Optimization Network Security Using Radius Server And ACL At Mandiri Global Vocational School

Susafa'ati Susafa'ati, Mugi Raharjo, Ibnu Ansori

Abstract


Seperti kebanyakan satuan pendidikan pada masa ini yang sudah memanfaatkan jaringan internet untuk menunjang sistem pembelajaran. Namun masih ada beberapa kendala yang sering ditemui dalam pelaksanaannya. Keamanan atau autentikasi pengguna diperlukan agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dari pengguna lain yang tidak memiliki wewenang untuk masuk kedalam jaringan lokal, sehingga jaringan internet di sekolah mendapatkan keamanan yang baik. Beberapa kasus yang telah terjadi seperti masuknya koneksi tidak dikenal ke sistem jaringan, terjadinya pembobolan data-data sekolah yang seharusnya sifatnya adalah rahasia. Radius Server dan Access List merupakan salah satu metode autentikasi yang dapat digunakan dalam mengamankan jaringan lokal. Dengan menerapkan metode RADIUS Server dan Access List pada router jaringan di SMK Global Mandiri Kota Tangerang, client yang ingin terhubung ke jaringan harus melakukan proses autentikasi terlebih dahulu menggunakan username dan password ataupun bisa juga dengan mencocokan MAC Address dari perangkat yang digunakan, kemudian dicocokan dengan data yang ada dalam database. Sebelum melakukan perancangan penulis juga melakukan analisis dengan melakukan scaning terhadap keseluruhan jaringan terhadap ancaman keamanan.  RADIUS Server dan Access List akan berguna untuk menentukan apakah pengguna tersebut diizinkan menggunakan layanan dalam jaringan atau tidak. Berdasarkan hal tersebut membuktikan bahwa metode keamanan RADIUS Server dan Access List yang dipasang pada router jaringan dapat menghalangi akses dengan cara melakukan authentifikasi bagi pengguna yang tidak memiliki wewenang atau tidak terdaftar pada database router, sehingga jaringan internet menjadi lebih aman dari adanya ancaman keamanan dari luar jaringan yang tidak dikenali  dan jaringan internet beserta data yang berada di SMK Global Mandiri dapat aman dan berjalan dengan baik.


Keywords


Keamanan Jaringan; RADIUS; Access List

References


T. Rahman and R. M. Adha, “Keamanan Jaringan dengan Metode Access List Demilitarized Zone (DMZ) pada Cisco RV042,†INOVTEK Polbeng - Seri Inform., vol. 6, no. 2, p. 295, 2021.

S. Suryanto and F. A. Permadi, “Optimalisasi Jaringan Internet Hotspot Menggunakan User Manajemen Pada Pusat Pengembangan SDM Asuransi Indonesia,†J. Infortech, vol. 1, no. 2, pp. 59–67, 2020.

R. N. Puspasari, L., & Dasmen, “Perancangan Dan Implementasi Radius Server Sebagai Wireless Security Di Rsup Dr. Mohammad Hoesin Palembang,†Pros. Semhavok, vol. 2(1), pp. 153–159, 2020.

Z. Miftah, “Desain Keamanan Internet Hotspot Dengan Radius Server dan Manajemen Bandwidth Design of Internet Hotspot Security with Server Radius and Bandwidth Management,†vol. 29, no. 1, 2019.

A. E. W. Wuryantai, “Digitalisasi Masyarakat: Menilik Kekuatan dan Kelemahan Dinamika Era Informasi Digital dan Masyarakat Informasi,†J. ILMU Komun., vol. 1, no. 2, pp. 131–142, 2013.

D. Kurnia, “Analisis Kinerja Optimasi Bandwidth Menggunakan Proxy Eksternal Squid Lusca Ubuntu Pada Jaringan Router Mikrotik,†vol. 9, no. 3, pp. 43–50, 1978.

M. B. Agus Didi Purwanto, “Implementasi Access List Sebagai Filter Traffic Jaringan (Study Kasus Pt. Usaha Entertainment Indonesia),†J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. II, no. 1, pp. 78–88, 2016.

F. Azmi, T. U. Kalsum, and H. Alamsyah, “Analysis and Application of Access Control List ( ACL ) Methods on Computer Networks Analisa dan Penerapan Metode Access Control List ( ACL ) pada Jaringan Komputer,†vol. 2, no. 1, pp. 81–88, 2022.

H. Kuswanto, “Sistem Autentikasi Hotspot Menggunakan Radius Server Mikrotik Router,†Informatics Educ. Prof., vol. 2, no. 1, pp. 43–50, 2017.

A. A. Gumelar, “Perancangan Jaringan Hotspot Berbasis Radius Server Untuk Manajemen Penggunaan Internet Di SMK Negeri 3 Pekalongan,†Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed., pp. 43–48, 2017.




DOI: https://doi.org/10.35194/mji.v14i2.2542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Media Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 License.

©All rights reserved 2017. Media Jurnal Informatika ISSN: 2477-2542 (online); 2088-2114 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: mji@unsur.ac.id; info@ft.unsur.ac.id


Media Jurnal Informatika Indexed By:

sinta-logogarudagooglecrossref