septina. (2022, August 1). Penjelasan Lengkap tentang Kurikulum Merdeka Belajar, Pengertian, Konsep, dan Keunggulannya. Kompasjakarta.Com.

Fisher, A. (2001). Critical Thinking: An Introduction. Cambridge University Press.

Fitri, Y., & Putri, A. (2021). Valditas Media Pembelajaran Matematika Berbentuk Video pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Math Educa Journal, 5(2), 123–134.

Ilsa, A., F, F., & Harun, M. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Powerdirector 18 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 288–300.

Isjoni. (2007). Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Alfabeta.

Kemendiknas. (2010). Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa. Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kurikulum, b.

Kusumayanti, N. M. T., Abadi, I. B. G. S., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pembelajaran Kontekstual Muatan Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan. 4, 1437–1443.

Lionti Sarah, Rahmatudin Jajang, & Sumliyah. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Materi Koordinat Kartuesius Berbantuan Media Sosial Youtube Sebagai Alternatif Pembelajaran. Jurnal IntΣgral, 12(1), 27–45.

Lukman Suryani H, & Setiani Ana. (2018). Validitas Bahan Ajar Statistika Terapan Berbasis ICT Terintegrasi Proyek. Edumatika Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 56–66.

Mardapi, D. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Mitra Cendikia Press.

Pertiwi Indah, & M. Marsigit. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika SMP di Kota Yogyakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 153–165.

Plomp, T. (2013). Educational Design Research. SLO-Netherland Intitute for Curriculum development.

Prastica, Y., Hidayat, M. T., Ghufron, S., & Akhwani. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3260–3269.

Rochimah, S. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbentuk video animasi pada pokok bahasan keliling dan luas segitiga untuk meningkatkan minat belajar siswa di kelas IV sekolah dasar negeri Sumberagung Peterongan Jombang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Rudi Setiawan. (2020). Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Android Tanpa Coding Semudah Menyusun Puzzle. Jurnal Sistem Informasi Dan Sains Teknologi, 2(2), 1–7.

Saman, Ma’rufi, & Arif Tiro. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Dalam Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi SPLDV. Jurnal Elektronic Universitas Cokroaminoto, 4(1), 1–12.

Sistadewi, K., & Agustika, G. N. S. (2017). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Open Ended Materi Pecahan Senilai Untuk Kelas IV Di SD No.1 Mengwi. Al-Irsyad, 105(2), 79.

Wahyuni P. (2019). The effect of cooperative learning type student teams achievement division (STAD) on understanding mathematical concepts in class VIII students of MTs N Pekanbaru. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 2(4), 168–172.

Wulandari, D. A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakansparkol Videoscribedalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Cahaya Kelas Viii Di SMP Negeri 01 Kerjo Tahun Ajaran 2015/ 2016. Universitass Negeri Semarang.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.