Perancangan Media Pembelajaran Berbentuk Pop Up Book untuk Pencapaian Kemampuan Memecahkan Masalah Matematis pada Materi Aritmatika Sosial

Fitri Andayani, Sri Adi Widodo, Deniik Agustito

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media pembelajaran pop-up book untuk pencapaian memecahkan masalah matematis pada materi aritmatika sosial. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and development (R&D). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4D (four-D) yang meliputi empat tahapan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan lembar validasi. Lembar validasi digunakan untuk mengetahui kevalidan dari media pop-up book pada materi aritmatika sosial. Hasil validasi yang telah diperoleh dari 7 validator kemudian dianalisis menggunakan persentase setiap item validasi. Kriteria produk dikatakan valid jika diperoleh persentase setiap item validasi produk minimal 70%. Berdasarkan hasil analisis diperoleh skor rata-rata kevalidan dari hasil validasi ahli media sebesar 80,57%, ahli materi sebesar 84,286%, dan ahli bahasa sebesar 83,88% dari hasil tersebut didapatkan kriteria valid dapat digunakan dengan revisi kecil. Disimpulkan bahwa media pembelajaran pop up book pada materi aritmatika sosial layak digunakan untuk meningkatkan pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis.


Keywords


media pembelajaran; pop up book; pemecahan masalah matematis

Full Text:

PDF

References


Aprilia, E., & Supriadi, N. (2019). Pengembangan media pembelajaran matematika berupa kotak pop-up untuk anak autisme. Desimal: Jurnal Matematika, 2(3), 241-247.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP kelas IX pada materi bangun datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 77-83.

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational Research an Introduction. 4th ed. New York: NY: Longman, Inc.

Diksa, T. N. (2018). Media pembelajaran pop up book materi aritmatika sosial kelas VII SMP. Universitas Muhammadiyah Malang.

Dula, S. N. G. (2017). Pengembangan media pop up book pada materi bentuk permukaan bumi untuk siswa kelas III SDN Mangunsari Semarang. Universitas Negeri Semarang.

El Wida, I. R. M. A., Muhsinin, U., & Mukminin, A. (2019). Pengembangan media matematika berupa pop-up book kelas IV madrasah ibtidaiyah nurul ittihad Kota Jambi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).

Fuadah, S., Eliasar, V., & Fauzi, A. (2019). Desain bahan ajar menggunakan pop-up book pada materi spldv terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM) (Vol. 1, No. 1, pp. 561-572).

Giyanti. (2018). Pengembangan media pembelajaran pop up book untuk peserta didik tunarungu SMP-LB pada materi gerak dan daya. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Ismail, H. H., Duskri, M., Zubainur, C. M., & Munzir, S. (2018). Analysis of student ability in solving PISA-like math problems : a case study in SMPN 8 Banda Aceh, Indonesia. International Journal of Scientific Research and Management (IJSRM), 06(12), 139–143.

Kartianom, K., & Retnawati, H. (2018). Why are their mathematical learning achievements different? re-analysis timss 2015 data in indonesia, japan and turkey. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 9(2), 33–46.

Khoirotun, A., Fianto, A. Y. A., & Riqqoh, A. K. (2014). Perancangan buku pop-up museum Sangiran sebagai media pembelajaran tentang peninggalan sejarah. Universitas Dinamika.

Lastiningsih, N., Mutohir, T. C., Riyanto, Y., & Siswono, T. Y. E. (2017). Management of the School Literacy Movement (SLM) Programme in Indonesian Junior Secondary Schools. World Transactions on Engineering and Technology Education, 15(4), 384–389.

Maslin, F. D. (2015). Pengembangan web quest berbasis problem based learning pada pembelajaran matematika materi aritmatika sosial kelas VII SMPN 3 Malang. Universitas Muhammadiyah Malang.

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Hooper, M. (2015). TIMSS 2015 International Results in Mathematics. New York: TIMSS & PIRLS.

Murtianto, Y. H., & Harun, L. (2014). Pengembangan strategi pembelajaran matematika smp berbasis pendekatan metakognitif ditinjau dari regulasi diri siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2/septembe).

Mustafia, I. D., & Widodo, S. A. (2018). Problem solving skill: Effectiveness on think pair share with comic. International Journal on Teaching and Learning Mathematics, 1(2), 76-83.

Nisrina, R., Palupi, W., & Pudyaningtyas, A. R. (2020). Peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui penggunaan media pop-up picture book anak usia 4-5 tahun. Kumara Cendekia, 8(3), 342-355.

Norhayati, N., Hasanuddin, H., & Hartono, H. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis contextual teaching and learning untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa madrasah tsanawiyah. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 19-32.

Rizkiani, A., & Septian, A. (2019). Kemampuan metakognitif siswa SMP dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan realistic mathematics education ( RME ). UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 275–284.

Septian, A. (2017). Penerapan Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Suryakancana. PRISMA, 6(2). https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.212

Soeprapto, S. (2013). An axiological foundation of the indonesian national education system in the perspective of philosophy of education. Cakrawala Pendidikan (2):266–76.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2009). Evaluasi Pendidikan, Prinsip & Operasionalnya. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media pembelajaran: buku bacaan wajib dosen, guru dan calon pendidik. Pustaka Abadi.

Suryana, S. (2020). Permasalahan mutu pendidikan dalam perspektif pembangunan pendidikan. Edukasi, 14(1).

Syafri, F. S. (2019). Pengembangan modul pembelajaran aljabar elementer di Program Studi Tadris Matematika IAIN Bengkulu. CV. Zigie Utama.

Thiagarajan, S., D. S. Semmel, and M. I. Semmel. 1974. Instructional development for training teachers of exceptional children: a sourcebook (issue mc). Center for Innovation in Teaching the Handicappe, Indiana University.

Tsany, U. N., Septian, A., & Komala, E. (2020). The ability of understanding mathematical concept and self-regulated learning using macromedia flash professional 8. Journal of Physics : Conference Series, 1657(1), 012074. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012074

Widodo, S. A. (2013). Analisis kesalahan dalam pemecahan masalah divergensi tipe membuktikan pada mahasiswa matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 106–13.

Widodo, S. A., & Ikhwanudin, T. (2018). Improving mathematical problem solving skills through visual media. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 948, No. 1, p. 012004). IOP Publishing.

Widya, P. N., Ariyanto, L., & Murtianto, Y. H. (2020). Pengembangan bahan ajar matematika berbasis contextual teaching and learning berbantuan pop up book untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa Kelas VII. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 95-101.

Widyaningrum, I. (2015). Desain pembelajaran materi aritmatika sosial dengan model permainan pasar-pasaran. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNAPTIKA) (Vol. 19, pp. 247-709).

Yulyantari, L. M. (2015). Perancangan media pembelajaran dengan penerapan metode jigsaw. Sisfotenika, 5(2), 95-106.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1838

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.