ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN LANGKAH POLYA SISWA KELAS VII SMP

Maria Kristofora, A A Sujadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase kesalahan terbesar yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi himpunan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan yang berjumlah 26 orang.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan wawancara. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode dengan membandingkan data  hasil tes dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan  1) menelaah semua data yang terkumpul, 2) menelaah hasil pekerjaan siswa, 3) melakukan penarikan kesimpulan dari data. Kerangka analisis dikembangkan berdasarkan kategori kesalahan Polya. Hasil Penelitian ini diperoleh empat jenis kesalahan dan besar persentase untuk setiap jenis kesalahan yaitu kesalahan memahami masalah 49,36%, kesalahan menyusun atau membuat rencana 26,92%, kesalahan melaksanakan rencana 34,16%, dan kesalahan memeriksa kembali jawaban 41,5%. Hasil menunjukan kesalahan memahami masalah dan lebih dominan dibandingkan dengan kesalahan lainnya. Kesalahan tahap pertama dan kedua merupakan kesalahan konsep dan prinsip, kesalahan ketiga merupakan kesalahan prosedur dan algoritma dan kesalahan tahap empat merupakan kesalahan penegasan jawaban.

 

Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Penyelesaian Masalah, Masalah Matematika.


Full Text:

PDF

References


Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang : UM Press

Komariah, A., & Satori, D. (2014). Metode penelitian kualitatif. Bandung : CV Alfabeta

Meleong, L. J. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sahriah. (2012). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1).

Suyitno, A. (2004). Dasar – dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang: Pendidikan Matematika FMIPAUNNES

Syah, M. (2005). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Suherman, dkk. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta

Uno, H. B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta : Bumi Aksara

Widodo, S. A. 2013. Analisis Kesalahan Dalam Pemecahan Masalah Divergensi Tipe Membuktikan Pada Mahasiswa Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 46(2), Hal 106 – 113




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.