Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Kelas IX pada Materi Aljabar

Tata Tata, Haerudin Haerudin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang dapat ditemukan atau dilihat dari kesehariannya seperti siswa sering mengalami kesulitan ketika diberikan suatu permasalahan yang berkaitan dengan penerapan konsep karena siswa lebih sering menghafal rumus daripada mendalami atau memahami konsepnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep matematika siswa SMP kelas IX. Instrumen pada penelitian ini berupa soal tes TIMSS pemahaman konsep matematis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah 10 siswa kelas IX SMP Negeri 1 Rawamerta Karawang Tahun Ajaran 2021/2022. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan peneliti, didapatkan 3 kategori kemampuan pemahaman konsep yaitu kategori rendah dengan persentase 10%, kategori sedang dengan persentase 70% dan kategori tinggi dengan persentase 20%. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah.


Keywords


aljabar; analisis deskriptif; pemahaman konsep

References


Adhari Yanti, R., Nindiasari, H., & Ihsanudin. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dengan Pembelajaran Daring. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(01), 245.

Aditya Cahyani, C., & Sutriyono, S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar Bagi Siswa Kelas VII SMP Kristen 2 Salatiga. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(1), 26. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.257

Agung Herutomo, R., & Mulyono Saputro, T. E. (2014). Analisis Kesalahan Dan Miskonsepsi Siswa Kelas Viii Pada Materi Aljabar. Edusentris, 1(2), 134. https://doi.org/10.17509/edusentris.v1i2.140

Handayani, Y., & Aini, I. N. (2019). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi peluang. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan PendidikanMatematika Sesiomadika 2019, 575–581.

Hesti, N. M. et al. (2007). Peningkatan Pemahaman Konsep Perkalian dan Pembagian Pecahan melalui Penerapan Metode Kumon Berbantuan Media Visual.

Islamiyah, A. C., Prayitno, S., & Amrullah, A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP pada Penyelesaian Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Didaktik Matematika, 5(1), 66–76. https://doi.org/10.24815/jdm.v5i1.10035

Kartika, Y. (2018). Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas vii smp pada materi bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 777–785.

Karunia, E. P., & Mulyono. (2016). Analisis kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VII berdasarkan gaya belajar dalam model knisley. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 339. https://doi.org/10.1016/j.ijmecsci.2014.08.026

Khairunnisa, N. C., & Aini, I. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dalam Menyelesaikan Soal Materi SPLDV pada Siswa SMP. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 1(1), 546–554.

Kulsum, S. I. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Limit Fungsi Aljabar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(4), 285–292. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i4.285-292

Malihatuddarojah, D., & Prahmana, R. C. I. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Operasi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 1–8. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6668.1-8

Marisa, G., Hariyadi, B., & Syaiful. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar Berdasarkan Taksonomi SOLO (Analysis of the Errors of Students in completing Algebra Problem Operations Based on SOLO Taxonomy). Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 77–88.

Oktaviani, S. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Lemma, 7(2), 875–882. https://doi.org/10.22202/jl.2021.v7i2.4911

Rosyidah, U., Setyawati, A., & Qomariyah, S. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Aljabar Dasar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1), 63–71. https://doi.org/10.35706/sjme.v5i1.4488

Sofianingsih, A., & Kusmanto, B. (2018). Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kretek. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 140–146. http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2305/0

Tonda, A. F., Suwanti, V., & Murniasih, T. R. (2020). Analisis Kesalahan Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Silogisme, 5(1), 19–24.

Wildani, J. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah aljabar. Unisda Journal of Mathematics and Computer Science, 4, 9–18.

Zebua, V. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Barisan Dan Deret Ditinjau Dari Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal LEMMA, 6(2), 122–133. https://doi.org/10.22202/jl.2020.v6i2.4088




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.