Proses Berpikir Representasi Matematis Siswa Berdasarkan Tipe Kepribadian Guardian dan Rasional

Arif Rahman Hakim, Supratman Supratman, Sri Tirto Madawistama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir representasi matematis siswa berdasarkan kepribadian guardian dan rasional dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi lengkung. Subjek penelitian ini adalah 2 orang siswa kelas IX. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu think aloud. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes tulis dan wawancara tidak terstruktur. Teknik analisis data dilakukan melalui proses berpikir representasi matematis berdasarkan tipe kepribadian guardian dan rasional. Instrumen yang digunakan adalah angket penggolongan tipe kepribadian dan soal proses berpikir representasi matematis sebanyak 2 nomor.  Berdasarkan hasil analisis data maka diperoleh hasil sebagai berikut: (1) siswa tipe kepribadian guardian dalam menyelesaikan soal nomor 1 dapat menggambar pola bangun geometri tetapi tidak dapat memperjelas gambar bangun geometri. Pada penyelesaian soal nomor 2 siswa dapat membuat persamaan matematis, membuat konjektur pola representasi, dan menyelesaikan masalah matematika dengan persamaan matematika dan (2) Siswa tipe kepribadian rasional dalam menyelesaikan soal nomor 1 dapat  menggambar pola bangun geometri dan memperjelas gambar bangun geometri. Pada penyelesaian soal nomor 2 siswa dapat membuat persamaan matematis, membuat konjektur pola representasi, dan menyelesaikan masalah matematika dengan persamaan matematika.


Keywords


Proses Berpikir, Representasi matematis, Kepribadian Keirsey.

References


Arnidha, Y. (2016). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share. Journal e-DuMath. 2(2). 128-137. https://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/edumath

Agustin, M. D A. (2018). Prosres Berpikir Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Keirsey. Journal of Islamic Elementary School. 2(2). 29-38. http://ojs.umsida.ac.id/index.php/madrosatuna. doi: 10.21070/madrosatunav2i2.1967

Creswel, J.W (2012). Educational Research: Planing, Evaluating Quantitative and Qualitative Research (4th ed.). Boston, MA: Pearson.

Handayani, D. (2016). Analisis Kemampuan Representasi Matematis dalam Model PBL Ditinjau dari Tipe Kepribadian Siswa. UNNES: Skripsi,

Khairunnisa, Firdaus, M., Oktaviana, D. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa di Kelas VII SMPIT Al-Mumtaz Pontianak. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM). 2(1). 71-80.

Komala, E., & Sarmini, S. (2020). Kemampuan Representasi Simbolik Matematik Siswa SMP Menggunakan Blended Learning. PRISMA, 9(2), 204-212.

Lailiyah, S., Kusaeri., Rizki, W.Y. (2020). Identifikasi Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Aljabar dengan Menggunakan Representasi Graf. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 7(1). 23-24. http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm. Doi: https://doi.org/10.21831.v7i1.32257.

Maryati, I., & Suryaningsih, F. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri. PRISMA, 10(2), 244-254

Masitoh, T. (2019). Proses Berpikir Probabilistik Peserta DIdik dalam Menyelesaikan Permasalahan Probabilitas. Universitas Siliwangi: Skripsi.

NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. Reston, VA: NCTM

Panduwinata, B., Tuzzahra, R., Berlinda, K., Widada, W. (2019). Analisis Kesulitan Representasi Matematika Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama pada Materi Sistem Persamaan Linier Satu Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia. 04(02). 202-210. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr.

Puspawuni. (2018). Analisis Kemampuan Representasi Matematis siswa SMP Ditinjau dari Tipe Kepribadian pada Pembelajaran Think talk Write. Skripsi UNNES.

Putri, M. A. (2019). Kemampuan Kognitif Matematika Ditinjau dari Karakteristik Kepribadian Keirsey. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikn Matematika. Sesiomadika. Unsika.

Santia, I. (2015). Representasi Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Kognitif. Jurnal Ilmiah Pendiaiakan Matematika. 3(2). 365-381. Retrived from http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jipm/article/view/505/466

Septian, A., Darhim, & Prabawanto, S. (2020). Mathematical Representation Ability through Geogebra-Assisted Project-Based Learning Models. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012019

Septian, A. Darhim, & Prabawanto, S. (2021). The Development of Calculus Teaching Materials using Geogebra. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 4(1), 1-10. https://doi.org/10.30738/indomath.v4i1.7831

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif (Edisi3). Bandung, Indonesia: Alabeta.

Suryowati, E. (2015). Kesalahan Siswa Sekolah Dasar dalam Merepresentasikan Pecahan pada Garis Bilangan. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika. 4(1). 38-42.

Taufik, I. (2010). Kamus Praktis Bahasa Indonesia. Ganeca Exact: Jakarta.

Wulandari, S. D. (2019). Menyelesaikan Masalah Matematika untuk Menganalisis Kemampuan Representasi Matemaatis Siswa dengan Media Screen O Metic. Semdikjar 3. 531-537.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2150

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.