Respon Peserta Didik SMP terhadap Penggunaan Google Classroom dalam Pembelajaran Matematika Secara Online

Saffira Nurul Azmi, Hanifah Nurus Sopiany

Abstract


Pandemi COVID-19 memberikan dampak terhadap sektor pendidikan di Indonesia sehingga memaksa pemerintah untuk memberlakukan pembelajaran jarak jauh pada institusi pendidikan di Indonesia. Keadaan ini membuat para guru harus kembali beradaptasi dengan perubahan dalam penyampaian pembelajaran dengan menggunakan berbagai macam model pembelajaran berbasis online yang bisa menjangkau pembelajaran jarak jauh. Google Classroom merupakan salah satu platform terbaik yang dapat dipilih oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran secara online. Dikatakan sebagai platform terbaik karena Google Classroom dapat menyediakan kelas online, sehingga memudahkan peserta didik untuk mengaksesnya dimanapun dan kapanpun.  Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui respon peserta didik SMP terhadap pembelajaran matematika menggunakan Google Classroom. Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif deskriptif dengan teknik survei menggunakan angket respon peserta didik serta wawancara. Pelaksanaan penelitian pada kelas VIII di SMP Negeri 1 Tirtamulya, dengan pemilihan sampel acak yaitu 27 orang peserta didik dari kelas VIII G. Hasil penelitian yang dianalisis berdasarkan data hasil angket respon peserta didik sehingga didapatkan rata-rata respon peserta didik menunjukkan bahwa respon peserta didik SMP Negeri 1 Tirtamulya terhadap penggunaan Google Classroom dalam pembelajaran Matematika pada setiap indikatornya memiliki kriteria baik. Namun, untuk keefektifan penggunaan Google Classroom pada pembelajaran matematika masih kurang.


Keywords


google classroom; pembelajaran matematika; respon peserta didik

References


Anjarsari, W., Suchie, S., & Komaludin, D. (2021). Implementasi Pembelajaran Online Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. PRISMA, 10(2), 255–263. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1639

Arwan, A. Y. (2021). Deskripsi Respon Siswa Kelas VIII Terhadap Media Pembelajaran Google Classroom Pada Pembelajaran Matematika.

Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Analasis Efektifitas Pembelajaran Daring Dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880–889.

Budiarti, M. I. E., Titing, T. F. R., Dhipanusa, K., Setiyono, M., & Nalle, C. Y. A. (2021). Keefektifan Penggunaan Google Class Room Dan Zoom Selama Pandemi Covid 19 Pada Pembelajaran Matematika. JPB : Jurnal Patria Bahari, 1(1), 9–23. https://doi.org/10.54017/jpb.v1i1.16

Fatmahanik, U. (2021). Student Perception of Using Google Classroom in Mathematics Learning In Covid-19 Pandemic. ICIS 2020: Proceedings of the 2nd International Conference on Islamic Studie, 221. https://doi.org/10.4108/eai.27-10-2020.2304171

Harini, E., & Taufiq, I. (2021). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika terhadap Perkuliahan Online di Masa Pandemi Covid-19. PRISMA, 10(1), 44–53. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1121

Hulukati, E., Achmad, N., & Bau, M. A. (2021). Deskripsi Penggunaan Media E-Learning dalam Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi Covid-19. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(1), 21–27. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i1.10061

Istiqomah, U., & Prihatnani, E. (2019). Peningkatan Hasil Belajar dan Sikap Siswa terhadap Matematika melalui Joyful Learning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 471–482. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.470

Parlina, M., Septian, A., & Inayah, S. (2021). Students’ Mathematical Problem Solving Ability Using the Kaizala Application Assisted E-Learning Learning Model. Jurnal Padegogik, 4(2), 23–31. https://doi.org/https://doi.org/10.35974/jpd.v4i2.2528

Proborini, E., & Herawati, R. (2021). Analisis Penggunaan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Matematika. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(6), 445–449. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i6.303

Santoso, B. (2020). Prosach: Sebagai Acuan Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Platform Digital Di Masa Pandemik Covid-19. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 1(1), 57–63.

Septian, A., Ramadhanty, C. L., Darhim, D., & Prabawanto, S. (2021). Mathematical Problem Solving Ability and Student Interest in Learning using Google Classroom. Prosiding International Conference on Education of Suryakancana, 1(1), 155–161.

Silaen, N. E., & Syofra, A. H. (2020). Studi Literatur: Google Classroom Dalam Pembelajaran Matematika Di Tengah Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Seminar Nasional Multidisiplin Ilmu Universitas Asahan Ke-4 Tahun 2020, 1(1), 255–263.

Sopiany, H. N. (2018). Mensinergikan Kemampuan Geometri Dan Analisis Pada Mata Kuliah Kalkulus Diferensial Melalui Bahan Ajar Berbasis Geogebra. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 164–173. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i2.15965

Sulistyowaty, R. K., & Firdaus, F. (2020). Penerapan Google Classroom Dalam Pembelajaran Matematika Jarak Jauh Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 14–24. https://doi.org/10.36706/jls.v2i2.12734

Suseno, I. (2019). Analisis Sikap Belajar Siswa terhadap Hasil Tes Matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 0812(80), 539–546.

Utami, R. (2019). Analisis Respon Mahasiswa terhadap Penggunaan Google Classroom pada Mata Kuliah Psikologi Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 498–502.

Zahrah, N. A., & Pujiastuti, H. (2021). Efektivitas pembelajaran daring menggunakan google classroom pada mata pelajaran matematika di SMA. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 12(2), 279–286. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/aks.v12i2.8567

Zurimi, S. (2019). Penggunaan E-Learning Berbasis Google Classroom Sebagai Media Pendukung Dalam Pembelajaran Matematika Di MTs Negeri Tulehu. Jtriste, 6(1), 1.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.